Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

20 Peralatan Mendaki Yang Wajib Kamu Bawa, Pendaki Pemula Wajib Tahu Ini

Peralatan apa aja sih yang harus dibawa ketika mendaki? Pertanyaan seperti ini sering dikeluarkan oleh pendaki pemula yang belum pernah naik gunung.

Mendaki gunung merupakan kegiatan yang tidak bisa disepelekan. Diperlukan latihan dan persiapan yang matang sebelum mendaki. Mempersiapkan hal yang diperlukan ketika mendaki, bertujuan untuk keselamatan kita agar terjaga mulai dari berangkat hingga pulang. Di artikel sebelumnya saya telah menjelaskan 9 tips persiapan mendaki untuk pemula.

20 peralatan mendaki yang wajib dibawa untuk pendaki pemula


Salah satu hal yang harus diperhatikan sebelum mendaki adalah mempersiapkan peralatan. Bagi para pendaki profesional yang sudah terbiasa mendaki gunung, pasti mereka sudah paham dengan peralatan yang mesti dibawa. Namun, untuk pendaki pemula yang belum terbiasa mendaki, pasti sering bertanya dengan peralatan mendaki yang wajib untuk dibawa karena tidak tahu.

Peralatan juga menjadi salah satu faktor terpenting keberhasilan dalam pendakian. Karena, dengan kurangnya peralatan pendakian bisa berakibat fatal. Sedangkan membawa peralatan yang berlebihan membuat carrier semakin berat, sehingga menambah beban yang harus kamu bawa. Jadi sudah semestinya  kamu  mempersiapkannya dengan benar-benar.

Berikut Peralatan Mendaki Yang Wajib Kamu Bawa

Untuk peralatan mendaki dibagi menjadi dua yaitu peralatan kelompok dan peralatan pribadi.

Peralatan kelompok

  • Tenda

Tenda dome

Tenda merupakan tempat untuk berteduh dan menginap ketika mendaki. Tenda memiliki berbagai jenis, salah satu jenis yang sering dipakai adalah tenda Dome. Jenis tenda Dome banyak dipilih karena ketahanannya terhadap angin kencang dan mudah dalam mensetup nya. Biasanya tenda mempunyai kapasitas untuk 2, 4, dan 6 orang.

Baca juga: Tips Memilih Tenda, Jangan Sampai Menyesal Karena Salah Membeli Tenda

  • Makanan yang dapat memenuhi kebutuhan kamu selama naik gunung
Makanan yang dapat memenuhi kebutuhan kamu selama naik gunung

Kegiatan naik gunung merupakan kegiatan yang memerlukan banyak energi. Maka dari itu, penting sekali untuk mempersiapkan makanan yang bergizi namun tetap praktis untuk dibawa. Makanan yang bisa kamu bawa yaitu roti, nasi, nugget atau sosis, madu, coklat, susu, kopi, gula jawa, antangin, buah-buahan, umbi-umbian,dll.

  • Peralatan memasak
Peralatan memasak gunung

Peralatan memasak dapur pastinya berbeda dengan peralatan memasak di gunung. Peralatan memasak dapur umumnya mempunyai ukuran yang lebih besar dan berat sehingga, tidak memungkinkan untuk dibawa ketika mendaki gunung. Sedangkan peralatan memasak di gunung  mempunyai ukuran yang lebih kecil dan ringan. Contoh peralatan masak yang dibawa adalah kompor lapangan, cooking set atau nesting, gas kaleng, spirtus, korek api, pisau, sendok atau garpu, piring.

  • Peralatan komunikasi
Peralatan komunikasi Ketika di gunung

Peralatan yang tidak kalah penting adalah komunikasi. Dengan peralatan komunikasi, ketika dalam keadaan darurat kita bisa memberi informasi atau meminta bantuan ke pihak basecamp. Tapi, sebelumnya laporkan dulu ke tim pendakian mu terlebih dahulu.

 Kamu bisa menggunakan handy talky (HT) atau handphone. Namun, ketika mendaki gunung tidak ada sinyal telepon jadi sebaiknya menggunakan HT.

Peralatan Pribadi

  • Tas gunung
Tas gunung

Tas gunung atau biasa disebut carrier merupakan peralatan utama yang harus dibawa ketika mendaki gunung. Tas ini sudah didesain untuk membawa beban berat dengan bahan yang kuat. Tas gunung mempunyai beberapa ukuran dan merk. Tiap merk tas gunung mempunyai kelebihan masing-masing.

  • Pakaian ganti secukupnya berdasarkan lama waktu pendakian
Pakaian ganti pendaki

Peralatan mendaki penting selanjutnya yang harus dipersiapkan adalah pakaian ganti. Bawalah baju ganti yang mudah kering dan berbahan katun. Sama dengan celana dengan bahan cepat kering dan ringan seperti celana berbahan ripstok nilon atau bahan Polyester. Jika bisa diusahakan untuk tidak memakai celana jeans.

