Perbedaan Orbit dan Indihome Yang Perlu Diketahui

Layanan internet rumah memang sedang banyak diminati, hal ini dikarenakan dapat lebih menghemat uang jika dibandingkan menggunakan kuota data internet
Layanan internet rumah memang sedang banyak diminati, hal ini dikarenakan dapat lebih menghemat uang jika dibandingkan menggunakan kuota data internet.

perbedaan orbit dan indihome

Sebegai perusahaan provider terbesar di Indonesia, Telkomsel menyediakan layanan internet rumahan yang diberi nama Orbit. Layanan tersebut serupa dengan layanan Indihome yang dimiliki oleh perusahaan Induk Telkom.

Sebagai pelanggan pastinya ingin menggunakan layanan internet rumahan yang paling cocok dan terbaik. Oleh karena itu, anda perlu mengetahui perbedaan Orbit dan Indihome dengan harapan bisa tahu layanan internet rumahan apa yang paling cocok untuk digunakan.

Apa Itu Telkomsel Orbit?

Telkomsel Orbit merupakan sebuah layanan internet rumahan yang menggunakan perangkat modem atau router dengan sistem kerja mengisi paket data khusus Telkomsel Orbit.

Jadi, pada dasarnya Telkomsel Orbit hampir sama dengan fitur hotspot di smartphone. Hanya saja, dapat menampung pengguna lebih banyak, jangkauan wilayah lebih luas, dan kecepatan internet lebih stabil.

Jika paket data internet orbit habis, maka anda perlu membeli paket data khusus orbit. Dengan sistem seperti ini, pengguna tidak perlu terikat kontrak dengan Telkomsel.

Apa Itu Indihome?

Indihome merupakan sebuah layanan internet rumahan dari Telkom yang menggunakan jaringan fiber optik. Sehingga, diperlukan instalasi pemasangan dari pihak Indihome ketika ingin menggunakan layanan tersebut.

Berbeda dengan Telkomsel Orbit, pengguna diharuskan terikat kontrak untuk bisa menggunakan layanan Indihome. Pada umumnya, pengguna perlu membayar tagiihan setiap bulannya baik menggunakan internet atau tidak.

Perbedaan Orbit dan Indihome

Telkomsel Orbit dan Indihome termasuk kedalam salah satu layanan internet rumah paling populer di Indonesia. Walaupun keduanya menawarkan layanan internet rumah, tetapi terdapat beberapa perbedaan mendasar.

Orbit merupakan layanan internet rumah yang berbasis jaringan nirkabel, sedangkan Indihome berbasis kabel fiber optik. Berikut ini adalah beberapa perbedaan Orbit dan Indihome yang perlu diketahui:

1. Sistem Distribusi

Orbit menggunakan sistem nirkabel yang mana terdapat kelebihan fleksibilitas tanpa keterikatan pada lokasi fisik jaringan. Sementara itu, Indihome menyediakan jaringan kabel fiber optik yang lebih kuat dan stabil, sehingga dalam satu paket dapat memilih layanan internet rumah, telepon rumah, dan televisi.

2. Jenis Produk

Pada dasarnya Telkomsel Orbit merupakan layanan internet rumah prabayar, sedangkan Indihome adalah layanan internet rumah pascabayar. Pelanggan Telkomsel Orbit perlu membeli kuota terlebih dahulu untuk menikmati layanan, sementara pelanggan IndiHome perlu membayar tagihan setiap bulan.

3. Perlengkapan

Orbit memiliki keunggulan lebih praktis karena hanya membutuhkan modem yang sudah dilengkapi dengan paket internet, sehingga tidak perlu instalasi jaringan fisik terkecuali membutuhkan titik akses tambahan. Sedangkan, Indihome memerlukan instalasi awal dengan biaya yang lebih ekonomis karena perangkat dipinjamkan.

4. Cakupan Area

Seperti yang diketahui terdapat wilayah di Indonesia yang belum tercover oleh jaringan fiber optik Telkom, sehingga tidak dapat menggunakan layanan Indihome. Telkomsel Orbit ini cocok digunakan untuk wilayah-wilayah tersebut, karena tidak memerlukan instalasi kabel.

5. Harga

Telkomsel Orbit umumnya lebih terjangkau jika dibandingkan dengan IndiHome. Namun, harga tersebut dapat berubah tergantung pada paket yang dipilih dan lokasi pengguna.

Paket data Telkomsel Orbit dengan masa aktif satu bulan bisa dibeli hanya dengan harga Rp 65.000. Sedangkan, untuk bisa menikmati internet Indihome memerlukan biaya lebih dari Rp 100.000/bulan. 

6. Kecepatan

Kecepetan Internet di Telkomsel Orbit bergantung pada kualitas sinyal di lokasi. Jika lokasi beraada telah tercover jaringan 4G atau 5G, maka dapat dipastikan kecepetan internet sangat kuat.

Sementara itu, untuk kecepatan internet di Indihome bergantung pada paket berlangganan yang dipilih. Semakin mahal paket, biasanya akan semakin kencang dan stabil kecepatan internet yang diperoleh.

7. Kuota Internet

Kuota Internet Telkomsel Orbit tidaklah unlimited, sehingga perlu membeli paket data jika sudah habis. Sementara itu, Indihome menawarkan akses internet unlimited dengan FUP. Sehingga, bisa menggunakan internet dengan bebas meskipun terdapat FUP yang dapat menurunkan kecepatannya.

Lebih Baik Orbit atau Indihome?

Setelah mengetahui perbedaan Orbit dan Indihome, maka menjadi tahu karasteristik dari kedua layanan internet rumah tersebut. Sehingga, misi mencari layanan internet rumahan yang paling baik dan cocok dapat diketahui dengan lebih mudah. 

Kedua layanan internet rumah Telkomsel Orbit dan IndiHome memiliki kelebihan dan kekurangan. Layanan internet rumah terbaik adalah yang paling sesuai dengan kebutuhan anda. 

Telkomsel Orbit lebih cocok untuk anda yang menginginkan fleksibilitas lokasi tanpa keterikatan pada jaringan fisik. Sebaliknya, jika kecepatan internet yang stabil dan cepat adalah prioritas Anda, IndiHome dengan kabel fiber optik dapat menjadi pilihan yang lebih baik.

Akhir Kata

Bagaimana apakah anda sudah tahu apa perbedaan Orbit dan Indihome?  Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk banyak orang dan terima kasih banyak telah berkunjung.

Bermanfaat bagi orang lain merupakan salah satu tujuanku