Menikmati Keindahan Gunung Sindoro & Sumbing Dari Wisata Embung Kledung Temanggung

Namun, keindahan yang dimiliki Embung Kledung di Temanggung dapat menjadikan tempat ini tidak hanya sebagai tempat untuk menyimpan air tapi juga sebagai tempat wisata.
Embung Kledung dahulunya digunakan sebagai tempat untuk menyimpan air kemudian dialirkan ke persawahan. Namun, keindahan yang dimiliki Embung Kledung di Temanggung dapat menjadikan tempat ini tidak hanya sebagai tempat untuk menyimpan air tapi juga sebagai tempat wisata.

Embung Kledung berada di kabupaten Temanggung. Seperti yang kita tahu Temanggung merupakan sebuah daerah yang mempunyai banyak wisata alam yang indah-indah.

Menikmati keindahan gunung dari Embung Kledung

Embung Kledung mempunyai luas sekitar 83 x 83 meter. Ketika kamu berkunjung kesini, kamu akan disuguhi pemandangan yang sangat cantik dari gunung Sindoro dan terdapat ribuan ikan-ikan di Embung Kledung.

Karena lokasinya yang berada di lereng pegunungan membuat tempat ini masih terasa asri dan sejuk. Suhu di Embung Kledung cukup dingin jadi, disarankan untuk menggunakan jaket atau pakaian tebal lainya yang dapat menghangatkan tubuh.

Sangat disarankan untuk datang ke wisata Embung Kledung ini pada pagi hari, karena pemandanganya jauh lebih indah dibandingkan dengan siang hari. Keindahan gunung Sindoro dan Sumbing dari Embung Kledung sudah tidak bisa diragukan lagi.

Sampai saat ini Embung Kledung belum mempunyai villa untuk tempat menginap pengunjung. Akan tetapi, wisata ini sudah menyediakan tempat untuk camping atau berkemah pengunjungnya. Jadi, jika berminat pengunjung bisa mendirikan tenda dan berkemah disini. Cocok sekali untuk yang mau ngecamp tanpa harus capek naik gunung.

Baca juga: Lokasi dan Harga Tiket Masuk Wisata Dusun Semilir Eco Park Bawen Semarang

Lokasi

Lokasi wisata Embung Kledung berada di Jalan Raya Parakan - Wonosobo No.KM.12, Area Sawah, Kledung, Kec. Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Untuk kondisi jalan menuju Embung Kledung sudah cukup bagus namun agak menanjak karena lokasinya yang berada di pegunungan. Selama perjalanan kamu tidak akan bosan karena dikelilingi pemandangan perbukitan yang indah.

Harga Tiket Masuk

Untuk harga tiket masuk wisata Embung Kledung termasuk murah meriah. Hanya dengan mengeluarkan biaya sebesar Rp 5.000 kamu sudah bisa menikmati wisata dan fasilitas disini. Namun, belum termasuk untuk biaya parkir.

Jam operasional

Tidak ada jam buka atau jam tutup pada wisata ini. Wisata Embung Kledung buka setiap hari 24 jam.

Aktivitas Yang Dapat Dilakukan di Embung Kledung

Saat kamu berkunjung kesini, kamu bisa melakukan berbagai aktivitas terutama yang berhubungan dengan kegiatan alam. Berikut ini adalah aktifitas yang bisa dilakukan pengunjung.

Camping di Embung Kledung

Camping di wisata Embung Kledung

Sebagai tempat wisata yang mengusung konsep alam. Embung Kledung mempunyai tempat camping untuk pengunjungnya. Bagi wisatawan yang mau ngecamp atau berkemah disini dikenai biaya tambahan sebesar Rp 15.000 saja.

Untuk pengunjung yang tidak punya perlengkapan camping jangan khawatir, karena terdapat tempat penyewaan peralatan camping. Berikut adalah daftar harga peralatan camping yang bisa disewa.

  • Tenda kapasitas 2 orang : Rp 40.000
  • Tenda kapasitas 4 orang : Rp 50.000
  • Tenda kapasitas 6 orang : Rp 60.000
  • Sleeping bag : Rp 15.000
  • Matras : Rp 10.000
  • Lampu tenda : Rp 10.000
  • Kayu bakar : Rp 15.000/bongkok
  • Kompor satu paket : Rp 45.000
  • Kompor : Rp 15.000
  • Gas : Rp 20.000
  • Nesting : Rp 15.000


Sedangkan untuk penyelesaian pembayaran bisa dilakukan di loket penjagaan setelah pemakaian barang selesai.

Baca juga: 20 Peralatan Mendaki Yang Wajib Kamu Bawa, Pendaki Pemula Wajib Tahu Ini!

Menikmati Sunrise di Embung Kledung

keindahan sunrise wisata Embung Kledung

Keindahan Embung Kledung sering kali membuat pengunjungnya terpesona. Peristiwa sunrise matahari yang mulai terbit membuat pemandangan Embung Kledung di Temanggung ini semakin terlihat indah. Kamu bisa melihat pesona keindahan gunung Sindoro dan sumbing yang nampak gagah dari Embung Kledung. Bahkan pada saat tertentu kamu bisa juga melihat keindahan bayangan gunung sumbing dipermukaan airnya. Mirip seperti gunung Fuji di danau Kawaguchi Jepang.

Memberi Makan Ikan

memberi makan ikan di wisata Embung Kledung

Selain digunakan sebagai tempat untuk menampung air, Embung Kledung juga dijadikan sebagai tempat untuk membudidayakan ikan. Jumlah ikan yang ada disini sangat banyak dan terdapat berbagai jenis ikan hias seperti ikan mas dan koi. Ada penjual pakan ikan disini, jadi pengunjung yang datang kesini bisa memberi makan ikan.

Berswafoto

Wisata hitz yang ada di Temanggung ini menyediakan spot-spot foto kekinian dengan pemandangan alam yang sangat menakjubkan. Berikut ini spot foto yang tersedia di wisata Embung Kledung:

Spot Foto Ayunan

spot foto ayunan wisata Embung Kledung

Spot foto yang pertama yaitu ayunan. Untuk ayunan disini berbeda dengan ayunan ditempat lainya. Pada ayunan ini memiliki background pemandangan indah dari Embung Kledung dan gunung Sumbing yang berdiri menjulang tinggi. Ketika kamu foto disini, hasil fotonya pasti sangat keren.

Spot Foto Hammock

spot foto hammock wisata Embung Kledung

Tidak hanya ayunan, terdapat juga spot foto menggunakan hammock. Pemandangan yang ditampilkan juga masih sama berupa pegunungan. Namun, menggunakan hammock sebagai spot foto jauh lebih terasa alami.

Spot Foto Pohon

spot foto pohon wisata Embung Kledung

Spot foto yang menjadi daya tarik selain ayunan dan hammock yakni pohon. Terdapat pohon yang tidak memiliki daun yang tersisa hanyalah batangnya. Kamu bisa berpose dengan memanjat atau berdiri di samping pohon. Hasil foto yang akan dihasilkan pun sangat bagus.

Fasilitas Umum

Wisata murah meriah yang berada di Temanggung ini menyediakan fasilitas yang sangat memadai diantaranya:

  • Area parkir
  • Musholla
  • Toilet


Demikianlah informasi mengenai lokasi, harga tiket masuk, jam operasional, dan aktivis yang bisa dilakukan di wisata Embung Kledung. Bagikan artikel ini jika bermanfaat dan terimakasih.

Baca juga: Menikmati pesona Embung Pendem, wisata baru di Magetan