Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wisata Curug Sikarim Wonosobo, Air Terjun di Desa Tertinggi Pulau Jawa

Wisata curug atau air terjun Sikarim merupakan wisata yang berada di Kabupaten Wonosobo. Curug Sikarim letaknya tersembunyi, meskipun begitu curug ini memiliki keindahan yang sangat menakjubkan.

Wisata alam ini menyajikan pemandangan yang sangat indah. Dijamin pengunjung yang datang kesini pasti akan terpesona dengan keindahanya.

wisata curug sikarim

Curug Sikarim berada dibelakang kekokohan
Bukit Sikunir. Wisata alam ini berada di desa tertinggi di Pulau Jawa yaitu Desa Sambungan dengan ketinggian yang mencapai 2.360 mdpl. Sedangkan untuk lokasi Curug Sikarim Berada pada ketinggian 1.800 mdpl dan memiliki ketinggian air terjun sekitar 24 meter.

Pengunjung yang datang dapat melihat aliran air terbagi menjadi dua. Wisata ini cocok untuk tempat berlibur bersama keluarga, teman ataupun pasangan.

Keindahan curug sikarim

Berfoto merupakan suatu suatu hal wajib yang dilakukan ketika berkunjung kesini, karena tempat wisata ini memiliki keindahan yang luar biasa. Jadi, sangat disayangkan jika tidak mengabadikan momen ditempat ini.

untuk bisa sampai ke curug ini diperlukan kesabaran dan mental yang kuat karena, lokasinya yang cukup sulit untuk dijangkau. Akan tetapi setelah sampai ke Curug Sikarim, rasa lelah akibat perjalanan akan hilang dengan sendirinya dan mata kamu akan langsung tertuju pada kecantikan yang dimiliki oleh curug ini.

curug sikarim wonosobo

Dari pinggir jalan, pengunjung yang datang sudah bisa melihat kecantikan Curug Sikarim dari kejauhan. Jadi, jika ada pengunjung yang ingin melihat curug ini tanpa capek maka cukup berhenti di pinggir jalan.

Harga Tiket Masuk

Untuk dapat berwisata dan menikmati keindahan Curug Sikarim anda hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp 5.000 per orang. Biaya ini belum termasuk untuk biaya parkir.

Jam Buka

Wisata Curug Sikarim buka setiap hari. Namun pada hari selasa-jum'at hanya buka mulai pukul 07.00-17.00 WIB. Sedangkan pada hari sabtu-senin wisata ini buka 24 jam.

Waktu yang paling tepat untuk berkunjung kesini yaitu pada saat pagi menjelang siang. Karena, biasanya pada waktu itu cuaca cerah dan tidak ada kabut sehingga pengunjung dapat melihat keindahan curug ini dengan jelas.

fasilitas wisata curug sikarim

Fasilitas Curug Sikarim


  • Gazebo
  • Warung
  • Musholla
  • Toilet
  • Area parkir
Baca juga: keindahan wisata Curug Semirang, airnya terlihat berwarna hijau

Lokasi dan Akses Perjalanan

Lokasi Curug Sikarim berada di Sembungan, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Tempat wisata ini berjarak 9 km dari Kecamatan Kejajar.

Untuk akses perjalanan ke tempat ini terbilang mudah. Jika pada tahun 2018-2019 kondisi jalan menuju Curug Sikarim masih rusak dan berlubang. Kini pada tahun 2020 telah terjadi perbaikan jalan sehingga, kondisi jalan menjadi mulus dan sudah beraspal.

jalan ke curug sikarim

Meskipun kondisi jalan sudah beraspal, pengunjung yang akan datang harus tetap berhati-hati karena kondisi jalanya yang curam dan naik turun. Serta terdapat tikungan tajam, menanjak sekitar 45 derajat. Meskipun begitu, saat perjalanan anda akan disuguhi keindahan area perkebunan dan hamparan pegunungan yang memanjakan mata.

Jika belum terlalu ahli dalam menyetir mobil maka tidak perlu khawatir karena disini terdapat jasa sopir dari penduduk sekitar yang bisa anda pakai. Selain jasa sopir, disini juga terdapat ojek motor yang dapat membawa anda ke lokasi Curug Sikarim.

Jika sudah sampai ke lokasi Curug Sikarim, maka selanjutnya perjalanan dilakukan dengan berjalan kaki sejauh 50 meter. Saat ini kondisi jalannya sudah di paving sehingga memudahkan pengunjung yang akan datang kesini.


Demikianlah ulasan lengkap mengenai Curug Sikarim. Semoga artikel ini bermanfaat dan terimakasih. Jika punya pertanyaan atau rekomendasi tempat wisata lain maka bisa memberitahukan di kolom komentar.

Post a Comment for "Wisata Curug Sikarim Wonosobo, Air Terjun di Desa Tertinggi Pulau Jawa"

Berlangganan via Email