Pengertian Porter dan Keuntungan Menggunakan Jasa Porter Ketika Mendaki Gunung

Porter merupakan seorang yang biasanya bertugas sebagai pemandu jalan sekaligus pembawa barang para pendaki.
Bagi orang yang hobi mendaki tentu akrab dengan keberadaan porter. Namun, bagi orang yang baru mau terjun ke dunia pendakian mungkin belum paham apa itu porter.

porter pendaki gunung (1)

Porter merupakan seorang yang biasanya bertugas sebagai pemandu jalan sekaligus pembawa barang para pendaki. 

Keberadaan mereka sangat dicari oleh rombongan pendaki, terlebih bagi pendaki pemula. 

Biasanya, porter ini merupakan penduduk dari perkampungan sekitar kawasan pendakian. Karena sehari-hari tinggal di sana, mereka pun sudah mengenal baik daerah tersebut berikut jalur mana saja yang bisa dilewati.  

Umumnya porter merupakan profesi sampingan penduduk. Dalam keseharian, mereka memilih bertani dengan mengandalkan tanah yang subur di lereng gunung. Profesi ini baru mereka jalani saat musim pendakian tiba. Apabila ramai pendaki datang, mereka bisa meraup penghasilan lumayan, tergantung berapa banyak rombongan pendaki yang mereka dampingi.

Tipikal para porter biasanya lincah dan kuat. Kadang mereka tidak membutuhkan perlengkapan komplit untuk beraksi. Dengan penampilan apa adanya, mereka terbilang tangguh menjalankan tugasnya sebagai porter. Hal ini terjadi lantaran mereka sudah ratusan kali menyusuri jalur pendakian di wilayah tersebut. Bahkan, dengan beban berat yang mereka pikul sekalipun, mereka bisa berjalan lebih cepat dan jauh di depan para pendaki.

Jika anda masih asing dengan jalur pendakian gunung yang akan didatangi maka menggunakan jasa porter adalah pilihan terbaik yang bisa dilakukan. Tidak masalah kamu harus merogoh kocek lebih dalam, asalkan pendakian kamu dan rombongan berjalan lancar.

Keuntungan menggunakan jasa porter ketika mendaki gunung

Sebagai pemandu jalan

porter pendaki gunung (2)

Porter akan memberi tahu kamu mana jalur pendakian terbaik, kapan waktu yang tepat untuk memulai pendakian, estimasi waktu pendakian, memilih tempat yang aman untuk disinggahi, hingga memilih tempat untuk mendirikan tenda. Dengan begini, diharapkan pendakian dapat berjalan dengan lancar.

Tidak perlu repot membawa barang

porter pendaki gunung (3)

Mungkin jika kegiatan mendaki hanya dilakukan dalam waktu 1-2 hari, mungkin kamu masih bisa membawa barang-barang sendiri. Akan tetapi, jika pendakian dilakukan selama 3-4 hari, mungkin kamu akan sangat merepotkan jika harus membawa barang-barang sendiri. Dengan menyewa porter kamu hanya perlu membawa barang-barang pokok saja.

Keamanan barang terjamin

porter pendaki gunung (4)

Selain sebagai pemandu, porter juga bertugas sebagai pembawa barang pendaki. Biasanya dalam satu kali pendakian, porter tidak akan bertugas sendirian. Melainkan bisa dua atau tiga orang. Terlebih jika barang yang dibawa sangat banyak. 

Mengurus kebutuhan pendakian

porter pendaki gunung (5)

Tugas porter selanjutnya adalah mengurus kebutuhan pendakian. Mereka akan menyiapkan tempat beristirahat dan memasak makanan untuk pendaki. Dengan adanya porter, tentunya akan meringankan pekerjaan kamu.

Bisa dijadikan teman perjalanan

porter pendaki gunung (6)

Terlepas dari semua kelebihan diatas, kamu juga bisa menjadikan porter sebagai teman. Ketika perjalanan mendaki gunung, kamu bisa bercerita dan berbagai informasi mengenai dunia pendakian dengan porter. Sehingga kegiatan mendaki kamu dapat terasa lebih menyenangkan.