Harga Tiket Masuk dan Daya Tarik Wisata Taman Batu Cijanun Purwakarta

Taman Batu Cijanun atau yang biasa dikenal masyarakat setempat dengan nama Mata Air Cijanun merupakan wisata air dengan ciri khas bebatuan besar yang
Jika anda sedang mencari destinasi wisata alam di Purwakarta, kebetulan saya mempunyai sebuah rekomendasi tempat wisata di daerah Purwakarta yang bernama Taman Batu Cijanun.

taman batu cijanun purwakarta

Taman Batu Cijanun atau yang biasa dikenal masyarakat setempat dengan nama Mata Air Cijanun merupakan wisata air dengan ciri khas bebatuan besar yang menghiasi sekitar areanya. Disini pengunjung bisa merasakan sensasi kesegaran mata air alami sekaligus pemandangan alam yang indah berupa perbukitan dan persawahan.

Jika anda berminat untuk mengunjunginya, simak informasi lengkap mengenai wisata Taman Batu Cijanun berikut ini!

Harga tiket masuk

Untuk harga tiket masuk Taman Batu Cijanun cukup murah karena hanya dengan mengeluarkan biaya Rp 20.000 pengunjung sudah bisa menikmati keindahan dan fasilitas yang disediakan oleh pengelola wisata. Untuk anak umur 4 tahun keatas sudah dikenai biaya tiket masuk.

Pengunjung juga perlu membayar parkir untuk kendaraan roda dua Rp 5.000 dan kendaraan roda empat Rp 10.000. 

Khusus hari Sabtu-Minggu untuk lokasi parkir mobil cukup jauh dari tempat wisata sehingga bagi pengunjung yang tidak ingin berjalan kaki maka bisa menggunakan jasa ojek motor menuju tempat wisata hanya dengan biaya Rp 5.000 saja.

Jam buka

Wisata Taman Batu Purwakarta buka setiap hari mulai dari pagi hari pukul 08.00 hingga sore hari pukul 17.00.

Daya tarik Taman Batu Cijanun

Kolam renang bertingkat

kolam renang taman batu cijanun

Objek wisata Taman Batu Cijanun mempunyai tiga kolam renang yang masing-masing berukuran 10 x 6 meter. Kedalaman kolam renang tersebut bervariasi mulai dari semata kaki hingga 4 meter.

Air yang ada di kolam bersumber dari mata air alami sehingga airnya sangat jernih dan menyegarkan. Air tersebut tidak menggunakan bahan-bahan kimia seperti kaporit dan lainnya.

Keunikan yang dimiliki Taman Batu Cijanun yakni kolam renang yang disusun bertingkat menyerupai anak tangga dengan bebatuan besar yang bertebaran menghiasi wisata di Purwakarta ini.

Air terjun buatan

air terjun buatan taman batu cijanun

Selain kolam renang, di Taman Batu Purwakarta juga terdapat air terjun buatan yang tidak terlalu tinggi akan tetapi sangat mempesona.

Disini pengunjung bisa merasakan guyuran air terjun yang menyegarkan. Tidak jarang juga pengunjung yang menjadikan spot air terjun buatan sebagai spot foto favorit.

Panorama alam indah

panorama alam taman batu cijanun

Lokasi Taman Batu Cijanun yang berada di ketinggian mengakibatkan pemandangan disekitar tempat wisata terlihat lebih jelas.

Memiliki panorama alam yang indah tentunya akan menjadi daya tarik tersendiri. Pengunjung bisa melihat perbukitan dan pepohonan rindang yang menyejukkan mata. Tempat wisata air di Purwakarta ini dikelilingi oleh pepohonan kelapa sehingga suasana disini menjadi cukup teduh dan sejuk. 

Spot foto menawan

spot foto taman batu cijanun

Tidak hanya cocok dijadikan tempat refreshing, Taman Batu juga cocok bagi anda yang mempunyai hobi berburu spot foto. 

Taman Batu memiliki beberapa area yang cocok untuk dijadikan sebagai spot foto. Batu-batu yang ada ditepian kolam selain bisa digunakan untuk tempat duduk juga bisa dijadikan tempat berfoto dengan background kolam renang dan indahnya pepohonan. 

Tersedia penginapan dan tempat camping

Wisata Taman Batu Cijanun menyediakan fasilitas berupa penginapan untuk pengunjungnya yang ingin merasakan sensasi bermalam disini. 

Disini tersedia satu saung dengan satu kamar yang terletak didalam area Taman Batu dan satu rumah dengan dua kamar yang lokasinya 300 meter dari Taman Batu.
Berikut adalah harga sewanya:
  • Saung : Rp 300.000/malam
  • Rumah : Rp 500.000/malam

Fasilitas

Taman Batu menyediakan fasilitas yang bisa dibilang memadai. Pengunjung juga bisa menemui aneka sajian hidangan seperti Sate Maranggi yang merupakan makanan khas Purwakarta. Berbagai fasilitas utama dan pendukung sudah tersedia disini.
Berikut ini adalah daftar fasilitas nya:
  • Area parkir
  • Toilet
  • Tempat bilas dan ruang ganti
  • Saung 
  • Pendopo

Lokasi 

Lokasi Taman Batu berada di lereng kaki Gunung Burangrang atau lebih tepatnya di Jalan Cijanun, Cipeundeuy, Bojong, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. 

Apabila anda tidak mengetahui rute perjalanan ke Taman Batu maka sebaiknya gunakanlah google maps sebagai penunjuk arah jalan.


Demikianlah informasi mengenai Taman Batu Cijanun Purwakarta, semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini. Sekian dan terimakasih.