10 Tempat Wisata Yang Sedang Hits di Pangalengan

Penasaran dengan wisata apa saja yang sedang hits di Pangalengan? Simak rekomendasi tempat wisata yang sedang hits di Pangalengan berikut ini!
Berbicara tentang wisata yang ada di Bandung sepertinya tidak akan ada habisnya. Selalu menarik dan akan terus berkembang dari waktu ke waktu dan selalu ada tempat wisata baru di Bandung. 

Salah satunya yaitu Pangalengan yang merupakan sebuah daerah di kawasan Bandung Selatan. Selain terkenal dengan daerah penghasil susu segar sapi perah terbaik di Bandung, ternyata Pangalengan juga mempunyai ragam wisata yang masih alami dan sangat mempesona.

Pangalengan berjarak sekitar 45 km atau 2 jam dari Kota Bandung. Pangalengan berada di kawasan pegunungan dengan ketinggian mencapai 1550 mdpl sehingga daerah ini memiliki iklim yang sangat sejuk. Disini anda akan menjumpai hamparan luas perkebunan teh, ragam bentuk air terjun, danau dan sungai yang memukau.

Penasaran dengan wisata apa saja yang sedang hits di Pangalengan? Simak rekomendasi tempat wisata yang sedang hits di Pangalengan berikut ini!

Sunrise Point Cukul

sunrise point cukul

Wisata pertama yang sedang hits di Pangalengan adalah Sunrise Point Cukul. Wisata yang berada di Pangalengan Bandung Selatan ini menyuguhkan pemandangan yang sangat indah berupa perbukitan dan hamparan perkebunan teh yang hijau serta menyejukkan mata. 

Waktu yang paling tepat untuk mengunjungi Sunrise Point Cukul adalah pagi hari. Karena, biasanya pada pagi hari cuaca sangat cerah dan tidak berkabut sehingga pengunjung bisa melihat keindahan tempat ini dengan lebih jelas. Tidak hanya itu, pengunjung juga bisa menyaksikan matahari yang mulai terbit.

Bagi anda yang suka foto-foto, Sunrise Point Cukul menyediakan spot-spot foto instragrammable yang bisa pengunjung coba seperti gardu pandang, papan i love u, hiasan berbentuk hati, dan masih banyak spot foto bagus lainya.

Tempat ini juga menyediakan fasilitas berupa tempat untuk camping yang sangat cocok sekali bagi anda yang suka dengan kegiatan alam.  

Untuk dapat menikmati keindahan di Sunrise Point Cukul, pengunjung dikenai biaya tiket masuk sebesar Rp 10.000.

Situ Cileunca

situ cileunca

Situ Cileunca merupakan danau buatan yang mempunyai fungsi untuk sumber pembangkit listrik tenaga air dan sekaligus tempat wisata. Danau dengan luas yang mencapai 1.400 hektar ini terletak di Wanasari, Bandung Selatan, Jawa barat dengan.

Situ Cileunca memiliki pemandangan yang sangat indah dan jika cuaca sedang cerah pengunjung bisa melihat pemandangan matahari terbit (sunrise) dan matahari terbenam (sunset) dari tepi danau. 

Tidak hanya bisa menikmati pemandangan, berbagai aktivitas lainnya bisa juga dilakukan pengunjung seperti mengelilingi danau menggunakan perahu, memetik stroberi dan arbei, serta berswafoto di jembatan cinta. 

Karena lokasinya yang berada di pegunungan, cuaca disini cukup sejuk dan dingin. Maka dari itu sangat disarankan untuk membawa jaket pada saat berkunjung ke sini. 

Untuk bisa menikmati keindahan dan fasilitas di Situ Cileunca pengunjung perlu mengeluarkan biaya untuk tiket masuk sebesar Rp 10.000 saja. 

Rumah Pengabdi Setan

rumah pengabdi setan

Siapa sih yang tidak tahu film Pengabdi Setan? Ternyata letak rumah yang digunakan untuk proses syuting film pengabdi setan ini berada di Pangalengan.

Setelah selesai digunakan untuk syuting, kini rumah pengabdi setan berubah menjadi sebuah tempat wisata yang sedang hits di Pangalengan. Pengunjung bisa masuk dan berfoto-foto di rumah pengabdi setan. Disini juga ada orang berkostum menyerupai hantu yang bisa untuk diajak berfoto.

Harga tiket masuk Rumah Pengabdi Setan murah meriah yakni Rp 10.000 per orang. 

Taman Langit

taman langit pangalengan

Taman langit merupakan sebuah wisata baru di Pangalengan. Meskipun begitu, tempat ini sudah mulai dikenal dan sedang ramai menjadi perbincangan.

Lokasi Taman Langit tidaklah jauh dari Sunrise Point Cukul atau lebih tepatnya di Sukaluyu, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. 

Pemandangan dari Taman Langit sangatlah indah. Bahkan jika beruntung, pengunjung bisa melihat keindahan samudera awan dari wisata Taman Langit Pangalengan. 

Disini juga tersedia tempat duduk yang bisa digunakan untuk mengobrol bersama teman, pasangan maupun keluarga sembari menikmati keindahan wisata ini. Berbagai spot foto kekinian dan instragrammable juga tersedia disini.

Untuk fasilitasnya juga sudah bisa dibilang memadai. Berbagai fasilitas utama dan pendukung seperti musholla dan toilet sudah tersedia disini. Tidak hanya itu, disini juga bisa dijadikan tempat untuk ngecamp.

Jika tertarik untuk mengunjunginya, pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk Rp 10.000. Sedangkan untuk biaya camping dikenai biaya tambahan Rp 25.000.

Wayang Windu Panenjoan

wayang windu panenjoan

Akhir-akhir ini Wayang Windu Panenjoan sedang ramai menjadi perbincangan hangat terutama di media sosial. Hal ini dikarenakan, pemandangan wayang windu yang sangat mempesona.

Untuk lokasi Wayang Windu Panenjoan berada di Banjarsari, Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Lokasi Wayang Windu memang cukup jauh dari Kota Bandung namun, lelah akibat perjalanan dijamin akan terbayar dengan keindahan wisata ini. 

Saat berkunjung kesini, pengunjung bisa melihat hamparan kebun teh yang luasnya bisa mencapai berhektar-hektar. Dari beberapa spot Wayang Windu pengunjung juga bisa melihat keindahan kota kecil Pangalengan dari atas. 

Berada di ketinggian antara 1600 hingga 1800 mdpl membuat suasana disini sangat sejuk. Disini juga tersedia spot-spot foto kece dengan background perkebunan teh yang memanjakan mata.

Kawah Wayang

kawah wayang pangalengan

Kawah Wayang masih berada satu kawasan dengan Wayang Windu Panenjoan. Untuk bisa sampai ke Kawah Wayang, pengunjung perlu berjalan kaki menaiki anak tangga terlebih. Namun pengunjung tidak perlu khawatir capek, karena jaraknya tidak terlalu jauh. Selama perjalanan menuju Kawah Wayang, pengunjung akan ditemani pemandangan alam yang sangat indah.

Setelah sampai diatas, pengunjung bisa melihat kepulan asap yang keluar dari celah batuan belerang di Kawah Wayang. Disini terdapat pula jembatan kayu berlatarbelakang Kawah Wayang yang menjadi spot foto favorit pengunjung. 

Hanya dengan membayar biaya tiket masuk Rp 10.000, pengunjung sudah bisa masuk dan mengeksplore Kawah Wayang.

Kampung Singkur

kampung singkur pangalengan

Kampung Singkur merupakan destinasi wisata di Pangalengan yang menawarkan suasana alami dengan udara sejuk. Ditempat ini pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan yang rindang karena dikelilingi oleh hutan pinus.

Lokasi Kampung Singkur berada di kawasan hutan pinus rahong Desa Pulosari, Kecamatan Pangalengan, Bandung. Tempat ini sangat cocok untuk dijadikan tempat untuk mencari ketenangan dan menikmati suasana alam yang kental.

