Lokasi dan Harga Tiket Masuk Air Terjun Ngelo, Surga tersembunyi di Gunung Kidul

Yuk, simak informasi lengkap mengenai Air Terjun Ngelo mulai dari sejarah, daya tariknya, lokasi hingga harga tiket masuknya pada berikut ini.
Gunung Kidul selalu mempunyai potensi wisata yang luar biasa terutama pada wisata alamnya. Pada artikel ini saya akan membagikan informasi mengenai salah satu wisata alam di Gunung Kidul dengan potensinya yang bagus. Destinasi wisata yang dimaksud yaitu Air Terjun Ngelo. 

Air terjun ini kerap dikenal sebagai surga tersembunyi di sisi utara Gunung Kidul. Hal ini dikarenakan, keindahan yang dimiliki air terjun ini memang tidak bisa dipungkiri. 

air terjun ngelo


Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter. Gemerciknya air jernih yang berjatuhan dari atas tebing membuat siapa saja yang melihatnya ingin merasakan kesegarannya.

Bagaimana apakah anda tertarik untuk mengunjungi surga tersembunyi ini?

Yuk, simak informasi lengkap mengenai Air Terjun Ngelo mulai dari sejarah, daya tariknya, lokasi hingga harga tiket masuknya pada berikut ini.

Sejarah Air Terjun Ngelo

Air Terjun Ngelo sebenarnya sudah ada sejak lama, namun belum terkenal lantaran lokasinya yang tersembunyi dan belum terekspos. Sehingga hanya masyarakat sekitar Kecamatan Semih saja yang mengetahui keberadaan air terjun ini.

Melihat potensi yang terdapat pada air terjun ini, warga setempat bekerjasama dengan taruna menjadikan air terjun ini sebagai sebuah destinasi wisata baru di Gunung Kidul. 

Air terjun yang dahulunya yang susah diakses dan belum terdapat fasilitas. Kini sudah dibuatkan jalan sehingga menjadi mudah diakses serta tersedia fasilitas seperti beberapa warung yang menjual makanan. Semua fasilitas tersebut merupakan keberhasilan atas kerjasama antara warga setempat dan taruna.

Dengan seiring berjalannya waktu, pengunjung mulai berdatangan ke tempat wisata ini dan menjadi viral di media sosial lantaran banyak pengunjung yang mengunggah foto dirinya saat berlibur ke air terjun ini. 

Daya tarik

air terjun ngelo gunung kidul


Salah satu alasan yang menjadikan wisatawan tertarik untuk berkunjung kesini adalah karena keindahan yang dimiliki oleh tempat ini. Disini anda dapat melihat indahnya air terjun dan bebatuan sungai yang terlihat sangat eksotis. 

Suasana disini sangat asri karena masih terdapat banyak pepohonan rimbun yang mengelilinginya. Dibawah air terjun terdapat sebuah kolam alami dengan air yang jernih dan tidak terlalu dalam, sehingga aman untuk berenang anak-anak dan orang dewasa.

Tempat ini sangat cocok untuk dikunjungi bagi anda yang suka foto-foto. Air terjun ini dapat menjadi sebuah background foto yang bagus dan instagrammable.

Untuk dapat menyaksikan kecantikan air terjun, anda harus berjalan kaki terlebih dahulu sekitar 300 meter dari tempat parkir. Perjalanan menuju air terjun sangat seru karena anda akan melewati 1 hingga 2 tanjakan dan turunan. Dijamin lelah akibat perjalanan akan terbayar dengan melihat keindahan air terjun tersembunyi ini.

Harga tiket masuk

Untuk saat ini tidak ada biaya tiket masuk untuk dapat menikmati keindahan dan fasilitas air terjun ini. Namun, pengunjung hanya perlu membayar parkir kendaraan pribadi saja.

Jam buka

Wisata baru ini buka setiap hari mulai pukul 07.00-17.00 WIB. Waktu yang paling tepat untuk berkunjung kesini adalah pada saat pagi dan siang hari.

Fasilitas

Karena masih termasuk objek wisata baru, untuk fasilitas yang disediakan tempat ini masih berupa fasilitas umum saja seperti area parkir, toilet, dan warung.

Lokasi

Lokasi Air Terjun Ngelo berada di Pundungsari, Ngepoh, Semin, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat Kota Wonosari atau Kota Kabupaten Gunungkidul, karena hanya memerlukan waktu sekitar 45 menit menggunakan kendaraan pribadi.


Demikianlah informasi lengkap mengenai Air Terjun Ngelo di Gunung Kidul. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan jangan lupa membagikannya kepada keluarga ataupun teman anda.