Curug Leuwi Hejo Sentul, Alamat dan Harga Tiket Masuk

Pada kali ini studimsam.com akan memberikan informasi menarik mengenai Curug Leuwi Hejo Sentul seperti alamat, harga tiket masuk, jam buka, daya tarik
Curug Leuwi Hejo merupakan sebuah curug yang sudah dikenal banyak orang lantaran memiliki pemandangan alam yang indah.

curug leuwi hejo
source by @mhmdrifko.a

Semenjak pada awal mula dibuka, yaitu pada tahun 2015 curug ini mengalami penambahan pengunjung hampir setiap harinya. Apalagi jika akhir pekan pastinya banyak sekali pengunjung yang datang berlibur kesini.

Tidak hanya masyarakat setempat saja yang datang kesini, melainkan banyak juga yang datang dari luar Kota Bogor hanya untuk melihat keindahan air terjun ini. 

Bahkan terkadang ada warga asing alias turis mancanegara yang berkunjung kesini karena penasaran dengan wisata curug di Sentul ini.

Keindahan yang dimiliki curug inilah yang membuat para pengunjung tertarik untuk menghabiskan waktu liburan dengan datang ke tempat ini.

Bagaimana apakah anda mulai tertarik untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai curug ini? 

Pada kali ini studimsam.com akan memberikan informasi menarik mengenai Curug Leuwi Hejo Sentul seperti alamat, harga tiket masuk, jam buka, daya tariknya, dan fasilitas yang disediakan.

Alamat

Alamat Curug Leuwi Hejo berada di kawasan Sentul atau lebih lengkapnya di Jl.kecibadak Kp.Wangun2 Ds.Karangtengah, Sentul, Kec. Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat. 

Wisata curug ini masuk kedalam kawasan Hutan RPH Babakan Madang BKPH Bogor yang dikelola oleh Lembaga Masyarakat Desa Hutan Wana Sejahtera, Desa Karang Tengah.

Sedangkan untuk jarak lokasi dari pusat Kota Bogor tidak terlalu jauh yaitu sekitar 24 km dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam jika kondisi lalu lintas jalan sedang lancar.


Harga tiket masuk Curug Leuwi Hejo

Pengunjung harus melewati dua pos untuk dapat sampai ke lokasi curug. Pada pos pertama, pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk Rp 15.000 dan tiket masuk pos kedua Rp 10.000. Jadi, biaya yang diperlukan untuk membayar tiket masuk adalah Rp 25.000 per orang.

Pada saat perjalanan menuju lokasi biasanya terdapat pemungutan liar. Maka dari itu, anda harus tetap waspada dan berhati-hati.

Jam buka

Wisata ini buka setiap hari mulai dari pagi hingga sore hari atau lebih tepatnya mulai pukul 07.00-17.00 WIB. 

Waktu yang disarankan untuk berkunjung kesini adalah pada pagi hari disaat panas matahari belum terik dan sore hari ketika sedang teduh.


Daya tarik Curug Leuwi Hejo


Setiap tempat wisata pasti mempunyai daya tarik masing-masing yang mampu membuat pengunjung tertarik untuk datang dan tidak kapok untuk datang kesini lagi. Berikut ini adalah beberapa daya tariknya:

Airnya berwarna hijau

curug leuwi hejo sentul
source by @anwarsuganda

Curug Leuwi Hejo berasal dari kata "leuwi" yang berarti kolam dan kata "hejo" yang memiliki arti warna hijau. 

Dengan demikian, Curug Leuwi Hejo merupakan sebuah air terjun yang terdapat kolam alami berwarna hijau dibawahnya. Hal ini terjadi karena pantulan sinar matahari yang membuat air menjadi berwarna hijau.

Airnya yang berwarna hijau inilah yang membuat pengunjung terpesona dengan keindahannya dan ingin untuk menceburkan dirinya ke kolam air terjun.

Melakukan berbagai aktivitas menarik

akses treking curug leuwi hejo
source by @curugleuwihejo.sentul

Salah satu hal yang membuat pengunjung tertarik untuk berlibur kesini yaitu dapat melakukan berbagai aktivitas seru dan menarik pastinya.

Sesampainya di tempat ini, perjalanan menuju curug dilanjutkan dengan melakukan aktivitas treking selama 20-30 menit. Untuk kondisinya jalannya masih berupa jalan setapak tanah dan anak tangga bebatuan.

Kontur jalannya cukup landai dan terdapat beberapa spot yang menanjak. Namun, tetap aman untuk dilalui anak-anak.

Pada saat perjalanan treking, anda dapat menyaksikan keindahan perbukitan sekitar dan jika sedang beruntung bisa melihat kera-kera yang bergelantungan.

Anda akan disambut oleh keindahan curug setelah menempuh perjalanan yang cukup melelahkan. Obat yang mampu menghilangkan rasa capek adalah merasakan kesegaran dengan berenang di curug. 

Curug ini dikelilingi oleh tebing-tebing yang cukup tinggi. Bagi anda yang suka dengan tantangan, anda bisa mencoba keseruan melompat dari atas tebing ke kolam air terjun yang sangat segar.  

curug leuwi hejo bogor
source by @okta.claudia

Salah satu aktivitas menarik yang sangat sayang sekali untuk dilewatkan adalah berswafoto. Disini anda bisa berpose dan berfoto dengan latar Curug Leuwi Hejo yang sangat eksotis. Foto yang dihasilkan pastinya sangat keren dan instagrammable banget.

Fasilitas

Tempat ini sudah dikelola dengan baik, hal tersebut dapat dilihat dari tersedianya fasilitas yang memadai. Berikut ini adalah beberapa fasilitasnya:
  • Area parkir
  • Pos pemantau air terjun
  • Toilet & tempat ganti
  • Loker
  • Warung penjual makanan dan minuman

Penginapan di Curug Leuwi Hejo

Untuk saat ini belum ada fasilitas penginapan yang tersedia di curug ini. 

Bagi anda yang ingin menginap maka bisa memesan hotel atau villa dikawasan sekitar Sentul yang berjarak sekitar setengah jam.

Untuk harga penginapan permalamnya cukup bervariasi sesuai dengan fasilitas yang ditawarkan mulai dari kisaran harga Rp 200.000 per malam hingga Rp 1.500.000

Namun bagi anda yang tidak punya budget lebih, anda bisa melakukan camping pada area sekitar curug. Tempat ini memperbolehkan pengunjungnya untuk mendirikan tenda dan bermalam disini.

Kesimpulan

Wisata curug ini cukup aman untuk dikunjungi bersama keluarga dan anak-anak meskipun medannya cukup sulit. Bisa menjadi pilihan tepat untuk menghilangkan kepenatan dan sedang mencari ketenangan.

Bermanfaat bagi orang lain merupakan salah satu tujuanku