Kenapa Aplikasi E Coklit Tidak Bisa Dibuka? Berikut Penjelasannya

Apakah anda sedang bingung kenapa aplikasi E Coklit tidak bisa dibuka? untuk mengetahui jawabannya, silahkan simak informasinya berikut
Apakah anda sedang bingung kenapa aplikasi E Coklit tidak bisa dibuka? untuk mengetahui jawabannya, silahkan simak informasinya berikut.

kenapa aplikasi e coklit tidak bisa dibuka

Seperti yang kita tahu, pemilu akan kembali dilaksanakan pada tahun 2024 mendatang. Pihak KPU RI mengataakan jika penggunaan teknologi informasi harus disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat untuk memperoleh proses yang efisien dan cepat.

Begitu juga dengan pemilu, KPU RI telah memanfaatkan kemajuan teknolgi informasi semenjak beberap tahun terakhir dalam menunjang tugas dan kinerjanya.

Kini KPU RI telah menghadirkan sebuah aplikasi bernama e-Coklit yang berguna untuk memudahkan Panitia Pemutakhiran Data Pemilih atau Pantarlih Pemilu dalam melaksanakan tugasnya.

Lantas kenapa aplikasi E Coklit tidak bisa dibuka? Silahkan simak informasi lengkapnya untuk mengetahui penyebab dan cara mengatasinya.

Mengenal Aplikasi E Coklit Mobile

E Coklit Mobile adalah aplikasi yang dikembangkan oleh KPU untuk memudahkan petugas dalam melaksanakan pemutakhiran data pemilihan umum.

Bagi anda yang belum tahu, coklit merupakan kepanjangan dari cocokan dan penelitian. Sehingga E Coklit Apk memiliki fungsi untuk pencocokan dan penelitian data pemilih secara  elektronik lewat Pantarlih.

Tidak hanya itu, aplikasi E Coklit juga dapat dijadikan sebagai control panitia pemilihan Kecamatan pada petugas Pantarlih yang melakukan coklit.

Kenapa Aplikasi E Coklit Tidak Bisa Dibuka?

Baru-baru ini banyak orang yang merasa kebingungan karena tidak bisa menggunakan aplikasi Coklit di smartphone.

Perlu diketahui pasti permasalahan ini tidak mungkin terjadi begitu saja, pasti ada beberapa penyebab yang menyebabkannya.

Bagi anda yang mungkin penasaran, berikut adalah beberapa hal yang menyebabkan aplikasi E Coklit tidak bisa dibuka:

Bukan Petugas Terpilih

Aplikasi E Coklit hanya ditujukan untuk petugas pemutakhiran data pemilih (Pantarlih) pemilu yang telah dilantik oleh PPS. Sehingga tidak bisa sembarangan orang menggunakan aplikasi tersebut.

Anda juga tidak akan bisa mengunduh aplikasi E Coklit melalui platform-platform penyedia aplikasi seperti Google Play Store dan App Store. Hal ini karena data pemilih dalam aplikasi tersebut bersifat rahasia.

Belum Punya Akun

Sama seperti aplikasi pada umumnya, E Coklit Mobile Apk juga mengharuskan penggunanya untuk memiliki akun. Oleh karena itu, pastikan anda telah memiliki akun E Coklit atau bisa dengan mendaftarkan akun terlebih dahulu untuk bisa mengaksesnya.

Perlu diketahui juga setiap petugas Pantarlih hanya diperbolehkan untuk memiliki satu akun E Coklit yang diregistrasi oleh PPK. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Perangkat Tidak Mendukung 

Apabila anda termasuk salah satu petugas Pantarlih Pemilu yang telah dilantik namun tidak bisa membuka aplikasi E Coklit, maka kemungkinan besar penyebabnya adalah perangkat yang digunakan tidak mendukung.

Aplikasi e Coklit hanya tersedia untuk perangkat Android saja dan tidak bisa diinstal pada iPhone. Selain itu, hanya bisa berjalan pada smartphone dengan sistem operasi minimal Android 6.0 ke atas.

Jika perangkat yang digunakan tidak memenuhi spesifikasi minimal tersebut, maka silahkan untuk mengupdate android ke versi terbaru dan jangan lupa mencadangkan data terlebih dahulu agar file penting tidak hilang.

Akhir Kata

Demikianlah informasi menarik dan terlengkap seputar penjelasan kenapa aplikasi E Coklit tidak bisa dibuka. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda dan terima kasih telah berkunjung.


Bermanfaat bagi orang lain merupakan salah satu tujuanku