Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wisata Kaligua Brebes: sejarah, lokasi, harga tiket masuk, wahana, fasilitas, dan penginapan

Wisata Kaligua Brebes merupakan tempat wisata kebun teh yang wajib untuk dikunjungi. Tempat ini menyajikan pemandangan indah dengan spot foto kekinian. Wahana dan fasilitas yang terdapat disini juga sangat lengkap.

wisata kaligua brebes

Lokasi agrowisata Kaligua Brebes ini berada di ketinggian 1.050-2.050 mdpl dan terletak di sebelah barat kaki Gunung Slamet. Letaknya yang berada di pegunungan membuat suasana wisata ini sejuk dan dingin. Pada saat tertentu suhu disini berkisar 8 sampai 28 derajat Celcius.

Pemandangan alam disini sangat indah. Kamu bisa melihat hamparan luas perkebunan teh dengan background bukit. Pada saat cuaca cerah dan tidak ada kabut, kamu bisa melihat keindahan Gunung Slamet yang berdiri menjulang.

Agrowisata Kali Gua ini ternyata dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara IX (Persero) Jawa Tengah. Pada wisata ini terdapat pabrik teh dan hasil pengelolaannya berupa produk hilir teh hitam (black tea) dengan merk "Kaligua". Bagi pengunjung yang ingin lebih tahu lebih dalam tentang cara produksi teh, maka langsung saja datang ke pabrik teh ini.

kebun teh wisata kaligua

Agrowisata Kaligua menjadi salah satu destinasi wisata andalan di Brebes. Kamu dapat menikmati suasana khas pegunungan dengan harga tiket masuk yang cukup terjangkau. Wahana dan fasilitas yang tersedia juga sangat lengkap. Agrowisata ini juga menyediakan berbagai villa untuk pengunjungnya yang mau menginap.

Apakah kamu tertarik mengunjunginya? Yuk simak informasi mengenai sejarah, lokasi, harga tiket masuk, wahana, fasilitas, dan penginapan Wisata Kaligua.

Sebelum mengenal lebih lanjut tentang Agrowisata Kaligua, saya akan menjelaskan sejarahnya terlebih dahulu.

Sejarah

Perkebunan teh Kaligua merupakan warisan dari pemerintah kolonial Belanda. Pabrik teh dibangun pada tahun 1899 dan semua kebun teh ini dikelola oleh Van De Jong. Sebagai penghargaan, sampai sekarang warga setempat masih merawat makam Van De Jong yang berada di perkebunan teh.

Konon katanya pada saat pabrik ini dibangun, para pekerja membawa ketel uap dari Paguyangan menuju Kaligua sejauh 17 km. Karena pada saat itu kondisi jalanya belum bagus dan menanjak, membuat para pekerja yang membawa ketel uap sampai di Kaligua dalam waktu yang cukup lama yaitu 20 hari. Selama pengangkutan, pada saat pekerja beristirahat dihibur oleh kesenian ronggeng Banyumas. Untuk memperingatinya, setiap hari ulang tahun pabrik teh Kaligua pada tanggal 1 Juni akan ditampilkan kesenian tradisional tersebut.

Lokasi

Lokasi Wisata Kaligua berada di Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Brebes, Jawa Tengah. Kondisi jalan menuju tempat ini tidak terlalu mulus. Namun jangan khawatir, karena pada saat di perjalanan kamu akan disuguhi pemandangan indah.

Harga Tiket Masuk


  • Harga Tiket Masuk : Rp 20.000
  • Parkir : Rp 2.000
  • Goa Jepang : Rp 3.000


Jam Operasional

Tempat wisata ini buka setiap hari dan ramai ketika akhir pekan. Jam buka dan tutup wisata Kaligua yaitu mulai pukul 09.00-16.00. Sedangkan, untuk pengunjung yang menginap di villa, wisata ini buka 24 jam.

Baca juga: menikmati keindahan Gunung Sindoro & Sumbing dari wisata Embung Kledung Temanggun

Wahana Wisata Kaligua

Goa Jepang

goa jepang wisata kaligua

Goa Jepang ini dibangun pada saat pendudukan tentara Jepang di Indonesia sekitar tahun 1942. Pada saat proklamasi kemerdekaan Indonesia, goa ini dijadikan sebagai tempat persembunyian dan pertahanan tentara Jepang sebelum pergi meninggalkan Indonesia. Selain itu, goa yang mempunyai panjang sekitar 850 meter ini juga dijadikan sebagai tempat pembantaian romusha maupun penduduk Brebes dan sekitarnya yang memberontak kepada pemerintahan tentara Jepang. Suasana didalam goa saat ini dibuat seperti kondisi aslinya saat masih digunakan Jepang. Patung-patung tentara Jepang dibuat semirip mungkin dan seperti ukuran aslinya agar pengunjung bisa melihatnya.

Sepeda Air

sepeda air wisata kaligua

Wisata ini menyediakan wahana sepeda air untuk pengunjungnya yang mau menikmati suasana disini dari atas air. Untuk menaiki wahana ini, pengunjung dikenai biaya tambahan.

Flying Fox

Jika kamu suka dengan tantangan maka wajib untuk mencoba wahana yang satu ini. Kamu dapat merasakan meluncur bergelantungan di atas perkebunan. Saat menaiki wahana flying fox kamu dapat melihat keindahan hamparan luas kebun teh yang berwarna hijau.

Kebun Strawberry

kebun strawberry wisata kaligua

Disini pengunjung bisa memetik dan membeli strawberry yang ada di wisata Kaligua sembari  menikmati sejuknya udara dan suasana perkebunan teh.

Fasilitas Umum


  • Gedung pertemuan
  • Area outbound
  • Area perkemahan
  • Lapangan olahraga
  • Kafe
  • Musholla
  • Toilet
  • Area parkir yang luas


Selain terdapat wahana, wisata ini juga menyediakan tempat penginapan dengan kondisi yang bagus.

penginapan wisata kaligua

Penginapan di Kaligua


  • Agave Cottage : Rp 875.000/malam
  • Rollaas Hotel 201 : Rp 499.000/malam
  • Rollaas Hotel 202 : Rp 499.000/malam
  • Sinensis Cottage 1 : Rp 775.000/malam
  • Asamica Cottage 1 : Rp 775.000/malam
  • Black Tea Cottage 1 : Rp 775.000/malam
  • Black Tea Cottage 2 : Rp 775.000/malam
  • Green Tea Cottage : Rp 775.000/malam
  • Wisma Amarilis : Rp 500.000



Demikianlah informasi terlengkap mengenai Wisata Kaligua Brebes. Semoga artikel ini bermanfaat dan terimakasih.

Post a Comment for "Wisata Kaligua Brebes: sejarah, lokasi, harga tiket masuk, wahana, fasilitas, dan penginapan"

Berlangganan via Email