4 Kebiasaan Menyimpan Ponsel Yang Akan Berdampak Buruk Bagi Kesehatan Kita

Tahukah kamu? Ternyata menyimpan ponsel itu ada aturannya dan tidak boleh sembarangan. Jika salah dalam menyimpan ponsel, bisa berdampak buruk bagi diri kita.
STUDIMSAM.COM - Tahukah kamu? Ternyata menyimpan ponsel itu ada aturannya dan tidak boleh sembarangan. Jika salah dalam menyimpan ponsel, bisa berdampak buruk bagi diri kita.

4 Kebiasaan Menyimpan Ponsel Yang Akan Berdampak Buruk Bagi Kesehatan Kita

Pada saat ini ponsel bisa dikatakan menjadi salah satu barang yang tidak bisa dipisahkan dari kita. Apalagi ponsel sekarang yang memiliki desain bagus, fiturnya yang lengkap, dan juga pastinya disertai tekhnologi canggih membuat kita semakin suka bermain ponsel.

Tidak jarang dari kita yang bisa bertahan main ponsel hingga berjam-jam, bahkan ada yang seharian menghabiskan waktunya untuk bermain gadget.

Terkadang kita seringkali lupa dalam menyimpan ponsel, kita tidak meletakkan ponsel pada tempatnya dan lebih memilih menaruhnya sembarangan.Tanpa kita sadari hal tersebut bisa berakibat buruk bagi kesehatan kita.

Ada beberapa kebiasaan yang sering kita lakukan dalam menyimpan ponsel, yang ternyata bisa berakibat pada kesehatan kita.

Kebiasaan Menyimpan Ponsel Yang Akan Berdampak Buruk Bagi Kesehatan Kita


  •  Saku Celana

Menurut Lilly Friedman, MD, seorang ahli chiropractor sekaligus terapis asal Fort Lauderdale, menyimpan ponsel dalam keadaan aktif pada saku dapat meningkatkan radiasinya hingga berkali-kali lipat. Bahkan, jika ponsel  terhubung dengan nirkabel atau WI-FI radiasinya bisa meningkat dua hingga tujuh kali lebih besar. Jika anda terus membiarkannya bisa memicu timbulnya tumor dan menurunkan kesuburan pada pria.

Tidak hanya itu, menurut International Agency for Research on ancer dari WHO hanya dengan mengantongi HP pada saku bisa mengakibatkan masalah pada panggul dan punggung. Itulah mengapa sering disebut saku adalah tempat terburuk untuk menyimpan ponsel.


  • Dibawah Bantal

Kebiasaan yang sering kita lakukan selanjutnya adalah menaruh HP dibawah bantal. Kebiasaan buruk yang satu ini bisa mengakibatkan tidur kamu tidak nyenyak setiap malam. Hal ini dikarenakan lampu LED pada layar ponsel dapat mengganggu produksi melatonim dan ritme sirkadian, dua hal penting yang menentukan kualitas tidur kamu. Selain itu, paparan radiasi ponsel juga dapat meningkatkan risiko kanker, termasuk kanker otak.


  •  Kamar Mandi

Siapa yang masih suka ngelakuin hal ini?

Meskipun membawa HP ke kamar mandi dengan alasan untuk mengusir rasa bosan, sebaiknya mulai sekarang berhenti untuk melakukan kebiasaan buruk itu lagi.

Membawa ponsel ke kamar mandi justru membuat semakin banyak bakteri menempel pada ponsel. Ingatlah bahwa kamar mandi merupakan tempat kotor yang menyimpan segudang bakteri. Sekalipun Anda sudah meletakkan ponsel jauh dari kloset kamar mandi, bakteri yang hinggap di permukaan kloset dapat terlempar sejauh satu kilometer saat Anda membilasnya (flush).


  •  Dekat Dengan Wajah

Meletakkan ponsel terlalu dekat dengan wajah dapat memindahkan bakteri dari wajah ke ponsel, begitupun sebaliknya. Hal ini dapat meningkatkan jumlah bakteri di
wajah dan ponsel. Kombinasi bakteri dan kotoran dari ponsel ini dapat memicu jerawat, iritasi kulit, atau
bahkan kerutan di wajah. Maka dari itu, sebaiknya memberikan jarak antara wajah dan ponsel agar tidak ada perpindahan bakteri.

Bagaimana? Kamu sudah tau kan tentang kebiasaan menyimpan ponsel yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Jika kamu masih melakukan kebiasaan seperti diatas maka mulai sekarang sebaiknya kamu harus menghindari kebiasaan buruk tersebut.