Cara Investasi Saham di Bank BRI Offline dan Online

Bingung cara investasi saham di Bank BRI? Pada kali ini saya akan memberikan informasi panduan lengkap cara berinvestasi yang bisa anda ikuti.
Bingung cara investasi saham di Bank BRI? Pada kali ini saya akan memberikan informasi panduan lengkap cara berinvestasi yang bisa anda ikuti.

cara investasi saham di bank bri

Investasi saham memang saat ini tengah menjadi perbincangan hangat di berbagai kalangan masyarakat terutama anak muda. Pasalnya sudah banyak orang yang sukses dari saham, sehingga mengakibatkan orang lain juga tertarik untuk ikut bermain investasi saham.

Namun bagi anda yang baru akan terjun ke dunia investasi saham, maka hal yang perlu diketahui adalah harus bisa memilih saham yang tepat untuk dijadikan sebagai investasi.

Salah satu saham yang saat ini banyak diminati yaitu saham Bank BRI dengan kode emiten BBRI. Hal ini dikarenakan, saham BRI merupakan perusahaan yang memiliki aset besar dan stabil. 

Meskipun saat ini kondisinya sedang mengalami perlambatan ekonomi akibat pandemi covid-19, namun Bank BRI diprediksi akan berkembang dan pulih lebih cepat dari perusahaan lainnya ketika kondisi sudah mulai pulih.

Apa Kelebihan Saham BRI?

Saham BRI tentunya memiliki beberapa kelebihan yang akan membuat anda semakin tertarik untuk investasi. Berikut ini adalah beberapa kelebihannya.

Berfokus pada UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan, Menengah)

Bank BRI saat ini memiliki fokus ke UMKM, karena mempunyai ruang lingkup bisnis dengan perkembangan yang sedang pesat saat ini. Dengan demikian, potensinya terbaca dengan baik di saham BRI.

Memiliki Customer Base Terbesar

Sampai saat ini BRI sangat berpotensial karena memiliki jumlah jaringan kantor sebanyak 9.582 buah dan 222.000 e-channel, serta 428.000 agen BRILink yang tersebar di seluruh Indonesia

Perubahan Digital Transformasi
Pada era serba digital seperti saat ini, Bank BRI juga tidak mau ketinggalan jaman dengan cara melakukan transformasi digital. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan efisiensi sumber pertumbuhan bisnis baru.  

Miliki Prinsip ESG (Environment, Social, & Governance)

BRI selalu menerapkan prinsip ESG (Environment, Social, & Governance) untuk memastikan keberlanjutan kemajuan perusahaan dalam jangka panjang.

Apa Prosedur Investasi Saham BRI?

Untuk bisa berinvestasi rupanya tidak bisa asal-asalan. Terdapat beberapa prosedur utama yang sebaiknya diperhatikan dahulu pada berikut ini.

Membuka Rekening Efek

Rekening Efek ini bertujuan untuk tempat pembagian dividen dari investasi saham yang telah dilakukan. Anda bisa melakukan pembukaan rekening hanya dengan datang ke kantor cabang BRI atau secara online.

Jangan lupa untuk membawa fotokopi KTP. Selanjutnya mengisi formulir pembukaan rekening efek dan kemudian tentukan deposit awal. Setelah itu, anda hanya perlu menunggu beberapa saat sampai rekening berhasil dibuat.

Menentukan Nominal Dana

Sebelum melakukan investasi, anda harus menentukan secara matang berapa nominal dana yang akan diinvestasikan. Kalau bisa nominal yang akan diinvestasikan sekitar 20-30% dari total dana yang dimiliki.

Menentukan Saham

Salah satu saham yang saat ini cocok untuk dijadikan investasi yaitu BRI, sesuai dengan topik yang dibahas pada artikel ini. Alangkah baiknya kenali kelebihan dan kekurangan saham yang akan diinvestasikan terlebih dahulu.

Usahakan Rutin Menabung Setiap Bulan
Setelah berhasil membuka rekening efek, maka anda disarankan untuk usaha tiap bulan agar hasil yang didapatkan semakin maksimal.

Cara Investasi Saham di Bank BRI (Offline)

Anda bisa berinvestasi saham Bank BRI secara offline dengan langsung datang ke perusahaan sekuritas yang sudah memiliki izin dari Bursa Efek Indonesia (BEI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Berikut ini adalah cara investasi atau beli saham BRI offline:
  • Cari perusahaan sekuritas yang benar-benar terpercaya dan sudah mendapatkan izin resmi
  • Pastikan sudah menyiapkan dana yang akan diinvestasikan sesuai dengan kebijakan minimal saldo yang bisa didepositkan
  • Daftarkan diri sebagai investor dengan menyiapkan beberapa data yang diperlukan
  • Selanjutnya datang ke perusahaan sekuritas sesuai jam buka dengan membawa dokumen yang diperlukan
  • Kemudian isi formulir pendaftaran (Rekening Dana Investor)
  • Setelah itu, tinggal memberikan uang yang akan diinvestasikan

Cara Investasi Saham di Bank BRI Online

Tidak hanya bisa langsung datang ke perusahaan sekuritas, anda juga dapat investasi atau membeli saham secara online. Berikut ini adalah langkah-langkahnya yang bisa anda ikuti:
  • Langkah pertama, download aplikasi Ajaib di google play store atau appstore
  • Kemudian buat akun rekening saham sesuai dengan panduan aplikasi
  • Setelah rekening berhasil dibuat, kemudian transfer uang untuk deposit ke aplikasi Ajaib
  • Kemudian pilih saham yang ingin dibeli. Jika ingin beli saham BRI maka ketikkan kode BBRI pada tab pencarian
  • Setelah itu, anda tinggal melakukan transaksi pembelian saham

Catatan: pembelian saham BRI hanya dapat dilakukan minimal 1 lot yang berarti 100 lembar saham. Kemudian setiap transaksi pembelian atau penjualan akan dikenakan biaya admin.

Akhir kata

Demikianlah informasi menarik dan terlengkap mengenai cara investasi saham di Bank BRI secara offline dan online. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung.