Event Sunday Morning di Embung Jetis Suruh Sleman, Yogyakarta

Di Sleman yang merupakan sebuah Kabupaten di Yogyakarta ternyata memiliki tempat wisata bagus yang bernama Embung Jetis Suruh.

Jika berbicara tentang destinasi wisata yang ada di Yogyakarta memang tidak akan ada habisnya. 

Apabila di Magetan terdapat Wisata Embung Pendem, kini di daerah Sleman yang merupakan sebuah Kabupaten di Yogyakarta ternyata memiliki tempat wisata bagus yang bernama Embung Jetis Suruh.

embung jetis suruh

Berkat ide kreatif masyarakat dan dukungan pemerintah setempat, Embung Jetis Suruh Sleman yang dahulunya digunakan sebagai tempat untuk pengairan, kini berhasil dijadikan sebuah destinasi wisata. Dengan merubahnya menjadi destinasi wisata diharapkan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat.


Tidak jarang pengunjung yang memanfaatkan tempat ini untuk jogging dengan mengelilingi embung. Atau tempat transit para bikers yang sedang bersepedaan. 


Tempatnya yang luas dengan udara yang sejuk serta pemandangan alam yang indah membuat tempat ini sangat cocok untuk dijadikan tempat rekreasi dan menghilangkan kepenatan.

embung jetis suruh sleman

Pada saat pagi hari pengunjung yang datang bisa melihat keindahan Gunung Merapi yang berdiri kokoh dengan jelas sebelum tertutup oleh awan. Sedangkan pada sore hari pengunjung bisa menikmati keindahan sunset sambil duduk santai. 


Jika anda tertarik untuk mengunjunginya, alangkah baiknya simak informasi lengkapnya terlebih dahulu berikut ini.


Lokasi

Lokasi Embung Jetis Suruh berada di Jetis Suruh, Kadilobo, Donoharjo, Kec. Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk akses perjalanan ke tempat ini cukup mudah. Anda bisa menempuhnya menggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor atau mobil. Berhati-hatilah ketika melewati jalanan pedesaan sebab banyak petani yang membawa hasil pertanian dan perkebunan di jalan yang tidak terlalu lebar.


Untuk rute perjalananya tidaklah sulit, anda hanya perlu menuju Perempatan Balong di Jl. Palagan Km 13. Kemudian ke arah barat sekitar 1 km dan sampai ke tujuan.


Harga Tiket Masuk

Jika anda sedang mencari wisata alternatif dengan budget terbatas maka wisata Embung Jetis Suruh adalah jawabannya. Sebab hanya dengan mengeluarkan biaya tiket masuk Rp 2.000 saja anda sudah dapat berwisata disini.

 

Wisata ini juga menyediakan fasilitas wahana bermain untuk anak-anak yaitu becak kayuh mini dengan tarif Rp 5.000.


Fasilitas 

Berbagai fasilitas utama dan penunjang sudah tersedia disini. Berikut ini adalah fasilitas nya:

  • Track jogging dan sepeda mengelilingi embung
  • 75 stand makanan dan non makanan
  • Taman kelinci
  • Taman buah dan bunga
  • Becak kayuh mini
  • Berkuda
  • Odong odong
  • Kereta mini
  • Toilet
  • Area parkir


Event Sunday morning

Perlu diketahui Wisata Embung Jetis Suruh selalu mengadakan kegiatan sunday morning atau yang biasa dikenal dengan sunmor pada hari minggu.


Sunday morning merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan guna meningkatkan minat wisatawan untuk datang kesini. Terdapat banyak sekali kegiatan-kegiatan menyenangkan di event sunmor ini. Mulai dari senam sehat yang biasanya diikuti oleh ibu-ibu dan dilakukan pada pagi hari. 

pagelaran jathilan mustiko tanjung di embung jetis suruh

Jika anda suka dengan pementasan kebudayaan Indonesia maka wajib untuk datang disini karena akan ada pagelaran seni Jathilan mustiko tanjung dan rampok buto. 


Selain kebudayaan Indonesia, terdapat juga pementasan lainya seperti barongsai. Untuk informasi acaranya bisa cek langsung di akun resmi Embung Jetis Suruh.

stand bazar di embung jetis suruh
Tidak hanya pementasan, ada juga acara stand bazar. Tersedia 75 stand makanan dan non makanan. Terdapat beragam pilihan makanan enak yang bisa pengunjung pilih dengan harga yang terjangkau.

Terkadang pada event sunday morning Wisata Embung Jetis Suruh juga mengadakan acara perlombaan untuk anak-anak seperti lomba mewarnai, kolase, dan lainya. 


Banyak kegiatan dan seru sekali kan acaranya maka dari itu, sangat disayangkan jika anda melewatkan even sunmor ini.