Cara Bayar UTBK Lewat Dana, Emang Bisa?

Belum lama ini banyak orang yang mencari informasi mengenai cara bayar UTBK lewat Dana. Namun apakah bisa dilakukan?
Belum lama ini banyak orang yang mencari informasi mengenai cara bayar UTBK lewat Dana. Namun apakah bisa dilakukan? Untuk mengetahuinya, silahkan simak artikel ini sampai selesai.

cara bayar utbk lewat dana

Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) adalah ujian yang harus diikuti oleh calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. 

Salah satu syarat untuk mengikuti UTBK adalah melakukan pembayaran biaya ujian. Namun, banyak peserta yang masih bingung tentang cara pembayaran biaya UTBK.

Salah satu hal yang menjadi pertanyaan banyak orang adalah apakah bisa membyara UTBK lewat Dana dan bagaimana caranya? Bagi anda yang mungkin tertarik, maka simak jawabannya pada berikut.

Cara Bayar UTBK Lewat Dana

Perlu diketahui bahwa pihak UTBK memang telah bekerjasama dengan beberapa bank milik BUMN untuk memudahkan pembayaraan seperti Bank Mandiri, Bank BRI, Bank BTN dan lainnya.

Namun untuk saat ini, pembayaran UTBK tidak bisa dilakukan melalui aplikasi-aplikasi dompet digital seperti Dana. Dengan demikian, anda tidak bisa menggunakan saldo di aplikasi Dana  untuk membayar UTBK.

Metode Pembayaran UTBK

Anda tidak perlu kecewa tidak bisa membayar UTBK melalui Dana, karena masih ada beberapa pilihan metode pembayaran lain yang dapat dilakukan dengan mudah yakni:
  • Bank Mandiri (ATM Mandiri, aplikasi Livin by Mandiri, SMS Banking, dan Internet Banking Mandiri)
  • BTN (ATM BTN dan M-Banking BTN)
  • BRI (ATM BRI, aplikasi Brimo, Internet Banking, dan SMS Banking)
  • BNI (BNI M-Banking, SMS Banking, ATM BNI, kantor cabang, dan Agen 46)
  • KIP Kuliah Merdeka

Biaya Pendaftaran UTBK

Hal yang mesti diketahui adalah biaya pendaftaran UTBK berbeda-beda bergantung pada kelompok ujian yang akan diambil, diantaranya adalah:
  • Kelompok ujian Saintek: Rp 200.000 
  • Kelompok ujian Soshum: Rp 200.000 
  • Kelompok ujian campuran (Saintek+Soshum): Rp 300.000

Pastikan untuk memperhatikan nominal biaya pendaftaran UTBK yang harus dibayarkan dan melakukan pembayaran tepat waktu agar dapat mengikuti ujian UTBK dengan lancar.

Akhir Kata

Demikianlah informasi menarik dan terlengkap seputar cara bayar UTBK lewat Dana. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda dan terima kasih banyak sudah berkunjung.


Bermanfaat bagi orang lain merupakan salah satu tujuanku