Lokasi dan Harga Tiket Masuk Wisata Dusun Semilir Eco Park Bawen Semarang

Wisata Dusun Semilir merupakan wisata yang terletak di Semarang. Wisata ini menyajikan berbagai wahana, kuliner, dan spot foto kekinian pada setiap sudutnya.
Wisata Dusun Semilir merupakan wisata yang terletak di Semarang. Wisata ini menyajikan berbagai wahana, kuliner, dan spot foto kekinian pada setiap sudutnya.

Untuk tempat wisata sebagus ini, harga tiket masuk Dusun Semilir termasuk murah. Fasilitas yang terdapat disini pun sangat lengkap. Jadi, kamu bisa berwisata sekaligus berburu spot foto dengan budget yang terjangkau.

wisata dusun semilir

Sesuai namanya Dusun Semilir yang memiliki arti desa nan sejuk, lokasinya berada di daerah pedesaan dan jauh dari hiruk piruk perkotaan. Jadi, jika kamu mencari destinasi wisata dengan suasana yang masih alami khas pedesaan maka wisata Dusun Semilir Eco Park Bawen adalah jawabannya.

Meskipun letaknya berada di pedesaan, wisata Dusun Semilir menyediakan berbagai bangunan yang menawan disertai dengan fasilitas yang lengkap. Sehingga, dapat menarik minat wisatawan berbondong-bondong untuk berkunjung kesini. Namun sebelum datang ke Dusun Semilir, alangkah baiknya pelajari dahulu lokasi, harga tiket masuk, dan fasilitasnya dibawah ini.

Lokasi

Untuk lokasi wisata Dusun Semilir berada di Jl. Soekarno - Hatta No.49, Ngemple, Bawen, Ngemplak, Semarang, Jawa Tengah. Untuk akses menuju perjalanan sangat mudah, karena kondisi jalan sudah bagus.

Rute Perjalanan

Ada beberapa rute perjalanan yang bisa kamu tempuh untuk menuju lokasi Dusun Semilir, yakni:

Dari Semarang – menuju ke Bawen – Lokasi Dusun Semilir Eco park ada di kanan jalan – sebelum pertigaan arah Jogja atau sebelum terminal Bawen.

Dari pintu keluar tol Bawen – belok kanan – ikuti jalan utama sekitar 350 m – Dusun Semilir (ditandai dengan bangunan stupa di kiri jalan).

Dari Kota Salatiga – Jalan Raya Semarang-Solo – Ikuti jalan – hingga lewat terminal Bawen atau pertigaan Jogja – Dusun Semilir (ditandai dengan bangunan stupa di kiri jalan).

Harga Tiket Masuk

Hari kerja : Rp 20.000
Hari libur : Rp 25.000
Parkir motor : Rp 4.000
Parkir mobil : Rp 10.000
Parkir bus : Rp 20.000

Jam operasional

Untuk jam buka atau tutup wisata Dusun Semilir Semarang mulai pukul 10.00-20.00 saja.

Baca juga: Lokasi dan Harga Tiket Wisata Eling Bening Semarang Jawa Tengah

Fasilitas

Jembatan Senggol

jembatan senggol wisata dusun semilir

Jembatan Senggol merupakan salah satu fasilitas wisata Dusun Semilir Eco Park yang dibangun menggantung diatas taman dan berbentuk seperti terowongan. Disini pengunjung akan dimanjakan dengan fasilitas yang ada seperti store craft, batik, dan pusat oleh. Jembatan Senggol juga mempunyai spot foto yang instragrammable.

Gunungan Resto dan Bar

gunungan resto wisata dusun semilir

Pada area outdoor gunungan resto, kamu akan disuguhi panorama pemandangan 5 gunung dan 7 stupa sambil menikmati makanan yang ada disini. Makanan dan minuman disini rasanya enak dan harganya cukup terjangkau. Sangat disarankan untuk mencoba kopi khas dusun semilir.

Cemilan Indonesia

cemilan Indonesia wisata dusun semilir

Fasilitas yang tersedia selanjutnya di wisata Dusun Semilir Semarang yaitu Cemilan Indonesia. Jika kamu suka berburu kuliner maka wajib banget untuk datang kesini. Terdapat banyak makanan khas daerah Indonesia yang bisa kamu coba. 

Warisan Indonesia 

warisan Indonesia wisata dusun semilir

Warisan Indonesia merupakan sebuah toko yang menjual berbagai barang kreatif produksi lokal dari seluruh Indonesia. Terdapat berbagai barang kerajinan dan baju yang bisa kamu beli. Sangat luar biasa bukan.

Alas Tirta

alas tirta wisata dusun-semilir

Kurang lengkap jika berkunjung ke wisata Dusun Semilir Eco Park Bawen tapi tidak berkunjung ke Alas Tirta. Terdapat spot foto yang berkonsep alam dengan tanaman tropis sebagai latar belakang serta ada beberapa hewan menarik seperti otter, burung, dan ikan koi.

Bale Agung

bale agung wisata dusun semilir

Bale Agung merupakan salah satu fasilitas wisata Dusun Semilir yang bisa kamu sewa untuk berbagai acara seperti wedding, pameran, konser, loker, dan lainnya. Bale Agung mempunyai dekorasi yang detail dan unik. Pastinya akan sangat berkesan untuk siapa saja yang datang kesini. Bale Agung ini mempunyai kapasitas maksimal untuk 800 orang.

Jalan Kenangan

jalan Kenangan wisata dusun semilir

Untuk yang mempunyai hobi foto, sangat disarankan untuk tidak melewatkan arena yang satu ini. Sepanjang perjalanan kamu akan disuguhi pemandangan cantik dari lampu yang warna-warni. Disini kamu bisa jalan-jalan, kuliner, dan berswafoto.

Perosotan

wahana perosotan wisata dusun semilir

Wahana perosotan yang ada di wisata Dusun Semilir ini mempunyai keunikan yaitu memiliki warna-warni seperti pelangi. Perosotan ini mempunyai ketinggian 30 m dan lebar 15 m yang siap untuk menguji nyali kamu. Untuk menjajal wahana perosotan ini hanya dikenai biaya Rp 10.000 saja. Setelah menjajal perosotan, kamu bisa berswafoto disini. Warna-warni perosotan dapat menjadikan hasil foto semakin bagus.

Alun Eropa

alun eropa wisata dusun semilir

Memang sangat memuaskan sekali fasilitas yang ada di wisata Dusun Semilir Semarang ini. Terdapat bangunan arsitektur warna-warni berkonsep Eropa yang dapat memanjakan mata. Di kawasan Alun Eropa kamu bisa mendayung disungai atau menaiki kereta api yang antik. Tidak jarang pengunjung yang terpesona dengan keindahan Alun Eropa kemudian mengabadikan momen ini dengan berswafoto.

Dusun Villa

Wisata Dusun Semilir menyediakan villa untuk pengunjungnya yang mau menginap. Villa yang ada disini sangat nyaman dan mempunyai bentuk yang unik bergaya seperti bohemian dengan sentuhan etnik jawa. Jika kamu menginap di Dusun Villa, kamu akan disuguhi pemandangan indah pegunungan yang sejuk.

Banyu Biru

Banyu biru wisata dusun semilir

Banyu biru merupakan sebuah zona khusus dengan bertema danau bohemian, dilengkapi dengan air mancur, bantal taman, tenda gazebo untuk berkumpul ataupun bersantai menikmati suasana. Disini kamu bisa bermain di danau, naik kapal, atau berswafoto dengan pemandangan yang indah.

Kandangan 

Kandangan merupakan sebuah kandang burung dengan ukuran terbesar di dunia lengkap beserta isinya. Disini kamu bisa melihat, mendengar suara merdu burung, dan berinteraksi dengan berbagai jenis burung. Selain berwisata, kamu juga bisa belajar disini tentang kepekaan terhadap binatang dan lingkungan.

Demikianlah informasi mengenai Lokasi dan Harga Tiket Masuk Wisata Dusun Semilir Eco Park Bawen Semarang. Semoga artikel ini bermanfaat dan terimakasih.