LinkAja Tidak Bisa Transaksi, Berikut Cara Mengatasinya

Bagi anda yang mungkin sedang bingung kenapa LinkAja tidak bisa transaksi, maka silahkan simak informasi lengkapnya pada berikut ini sampai selesai
Bagi anda yang mungkin sedang bingung kenapa LinkAja tidak bisa transaksi, maka silahkan simak informasi lengkapnya pada berikut ini sampai selesai.

linkaja tidak bisa transaksi

Dalam era digital ini, Linkaja telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan kita, memudahkan transaksi harian seperti pembayaran tagihan, belanja online, hingga pengiriman uang. 

Namun, tidak jarang kita menghadapi situasi frustrasi ketika tiba-tiba Linkaja tidak bisa melakukan transaksi seperti yang seharusnya. Apakah Anda juga mengalami hal serupa?

Pada artikel ini, studimsam akan membahas secara detail mengenai masalah yang sering dihadapi oleh pengguna Linkaja, yaitu ketika Linkaja tidak bisa melakukan transaksi beserta solusinya. Sehingga anda dapat kembali menikmati kenyamanan bertransaksi dengan Linkaja tanpa hambatan.

Penyebab LinkAja Tidak Bisa Transaksi

Perlu diketahui bahwa ada banyak hal yang dapat mengakibatkan LinkAja tidak bisa digunakan untuk bertransaksi seperti transfer, bayar tagihan, dan lain sebagainya. Berikut ini adalah beberapa penyebabnya:

1. Akun Belum Upgrade

Akun LinkAja terbagi menjadi beberapa tingkatan yaitu basic service dan full service. Untuk bisa melakukan transaksi di LinkAja, maka akun pengguna harus sudah bertipe full service. Jika belum, maka bisa upgrade akun dengan mengupload foto KTp dan foto selfie memegang KTP.

2. Salah Memasukkan Nomor Rekening Tujuan

Nomor rekening merupakan hal yang perlu diketahui bagi anda yang ingin melakukan transfer saldo ke orang lain. Karena jika terdapat kesalahan dalam memasukkan nomor rekening, maka proses transaksi tidak dapat dilakukan dengan semestinya.

3. Koneksi Internet Buruk

Koneksi internet yang buruk juga dapat mengakibatkan permasalahan seperti ini terjadi. Hal ini dikarenakan semua fitur di LinkAja hanya bisa diakses ketika terhubung dengan internet. Jika internet mengalami gangguan, maka secara umun juga berdampak pada aktivitas transaksi.

4. Saldo LinkAja Tidak Mencukupi

Salah satu penyebab selanjutnya yang paling banyak terjadi adalah saldo LinkAja tidak cukup. Terkadang kita lupa mengecek jumlah saldo yang kita miiliki di aplikasi LinkAja, sehingga mengakibatkan proses transaksi tidal dapat dilakukan.

5. Terdapat Gangguan Teknis

LinkAja juga sama seperti aplikasi keuangan pada umumnya yang terkadang mengalami masalah gangguan teknis seperti tidak bisa diakses secara mendadak. Hal tersebut bisa disebabkan oleh banyak hal seperti server down, sedang maintenance, dan lain sebagainya.

Cara Mengatasi LinkAja Tidak Bisa Transaksi

Dengan mengetahui penyebabnya, maka kita bisa mencari solusi untuk mengatasinya dengan lebih mudah. Berikut adalah beberapa cara mengatasi LinkAja tidak bisa transaksi:

1. Pastikan Akun Telah Diupgrade

Seperti yang telah dijelaskan bahwa pengguna perlu mengupgrade akun ke tipe full service untuk bisa memulai transaksi di aplikasi LinkAja. Berikut cara mengecek status akun LinkAja:
  • Langkah pertama, buka aplikasi LinkAja
  • Kemudian amsuk ke menu “Akun”
  • Selanjutnya lihat pada bagian “Tipe Akun”
  • Pastikan akun anda sudah “Full Service”
  • Jika belum, maka bisa upgrade akun dengan menunggah foto KTP dan foto selfie memegang KTP

2. Gunakan Koneksi Internet Yang Stabil

Internet juga bisa berdampak pada permasalahan ini, sehingga pengguna perlu memastikan koneksi internet yang digunakan dapat berjalan dengan lancar. Silahkan gunakan SIM atau jaringan wifi yang memiliki kekuatan internet lebih stabil.

3. Perhatikan Akun Sosial Media LinkAja

Jika LinkAja tengah mengalami gangguan, biasanya informasi tersebut akan dibagikan melalui akun sosial media resmi LinkAja seperti di Twitter, Instagram, Facebook, dan ainnya. Oleh karena itu, silahkan pantau akun sosmed LinkAja untuk mengetahui informasi lebih lanjut.

4. Periksa Nomor Rekening Tujuan

Sebelum melakukan transaksi, pastikan bahwa nomor rekening tujuan yang dimasukkan sudah sesuai. Jika sampai salah memasukkan satu angka saja dapat mengakibatkan transaksi gagal. Oleh karena itu, anda bisa mengatasinya dengan menyalin nomor rekening dan paste di LinkAja.

5. Periksa Limit Transaksi

LinkAja memiliki aturan bahwa pengguna hanya bisa transaksi maksimal sebanyak Rp 2.000.000 per hari. Jika sudah melebihi batasan tersebut, maka tidak bisa transfer ke bank mana pun. Satu-satunya solusi untuk mengatasinya adalah melakukan transaksi di esok hari.

Akhir Kata

Demikianlah informasi menarik dan terlengkap seputar penyebab LinkAja tidak bisa transaksi beserta cara mengatasinya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terimakasih banyak telah berkunjung.

Bermanfaat bagi orang lain merupakan salah satu tujuanku