Untuk trek pendakian seperti 2 hari biasanya membawa 2-3 stell pakaian. Sedikit tips sebaiknya membagi pakaian menjadi dua yaitu pakaian mendaki dan pakaian tidur. Pada saat mendaki gunakan pakaian yang mudah menyerap keringat dan cepat kering. Sedangkan pada saat mau tidur gunakan pakaian tidur dan jemur pakaian yang digunakan untuk mendaki agar bisa dipakai besoknya lagi. Jangan lupa untuk membawa satu pakaian lagi untuk berfoto di atas puncak.

  • Jaket
Jaket gunung

Jaket yang dimaksud bukan jaket biasa. Melainkan, jaket yang dikhususkan untuk mendaki gunung dengan bahan yang lebih tebal. Jaket ini berfungsi untuk menghangatkan badan dan menolak angin.

  • Jas hujan
Jas hujan

Meskipun sedang tidak musim hujan, tetap harus membawa jas hujan. untuk berjaga-jaga sebaiknya membawa jas hujan. Karena, kita tidak tahu apa yang akan terjadi di gunung.

  • Sleeping bag
Sleeping bag

Sleeping bag atau kantong tidur memiliki fungsi untuk menghangatkan tubuh pada saat tidur, karena cuaca diluar yang dingin. Perlu diketahui suhu di gunung lebih tinggi dibandingkan daratan biasa. Maka dari itu, jangan lupa untuk memasukkan sleeping bag kedalam list peralatan yang kamu bawa ketika mendaki gunung. Pada artikel sebelumnya saya sudah membagikan 5 cara memilih sleeping bag yang bagus dan cocok.

  • Sepatu hiking
Sepatu hiking

Peralatan kedua yang wajib dibawa selanjutnya adalah sepatu hiking. Kenapa tidak sepatu biasa saja? Sepatu hiking berbeda dengan sepatu biasanya, Karena sudah didesain untuk menerjang medan becek, lumpur, basah, berdebu, dan untuk trek jalan menanjak.

  • Gaiters
Gaiters atau pelindung kaki

Gaiters ditujukan untuk melindungi kaki dari ranting, duri, binatang pacet atau lintah, dan mencegah pasir atau kerikil masuk kedalam sepatu ketika berjalan.

  • Trekking pole
Trekking pole atau tongkat gunung

Peralatan mendaki tongkat gunung atau trekking pole mempunyai fungsi sebagai pegangan tangan dan menjaganya keseimbangan tubuh.

  • Kantong plastik
Kantong plastik sampah

Peralatan yang satu ini seringkali dilewatkan para pendaki yang mengaku pecinta alam tapi, masih belum bisa menjaga kebersihan alam. Kantong plastik penting sekali dibawa dan berguna untuk membawa sampah turun kebawah.

  • Senter atau headlamp
Senter atau headlamp

Senter atau  headlamp merupakan peralatan yang digunakan untuk menerangi jalan ketika melakukan pendakian pada malam hari. Tidak hanya itu, senter atau headlamp bisa juga berfungsi untuk menerangi tenda pada saat tidur.

  • Sarung tangan

Sarung tangan berfungsi agar tangan tidak kedinginan ketika di gunung. Seperti yang kita tahu bahwa bagian tubuh yang paling sensitif adalah telapak kaki dan telapak tangan. Sehingga ketika berada pada suhu dingin namun telapak tangan terjaga suhunya maka, tubuh juga akan menyesuaikan.

  • Masker
Masker multifungsi

Peralatan pribadi mendaki selanjutnya yaitu masker. Masker ini untuk menjaga hidung dan mulut dari asap belerang. Sangat disarankan untuk memilih masker multifungsi yang bisa digunakan sebagai kupluk dan penutup leher.

  • Jam tangan
    Jam tangan

Jam tangan termasuk peralatan yang wajib dibawa. Jam tangan berfungsi untuk menunjukkan waktu agar kita tahu kapan istirahat dan kapan harus lanjut berjalan. Ketika di gunung kita tidak bisa hanya menggunakan matahari sebagai patokan waktu.

  • Matras
Matras

Matras ini juga penting untuk alas duduk atau tidur.

  • Membawa peralatan obat-obatan pribadi maupun P3K
Obat obatan P3K

Jika kamu memiliki riwayat penyakit seperti asma, jantung atau penyakit lainnya maka, diwajibkan untuk membawa obat-obatan tersebut. Namun, jika tidak mempunyai riwayat penyakit sebaiknya untuk tetap membawa P3K untuk berjaga-jaga dan barangkali ada pendaki lain yang membutuhkan.

Demikianlah informasi tentang peralatan mendaki yang wajib kamu baca terutama untuk pendaki pemula yang belum mengetahui nya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan mohon untuk membagikan artikel kepada temanmu agar mereka juga mengetahui tentang artikel ini.

Post a Comment for "20 Peralatan Mendaki Yang Wajib Kamu Bawa, Pendaki Pemula Wajib Tahu Ini"

Berlangganan via Email