Pemandian Air Panas Ciseeng (Gunung Panjang), Apakah Rekomended Dikunjungi?

Pemandian Air Panas Gunung Panjang atau yang biasa dikenal dengan Pemandian Air Panas Ciseeng merupakan sebuah tempat wisata di Bogor.
Pada artikel kali ini saya akan membahas Informasi lengkap mengenai salah satu destinasi wisata di Bogor yaitu Pemandian Air Panas Ciseeng (Gunung Panjang).

pemandian air panas ciseeng gunung panjang bogor
intagram.com/epitantasitepu

Pemandian Air Panas Gunung Panjang atau yang biasa dikenal dengan Pemandian Air Panas Ciseeng merupakan sebuah tempat wisata yang menyediakan fasilitas berupa kolam renang air panas yang mengandung zat belerang yang bagus untuk kesehatan tubuh.

Air panas belerang memiliki manfaat yang cukup banyak seperti memperlancar sirkulasi darah, meredakan kelelahan, dan menyembuhkan masalah kulit. Sehingga tidak hanya refreshing, anda juga mendapatkan manfaat untuk kesehatan tubuh.


Lokasi

Lokasi Pemandian Air Panas Ciseeng (Gunung Panjang) berada di seberang objek wisata Tirta Sanita. Untuk alamat lengkapnya yaitu di Jl. Raya Ciseeng, Bojong Indah, Kec. Parung, Bogor, Jawa Barat. 


Harga tiket masuk

Untuk harga tiket masuk pada pintu utama yaitu Rp 10.000 per orang. Nah, jika anda ingin berenang di kolam terbuka maka anda dikenai biaya tiket tambahan sebesar Rp 10.000 per orang. Anda juga perlu membayar parkir kendaraan pribadi yang anda gunakan.


Jam buka 

Pemandian air panas di Bogor ini buka setiap hari Senin-Minggu mulai dari pagi hingga sore hari.


Fasilitas

Untuk fasilitas yang disediakan tempat wisata ini bisa dibilang memadai. Tersedia beberapa fasilitas umum yang dapat digunakan. Berikut ini adalah beberapa fasilitasnya:
  • Area parkir
  • Kolam air panas
  • Toilet
  • Warung

Pemandian Air Panas Ciseeng (Gunung Panjang) Apakah Rekomended Untuk Dikunjungi?


Jika melihat dari komentar netizen yang pernah berkunjung ke tempat ini, mereka banyak yang mengeluh dan kecewa karena tidak sesuai dengan ekspektasi. 

Mereka mengira pemandian Air Panas Ciseeng Bogor ini sesuai dengan yang ditampilkan di sosial media. Namun, pada saat datang ke tempat ini ternyata berbeda dengan yang ada di postingan sosial media.

Banyak pengunjung yang mengeluh tentang adanya pemungutan liar. Banyak oknum yang sengaja melakukan penarikan uang kepada pengunjung yang akan datang kesini dengan jumlah nominal yang cukup tinggi.

Tidak hanya itu, meskipun fasilitas yang disediakan tempat ini memadai. Namun, untuk kelayakannya belum terjamin. Bahkan ada pengunjung yang mengatakan bahwa untuk duduk di tikar saja pengunjung perlu membayarnya. Maka sebaiknya sebelum duduk akan lebih baik jika bertanya dahulu.

Meskipun demikian, pengunjung masih dapat merasakan sensasi berendam di air hangat dengan latar pesona alam yang indah dari ketinggian. Pada saat berendam jangan lupa untuk mengoleskan lumpur belerang ke tubuh yang mempunyai manfaat untuk mengelupaskan kulit mati serta membunuh jamur dan bakteri.

Untuk dapat sampai ke kolam maka pengunjung diharuskan untuk berjalan kaki terlebih dahulu menaiki anak tangga seperti mendaki gunung dari tempat parkir. Mungkin anda akan capek karena harus jalan dahulu, akan tetapi lelah akibat perjalanan akan terbayar dengan berendam di kolam air panas. 

Pemandangan yang ditawarkan pun cukup indah. Anda dapat melihat pepohonan hijau serta perumahan warga setempat dari tempat ini. Anda juga masih bisa naik ke puncak Gunung Panjang dari tempat ini untuk melihat keindahan dari atas puncak.

Mungkin saran untuk pengelola wisata pemandian air panas ini adalah lebih memperhatikan kenyamanan pengunjungnya. Perbaiki fasilitas yang belum terjamin kelayakannya, tambah fasilitas yang belum ada, dan berhentikan pemungutan liar supaya pengunjung tidak kecewa saat berkunjung kesini.

Jadi, wisata pemandian ini sangat direkomendasikan jika ditunjang dengan fasilitas yang memadai dan terjamin kelayakannya.

Demikianlah informasi mengenai Pemandian Air Panas Ciseeng (Gunung Panjang). Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini supaya orang lain menjadi tahu tentang tempat ini.



Bermanfaat bagi orang lain merupakan salah satu tujuanku