Lokasi dan Tiket Pantai Selayar, Wisata Baru Yang Sedang Viral di Jepara

Ada sebuah wisata baru di Jepara dan sekarang sedang menjadi perbincangan hangat, yaitu Eko Wisata Mangrove Pantai Selayar.
Ada sebuah wisata baru di Jepara dan sekarang sedang menjadi perbincangan hangat, yaitu Eko Wisata Mangrove Pantai Selayar. 

pantai selayar jepara

Pantai Selayar berada di Desa Jambu yang merupakan sebuah desa di pesisir utara jawa yang memiliki pantai-pantai indah mempesona. 

Pantai ini memiliki pemandangan alam yang indah dengan suasana yang masih asri dan alami. Konsep Pantai Selayar adalah menyusuri tanaman bakau dengan trek jalur setapak atau menggunakan perahu.

Awalnya pantai ini hanya digunakan nelayan sebagai tempat untuk mencari ikan. Kemudian mahasiswa dan pemuda beserta masyarakat sekitar bahu membahu membangun pantai selayar hingga terciptanya Eko Wisata Mangrove Pantai Selayar.

Ketika berkunjung kesini anda tidak perlu khawatir kepanasan, karena pantai ini dikelilingi hutan bakau yang membuat tempat ini menjadi adem. Disini juga sudah tersedia rumah pohon dan balkon yang bisa digunakan untuk tempat berteduh dan bersantai menikmati suasana pantai.

Pantai Selayar ini sudah dilengkapi dengan beberapa spot-spot foto kece dan instragrammable yang bisa pengunjung coba. Sehingga tidak heran jika banyak dari kalangan anak muda yang datang kesini hanya untuk berswafoto.

Lokasi

Lokasi Pantai Selayar berada di Desa Jambu, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Untuk akses perjalanannya mudah untuk dijangkau namun ada beberapa jalan yang rusak. Diperjalanan menuju pantai, pengunjung akan disuguhi pemandangan indah hamparan sawah yang luas.

Rute perjalanan

Jika anda dari Kabupaten Jepara, perjalanan dimulai dari Jl. Bangsri Kelet melewati pasar Tradisional Mlonggo menuju pertigaan lampu merah Mlonggo. Dari sini belok kanan dan lurus sampai menemui pertigaan dengan patokan plang Galeri Jepara, lalu ambil kiri. Setelah itu lurus terus sampai melewati persawahan dan anda akan sampai di wisata Pantai Selayar.

Harga tiket masuk

Pantai ini termasuk wisata murah meriah di Jepara. Karena untuk bisa menikmati keindahan dan fasilitas di wisata Pantai Selayar, pengunjung tidak perlu mengeluarkan biaya untuk tiket masuk alias gratis.

Jam buka

Untuk informasi jam buka Wisata Pantai Selayar adalah buka setiap hari 24 jam.

Aktivitas yang bisa dilakukan di Pantai Selayar

Menyusuri hutan bakau

pantai selayar jepara

Pantai Selayar memiliki ciri khas pantai dengan tanaman-tanaman bakau disekitarnya. Menyusuri hutan bakau merupakan aktivitas berwisata yang menyenangkan. 

Terdapat dua pilihan yang bisa dilakukan untuk menyusuri hutan bakau di pantai ini, yakni berjalan kaki dengan jalur setapak atau melalui jalur air menggunakan perahu. Jika tidak mau capek maka bisa menyewa jasa naik perahu untuk berkeliling hutan bakau dengan tarif Rp 10.000 per orang.

Berfoto-foto

pantai selayar jepara

Pantai Selayar Jepara menyediakan beberapa pilihan spot foto kekinian yang menarik untuk dicoba seperti spot foto dermaga yang terbuat dari kayu dan spot foto yang berbentuk lingkaran. Pengunjung juga bisa menjadikan perahu warna-warni yang berjajar rapi untuk dijadikan spot foto.

Bersantai menikmati keindahan

pantai selayar jepara

Waktu yang paling tepat untuk menikmati keindahan Pantai Selayar adalah pada sore hari disaat matahari mulai terbenam. Pengunjung dapat melihat keindahan sunset dari pantai ini.

Duduk santai di balkon atau rumah pohon juga sangat menyenangkan. Pengunjung bisa merasakan sensasi l angin sepoi-sepoi dan keindahan Pantai Selayar dari sini.

Kesimpulan

Karena masih baru, fasilitas yang tersedia di Pantai Slayer masih terbatas dan belum terlalu terawat. Meskipun begitu, pantai ini memiliki pemandangan indah dan sangat cocok untuk anda yang sedang mencari tempat wisata dengan low budget.

Bermanfaat bagi orang lain merupakan salah satu tujuanku