Tidak hanya bersantai menikmati suasana, pengunjung juga bisa mencoba wahana outbound di Kampung Singkur. Berbagai wahana outbound disini juga sudah sangat lengkap mulai dari paint ball, flying fox, hingga tubing trip. Disini juga tersedia tempat untuk ngecamp dan penginapan bagi pengunjung yang ingin merasakan sensasi bermalam di Kampung Singkur.

Untuk bisa menikmati suasana dan fasilitas di Kampung Singkur, pengunjung perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang.

Situ Datar

situ datar

Situ Datar atau yang biasa dikenal masyarakat lokal dengan nama Situ Ninah merupakan wisata danau yang berada di tengah kebun teh di Pasir Malang Pangalengan.  

Situ Datar merupakan danau yang terbuat secara alami dan berada di cekungan kebun teh yang membuat tempat ini terkesan unik dan adem dengan suasana hening dan sejuk. 

Dahulunya Situ Datar Belum dikelola dengan baik, hanya digunakan sebagai tempat untuk mencuci pakaian warga setempat dan memancing. Namun, sekarang Situ Datar sudah dikelola dengan baik oleh tokoh masyarakat setempat dan bekerjasama dengan pihak terkait sehingga menjadikan Situ Datar wisata baru dan sedang hits di Pangalengan.

Meskipun tergolong baru, wisata ini sudah memiliki wahana permainan yang bisa dinikmati seperti flying fox dan perahu air. Disini juga tersedia spot-spot foto kece yang bisa pengunjung coba.

Untuk bisa menikmati keindahan dan fasilitas di Situ Datar, pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk Rp 5.000 saja.

Malabar Gunung Nini

malabar gunung nini

Gunung Nini merupakan sebuah bukit yang terletak di perkebunan teh Malabar Pangalengan. Untuk bisa sampai ke puncak Gunung Nini tidaklah sesulit mendaki gunung pada umumnya, melainkan pengunjung hanya perlu berjalan kaki menanjak seperti biasa dengan trek yang tidak curam. Maka dari itu, wisata ini cocok dijadikan sebagai tempat rekreasi bersama keluarga ataupun teman.

Lokasi Gunung Nini berada di perkebunan teh Malabar Desa Margaluyu, Kecamatan Pangalengan, Bandung. Gunung Nini berada di ketinggian sekitar 1600 mdpl sehingga suasana disini sangat sejuk.

Pemandangan dari Malabar Gunung Nini sangatlah indah. Dari atas pengunjung bisa menjangkau hampir seluruh perkebunan teh. Disini juga tersedia beberapa spot foto kekinian dengan background pemandangan perkebunan teh hijau yang menyejukkan mata.

Untuk ke wisata Malabar Gunung Nini di Pangalengan, pengunjung tidak mengeluarkan uang karena tidak ada harga tiket masuk tempat wisata ini.

Penangkaran Rusa Kertamanah

penangkaran rusa kertamanah

Lokasi Penangkaran Rusa Kertamanah berada di Jln. PTPN VIII, Kertamanah, Pangalengan, Kabupaten Bandung.

Wisata Penangkaran Rusa Kertamanah terkenal dikalangan masyarakat lokal maupun luar Pangalengan, dikarenakan keunikan yang dimiliki tempat wisata ini. Selain bisa menikmati pemandangan alam yang indah dengan suasana sejuk khas pegunungan, disini pengunjung bisa juga berinteraksi secara langsung dengan rusa yakni dengan cara memberinya makan.

Bagi anda yang mempunyai hobi berfoto, anda bisa berswafoto bersama rusa-rusa yang ada disini.

Untuk harga tiket masuk wisata Penangkaran Rusa Kertamanah yaitu Rp 10.000 per orang. Dengan biaya segitu, pengunjung sudah bisa menikmati fasilitas dan berinteraksi dengan rusa.

Sangat menarik bukan wisata yang sedang hits di Pengalengan? Jika berminat langsung saja untuk datang kesini. Tapi sebelum itu cari tahu terlebih dahulu tentang jam operasional wisata yang akan dituju dengan tujuan supaya tidak kecewa karena saat datang kesana malah tempat wisatanya tutup. 

Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini.