15 Tempat Wisata Alam di Semarang Yang Wajib Untuk Kamu Kunjungi

Nah pada artikel ini saya akan berbagi informasi mengenai beberapa tempat wisata alam di Semarang yang wajib untuk anda kunjungi ketika berlibur ke Se
Sebagai Ibukota Provinsi Jawa Tengah, Semarang menghadirkan banyak sekali destinasi wisata alam dan buatan yang bagus dengan keunikannya masing-masing.

Banyaknya destinasi wisata di Semarang membuat pengunjung yang datang untuk berlibur tidak hanya dari dalam kota saja, melainkan banyak juga yang datang dari luar Kota Semarang. 

Tidak hanya destinasi wisata buatannya saja yang terkenal, untuk destinasi wisata alam di Semarang juga tidak kalah populernya lantaran menyuguhkan panorama alam yang indah.

Apakah anda mulai penasaran dengan destinasi wisata alam apa saja yang ada di Semarang?

Nah pada artikel ini saya akan berbagi informasi mengenai beberapa tempat wisata alam di Semarang yang wajib untuk anda kunjungi ketika berlibur ke Semarang.

Brown Canyon

brown canyon semarang


Wisata alam di Semarang pertama yang dapat menjadi pilihan untuk anda kunjungi adalah Brown Canyon. Disini anda akan menyaksikan keindahan dua tebing yang terlihat sangat bagus.

Tebing ini tidak terbentuk secara alami melainkan oleh tangan manusia. Dahulunya daerah ini merupakan tempat pertambangan  kapur yang kemudian menyisakan dua tebing dengan bentuk bagus tanpa disengaja.

Bagi anda yang suka berswafoto maka anda wajib banget untuk datang kesini. Karena anda bisa berfoto dengan latar belakang tebing yang sangat mempesona. Pasti foto yang dihasilkan akan sangat aesthetic.

Untuk bisa kesini anda perlu tidak mengeluarkan biaya sepeserpun karena tidak ada biaya tiket masuk.

  • Alamat : Rowosari, Kec. Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah
  • Jam buka : 24 jam
  • Harga tiket masuk : Gratis


Puncak Lereng Kelir

puncak lereng kelir semarang


Puncak Lereng Kelir bisa menjadi pilihan yang sangat tepat bagi anda yang ingin melihat keindahan Kota Semarang dan sekitarnya dari ketinggian.

Objek wisata ini menyediakan fasilitas berupa gardu pandang yang dapat anda gunakan untuk menikmati keindahan alam dari Puncak Lereng Kelir.

View ketika malam hari juga tidak kalah dengan pemandangan saat pagi hari. Anda akan disuguhkan gemerlap kelap-kelip lampu Kota Semarang yang menyala.

  • Alamat : Gertas, Brongkol, Kec. Jambu, Semarang, Jawa Tengah
  • Jam buka : 24 jam
  • Harga tiket masuk : Rp 7.000


Umbul Sidomukti

umbul sidomukti semarang


Umbul Sidomukti merupakan destinasi wisata yang letaknya di lereng kaki Gunung Ungaran. Suasana yang dihadirkan wisata ini yaitu sangat sejuk karena lokasinya yang berada di ketinggian 1.200 mdpl.

Salah satu daya tarik wisata bernuansa alam ini adalah terdapat kolam renang dengan air yang sangat jernih khas pegunungan. Kolam renang ini disusun secara bertingkat dengan kedalaman yang berbeda. Pemandangan dari kolam renang Umbul Sidomukti sangatlah eksotis sehingga banyak pengunjung yang memanfaatkanya sebagai spot foto.

  • Alamat : Jimbaran, Semarang, Jawa Tengah
  • Jam buka : 09.00 - 18.00
  • Harga tiket masuk : Rp 5.000 - Rp 10.000


Gunung Ungaran

gunung ungaran semarang


Semarang mempunyai tempat yang cocok bagi anda yang suka dengan kegiatan alam seperti mendaki gunung. Gunung Ungaran sangat cocok untuk para pendaki pemula lantaran ketinggiannya hanya sekitar 2.050 mdpl.

Namun untuk view yang ditampilkan tidak kalah kerennya dengan gunung-gunung di Indonesia lainnya. Jika sedang beruntung, anda dapat melihat lautan awan dan gunung-gunung dari kejauhan. 

Untuk bisa sampai ke puncak Gunung Ungaran memang tidak mudah, namun lelah akibat perjalanan akan terbayar dengan pemandangan yang didapatkan.

  • Alamat : Ungaran Barat, Semarang, Jawa Tengah
  • Jam buka : 24 jam
  • Harga tiket masuk : Rp 7.000

Hutan Pinus Kayon

hutan pinus kayon semarang


Hutan Pinus Kayon menawarkan suasana yang sangat sejuk lantaran kawasan wisata ini dikelilingi oleh pepohonan pinus. Destinasi wisata ini sangat cocok untuk anda yang mencari ketenangan.

Salah satu keunikan di tempat wisata Semarang ini yaitu terdapat satu pohon pinus yang batangnya bengkok. Dari banyaknya pepohonan yang terdapat disini, anda akan heran dan penasaran dengan bentuk batang pinus yang bengkok.

  • Alamat : Dusun Krangkeng, Desa Batur, Getasan, Kabupaten Semarang
  • Jam buka : 08.00 – 17.30
  • Harga tiket masuk : Rp 5.000


Cemoro Sewu Sepakung

cemoro sewu semarang


Meskipun lokasinya berada di Desa Jengkol, di kawasan wisata ini tidak terdapat pohon jengkol lho ya.

Cemoro Sewu Sepakung merupakan sebuah kawasan hutan pinus dengan pemandangan yang indah dari atas bukit. Berbagai aktivitas menarik bisa dilakukan pengunjung, salah satunya adalah camping.

Tidak hanya itu saja, anda juga dapat melakukan aktivitas lainnya seperti berburu spot foto di beberapa spot yang sudah disediakan oleh wisata ini.

  • Alamat : Desa Jengkol, Sepakung, Banyubiru, Semarang, Jawa Tengah
  • Jam buka : 08.00 - 18.00
  • Harga tiket masuk : Rp 5.000


Gumuk Reco

gumuk reco semarang


Gumuk Reco dapat menjadi destinasi wisata di Semarang yang sangat cocok untuk dikunjungi bagi anda yang suka melakukan kegiatan yang menantang nyali.

Disini anda dapat merasakan sensasi berjalan di sebelah tebing yang terlihat begitu mengerikan. Meskipun takut, anda harus mencoba pengalaman seru yang satu ini lantaran pemandangan yang ditawarkan sangat indah dan alat yang dipakai sudah terjamin keamanannya.

  • Alamat : Jl. Kenongo, Kepil, Sepakung, Banyubiru, Semarang, Jawa Tengah
  • Jam buka : 08.00 - 17.00
  • Harga tiket masuk : Rp. 5.000


Taman Bunga Celosia

taman bunga celosia semarang


Bagi kalangan milenial yang suka foto-foto, Taman Bunga Celosia bisa menjadi pilihan yang sangat tepat. Disini anda akan menemui banyak sekali spot-spot foto kekinian yang dapat anda unggah ke sosial media.

Disini anda dapat melihat aneka macam bunga dari berbagai jenis yang tertata rapi. Banyaknya bunga warna-warni yang bermekaran membuat tempat ini terlihat sangat cantik.

Tempat ini paling cocok untuk dijadikan tempat berlibur bersama keluarga, teman, ataupun pasangan karena lokasinya yang luas dan banyak tempat duduknya.

  • Alamat : Kec. Bandungan, Semarang, Jawa Tengah
  • Jam buka : 07.00 - 16.30
  • Harga tiket masuk : Rp. 5.000

Bantir Hills

bantir hills semarang


Suasana yang ditawarkan Bantir Hills memang hampir sama dengan wisata Puncak Lereng Kelir. Sejauh mata memandang, anda akan disuguhkan dengan perbukitan dan hijaunya pepohonan yang menyejukkan mata.

Untuk menarik minat wisatawan, Bantir Hills menyediakan fasilitas beberapa spot foto kece dengan landskap yang luar biasa.

  • Alamat : Jalan Bantir, Desa, Losari, Sumowono, Bantir, Losari, Sumowono, Semarang, Jawa Tengah
  • Jam buka : 07.00 - 17.00
  • Harga tiket masuk : Rp 10.000


Rawa Pening

rawa pening semarang


Bagi sebagian orang pasti sudah mengetahui tentang objek wisata ini. Sejak dahulu Rawa Pening cukup populer dikalangan masyarakat dan bisa dikatakan sebagai icon wisata Kota Semarang. 

Kondisi Rawa Pening saat ini jauh lebih bagus daripada dahulu karena sudah ada perbaikan dan penambahan beberapa fasilitas. Namun, untuk keindahan Rawa Pening dari dahulu tidak pernah berubah dan masih terjaga keindahannya sampai sekarang.

  • Alamat : Jl. Lingkar Selatan Kilometer 3 Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah
  • Jam buka : 08.00 - 21.00
  • Harga tiket masuk : Rp 5.000


Curug Lawe

curug lawe semarang


Curug menjadi pilihan tempat wisata yang paling tepat untuk menghilangkan stres akibat beban pikiran. Gemercik air terjun mampu membuat siapa saja yang mendengarnya menjadi rileks.

Ternyata Semarang memiliki beberapa tempat wisata air terjun dengan panorama alam yang sangat indah, salah satunya yaitu Curug Lawe. 

Curug Lawe ini mempunyai ketinggian kurang lebih 30 meter dengan kondisi air yang jernih. Air terjun ini dikelilingi oleh hutan dan lereng berbentuk seperti setengah lingkaran yang membuat Curug Lawe terlihat sangat eksotis. 

  • Alamat : Kalisidi, RT.01 / RW.06, Ungaran Barat, Semarang, Jawa Tengah
  • Jam buka : 08.00 - 14.00
  • Harga tiket masuk : Rp 10.000

Air Terjun Kali Pancur

air terjun kali pancur semarang


Panorama keindahan Air terjun Kali Pancur tentunya tidak kalah bagus dengan Curug Lawe. Air terjun ini letaknya berada di lereng kaki Gunung Telomoyo. 

Bisa dibilang air terjun ini salah satu air terjun tertinggi di Semarang karena ketinggiannya yang mencapai 100 meter. Dari kejauhan saja anda sudah dapat melihat keindahan Air Terjun Kali Pancur yang sangat tinggi.

Jangan lupa untuk membawa hp ataupun kamera, karena tempat wisata ini menyediakan spot-spot foto yang sangat sayang untuk dilewatkan. 

  • Alamat : Desa Nogosaren, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah
  • Jam buka : 08.30 - 17.00 
  • Harga tiket masuk : Rp 5.000


Candi Gedong Songo

candi gedong songo semarang


Jika Yogyakarta memiliki Candi Prambanan dan Candi Borobudur. Nah di Semarang juga terdapat candi yang bernama Candi Songo.

Candi Songo ini sudah ada sangat lama sejak pada masa penjajahan Belanda. Saat berkunjung kesini anda tidak hanya dapat menikmati pemandangannya saja melainkan anda juga dapat belajar tentang sejarah.

Meskipun namanya Candi Gedong Songo yang berarti candi gedong sembilan, untuk jumlah keseluruhan candi yang terdapat disini hanya ada lima. Candi ini masuk kedalam kategori destinasi wisata populer di Semarang lantaran keindahan panorama yang ditawarkan.

  • Alamat : Dusun Darum, Krajan, Candi, Kec. Bandungan, Semarang, Jawa Tengah 50614
  • Jam buka : 06.00 - 18.00
  • Harga tiket masuk : Rp 10.000


Grand Maerokoco

grand maerokoco semarang


Grand Maerokoco merupakan sebuah destinasi wisata gabungan antara wisata alam dan buatan. 

Disini anda akan menjumpai rimbunnya hutan mangrove. Anda dapat berjalan santai menyusuri kawasan hutan mangrove sambil menikmati keindahan dan suasana sekitar. Saat berkunjung kesini, anda bisa juga mencoba wahana permainan air disini.

Tidak hanya hutan mangrove, Tempat wisata ini bisa dibilang sebagai Taman Mini Jawa Tengah karena terdapat sekitar 30 bangunan  rumah tradisional dari berbagai kota dan kabupaten yang ada di Jawa Tengah.

  • Alamat : Jl. Puri Anjasmoro, Tawangsari, Kec. Semarang Barat, Kota Semarang, Jawa Tengah
  • Jam buka : 07.00 - 18.00
  • Harga tiket masuk : Rp 15.000

Pantai Marina

pantai marina semarang


Pantai Marina menyuguhkan pemandangan yang indah apalagi jika waktu  sore hari pada saat matahari mulai terbenam. Pantai ini menjadi salah satu tempat yang paling tepat untuk menikmati sunset di kawasan Kota Semarang.

Berbagai aktivitas menarik bisa anda lakukan saat berlibur kesini seperti menikmati pemandangan pantai dan berkeliling menaiki kapal. Anda juga wajib untuk mencoba olahan masakan seafood dengan rasa lezat yang dijual disekitar pantai ini.

  • Alamat : Tawangsari, Kota Semarang, Jawa Tengah
  • Jam buka : 05.00 - malam
  • Harga tiket masuk : Rp 5.000

Demikianlah informasi lengkap seputar rekomendasi tempat wisata alam di Semarang yang dapat menjadi pilihan untuk anda kunjungi ketika hari libur.