Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Gunung di Jawa Tengah Dengan Jalur Yang Mudah, Cocok Untuk Pendaki Pemula

Mendaki gunung menjadi salah satu kegiatan yang mengasyikan. Pada saat pertama kali mendaki gunung dan melihat keindahan pemandangan biasanya orang menjadi ketagihan ingin mendaki gunung lagi.

Mendaki gunung juga bisa dijadikan alternatif cara untuk menghilangkan stress. Lelah akibat perjalanan akan terbayar dengan keindahan dipuncak. Tidak hanya itu, bisa sampai ke puncak gunung merupakan sebuah kebanggaan bagi diri kita.
5 Gunung di Jawa Tengah Dengan Jalur Yang Mudah, Cocok Untuk Pendaki Pemula

Jawa Tengah mempunyai beberapa gunung dengan pemandangan yang indah berserta ketinggian gunung yang berbeda-beda. Bagi seorang pendaki profesional, gunung dengan jarak perjalanan yang jauh dan membutuhkan waktu selama beberapa hari mungkin terasa biasa saja. Namun, untuk seorang pendaki pemula yang belum biasa naik gunung hal itu akan terasa berat.

Jawa Tengah terdapat beberapa gunung yang cocok untuk pendaki pemula dengan jalur pendakian yang mudah untuk dilalui dan estimasi waktu yang pendek.

Berikut 5 gunung di Jawa Tengah yang cocok untuk pendaki pemula

Gunung Andong (Magelang)

Gunung Andong Magelang

Gunung Andong memiliki ketinggian 1.726 mdpl dan terletak di Kabupaten Magelang. Meskipun berstatus sebagai gunung berapi yang masih aktif namun sampai sekarang Gunung Andong belum pernah meletus.

Gunung Andong menjadi favorit dikalangan pendaki pemula, karena jalur trek nya yang mudah untuk dilalui dan tidak memerlukan waktu yang lama.

Estimasi waktu pendakian Gunung Andong hanya sekitar 1 - 2 jam dari basecamp hingga puncak. Fasilitas di gunung ini pun sudah bisa dibilang lengkap karena di jalur pendakian sudah ada toilet, sumber air, dan warung. Jadi, kamu tidak perlu khawatir dengan kehabisan barang logistik seperti makanan.

Puncak Makam Ki Joko Pekik Gunung Andong
Terdapat 4 puncak tertinggi di Gunung Andong dengan keindahannya masing-masing yaitu puncak alap-alap, puncak andong, puncak jiwa, dan puncak makam. Dari ke empat puncak tersebut puncak makam lah yang paling unik, karena disitu terdapat rumah kecil berukuran 2x3 meter dengan kondisi tertutup rapat. Konon katanya makam ini merupakan makam tokoh yang dikagumi bernama Ki Joko Pekik.

Gunung Besek  (Wonogiri)

Gunung Besek Wonogiri

Gunung Besek ini terletak di Dusun Setren, Desa Bugelan, Kecamatan Kismantoro, Kabupaten Wonogiri. Sebagian besar daerah Wonogiri berupa pengunungan jadi, tidak heran jika banyak wisata alam disini salah satunya yaitu Gunung Besek.

Meskipun tidak sepopuler Gunung Andong, Gunung Besek juga menjadi daya tarik para pendaki pemula karena lokasinya sangat mudah untuk dijangkau.

Untuk sampai puncak, kamu hanya perlu berjalan dari tempat parkir sekitar 30 menit. Berbeda dengan gunung lainya, untuk jalur trek pendakian Gunung Besek tidaklah menanjak melainkan menurun sehingga tidak terlalu capek. Walaupun begitu, kamu masih bisa merasakan sensasi pegunungan karena dikelilingi oleh pemandangan alam yang indah.

Gunung Prau (Dieng)

Gunung Prau Dieng

Siapa sih yang tidak kenal dengan Gunung Prau? Setiap pendaki pasti sudah paham dengan gunung ini. Gunung Prau memiliki ketinggian 2.565 mdpl dan berada di kawasan dataran tinggi Dieng, Jawa Tengah.

Gunung Prau menjadi incaran para pendaki pemula, karena akses jalan menuju puncak sudah sangat memadai. Dengan mendaki Gunung Prau kamu dapat melihat keindahan Gunung Sindoro dan Sumbing dari kejauhan.

Untuk estimasi waktu pendakian Gunung Prau sampai puncak kurang lebih 4 jam. Pada saat perjalanan turun hati-hati karena beberapa jalur di Gunung Prau licin karena menjadi aliran air.

Sangat untuk tidak disarankan mendaki gunung pada akhir pekan, karena akan ramai pengunjung.

Gunung Unggaran (Semarang)

Gunung Unggaran Semarang

Letak gunung in tidak terlalu jauh dari ibu kota Jawa Tengah yaitu Kota Semarang.

Gunung Unggaran mempunyai ketinggian 2.050 mdpl. Untuk bisa sampai puncak gunung ini membutuhkan waktu yang cukup lama sekitar 4 - 5 jam. Sehingga, jika kamu ingin mendaki gunung ini diperlukan persiapan fisik secara maksimal dan membawa peralatan pendakian yang memadai serta logistik yang cukup.

Gunung Sigandul (Temanggung)

Gunung Sigandul (Temanggung

Gunung Sigandul mungkin tidak familiar dikalangan pendaki. Gunung ini cocok untuk pendaki yang mencari ketenangan di gunung yang masih sepi, dan belum banyak dikenal para pendaki.

Gunung Sigandul mempunyai ketinggian 2.005 mdpl. Sebenarnya Gunung Sigandul termasuk kedalam bukit tapi, banyak yang menyebutnya dengan gunung.

Trek pendakian Gunung Sigandul bisa dibilang cukup landai sehingga, cocok untuk pendaki pemula yang belum terbiasa naik gunung. Untuk estimasi pendakian hanya membutuhkan waktu sekitar 2 - 3 jam. Jika sudah sampai puncak, kamu akan disuguhi oleh pemandangan Gunung Prau yang terlihat seperti prau terbalik. Tidak hanya itu, kamu juga bisa melihat keindahan Gunung Sindoro dan Sumbing.

Demikianlah informasi mengenai Gunung di Jawa Tengah Dengan Jalur Yang Mudah Cocok Untuk Pemula. Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat kalian.


Post a Comment for "5 Gunung di Jawa Tengah Dengan Jalur Yang Mudah, Cocok Untuk Pendaki Pemula"

Berlangganan via Email