Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Merawat Sleeping Bag Agar Awet Dan Tahan Lama


Sleeping bag mempunyai fungsi untuk menghangatkan tubuh pada saat tidur karena, cuaca diluar yang dingin.

Pada saat ini sleeping bag banyak sekali beredar dipasaran. Banyaknya model dan merk membuat kita bingung pada saat memilih sleeping bag.
Jika kamu masih bingung dalam memilih sleeping bag, kamu bisa membaca artikel saya sebelumnya cara memilih sleeping bag yang bagus dan cocok kamu.

Karena sifatnya yang mengembang, sleeping bag biasanya dipacking kedalam tas menggunakan stuff sack/compression sack untuk menghemat ruang dalam tas.

Biasanya umur sleeping bag bisa mencapai 3 hingga 4 tahun. Namun, dengan perawatan yang baik dan benar bisa bertahan 10 sampai 15 tahun.

Pada kali ini saya akan membagikan cara melakukan perawatan sleeping bag supaya lebih awet dan tahan lama.

Cara Melakukan Perawatan Sleeping Bag


  1. Setelah selesai dipakai, keluarkan sleeping bag dari stuff sack/compression sack.
  2. Jangan ada resleting yang terbuka.
  3. Gunakan cairan khusus Nikwax Down Wash Direct atau gunakan sabun cair yang lembut dan tidak banyak busa.
  4. Gunakan setting mesin cuci halus/delicate.
  5. Ulangi proses dry dan spin beberapa kali dengan kecepatan putaran (rpm) yang berbeda.
  6. Jemur dari pagi selama 6 jam.
  7. Balik sleeping bag dengan cara menarik bagian dalam keluar, setelah itu jemur lagi hingga kering dan jangan lupa dikibas-kibaskan.


Ada beberapa hal yang perlu diingat agar sleeping bag bisa awet dan tahan lama

Jangan menyimpan sleeping bag dalam keadaan mengkompres di stuff sack atau compression sack. Karena, jika terus menerus dilakukan berakibat isian material sleeping bag rusak.Simpan sleeping bag kedalam stuff sack atau compression sack hanya pada saat mau dipakai ngecamp.

Beberapa produsen biasanya menyediakan kain khusus untuk tempat menyimpan sleeping bag dengan ukuran yang cukup besar dan tidak mengkompres sleeping bag. Sehingga, aman untuk tempat menyimpan dalam jangka waktu lama.

Masukkan sleeping bag ke lemari dan sebaiknya ditaruh di bagian atas. Hal ini dilakukan untuk meminimalisasi kelembaban dan mencegah debu.

Selain disimpan menggunakan kain khusus, bisa juga dengan cara digantung. Keunggulan menyimpan dengan cara ini adalah sirkulasi udara lebih lancar dan sleeping bag bisa bernafas.

Nah itu adalah ulasan mengenai cara merawat sleeping bag. Jadi, umur sleeping bag tergantung pada cara kamu merawatnya. Semakin rajin kamu melakukan perawatan maka, semakin awet sleeping bag.

1 comment for "Cara Merawat Sleeping Bag Agar Awet Dan Tahan Lama"

Berlangganan via Email