Curug Batu Templek, Harga Tiket Masuk dan Tips Berkunjung

Pada kali ini saya akan bagi informasi mengenai Curug Batu Templek mulai dari lokasi, htm, jam buka, fasilitas, dan aktivitas yang dapat dilakukan.
Air terjun  Batu Templek sangat terkenal sebagai tempat kesukaan para penggemar berolahraga bersepeda untuk menghabiskan waktu berliburnya. Tidak cuma masyarakat Bandung, baik turis lokal ataupun mancanegara banyak yang berbondong- bondong ke air terjun ini. Mereka menjadikan curug ini sebagai salah satu tempat yang instagramable lantaran memiliki pemandangan yang indah.

curug batu templek
sumber: @herlinare

Sebagai tempat wisata yang baru terekspos, Curug Batu Templek masih kurang dengan sarana wisatanya. Di kawasan air terjun ini cuma ada area parkir dan warung yang dapat Kamu pakai untuk keperluan tempat menyantap makanan serta minuman. Tersedia juga wc, musola dan saung untuk istirahat.

Pada kali ini saya akan bagi informasi mengenai Curug Batu Templek mulai dari lokasi, htm, jam buka, fasilitas, dan aktivitas yang dapat dilakukan.

Keindahan Curug Batu Templek

Curug Batu Templek mempunyai ketinggian 52 m. Sudah dapat dipastikan curug ini menyimpan keelokan tersendiri yang berbeda dengan air terjun lainnya.

Tampak dari jauh, air terjun ini begitu eksotis dan luar biasa. Terlebih lagi aliran air curugnya sangat jernih serta bersih. Aliran airnya berasal dari sungai yang terletak di atasnya dan terpecah menjadi beberapa aliran.

Saat berkunjung ke air terjun ini, anda dapat menyaksikan keindahan alam yang sangat indah serta merasakan suasana sekitar yang masih asri dan alami.

Keunikan Curug Batu Templek merupakan lokasinya yang terletak di tengah areal penambangan batu. Panorama alam dari tempat ini yang paling utama adalah lapisan serta warna tebing bebatuannya yang kekuning- kuningan menjadikan wisatawan tertarik datang kesini. 

dikisahkan dari sejarah cekungan Bandung era dahulu kala. Sebagian bebatuan yang terdapat di sini terbentuk sudah dari jutaan tahun yang lalu.

Dinamakan batu templek sebab tipe batunya menyamai lempengan yang tipis. Batu templek sering dimanfaatkan sebagai bahan material dalam pembuatan bangunan.

Pemakaian batu templek memberikan kesan alami pada rumah serta terlihat semacam menyatu( templek) pada dinding yang ditempelinya. Dinding batu templek ini mempunyai karakter serta warna yang sesuai untuk konsep rumah minimalis.

Wisatawan yang tiba ke curug ini tidak cuma bisa menikmati keelokan alamnya saja, namun bisa memanjat tebing setinggi 54 m. Posisi tebingnya tidak jauh dari kawasan curug. Tidak sedikit wisatawan yang ke tempat ini dengan bersepeda sembari menikmati keelokan air terjunnya.

Daya Tarik Curug Batu Templek

Dahulu dikenal dengan julukan Curug Batu Cisanggarung, curug yang terletak di tengah area penambangan batu ini menawarkan panorama alam tebing bebatuan kekuning- kuningan yang eksotis nan menawan. Tipe bebatuan metamorf yang terdapat di tebing tersebut tercipta akibat aspek pergantian tekanan hawa bersuhu besar yang ada dalam perut bumi. Bebatuan tersebut diberi nama batu templek sebab jenisnya menyamai lempengan yang tipis.

Sedangkan penyebabnya destinasi wisata curug di Bandung tersebut dinamai Curug Batu Templek merupakan sebab tumpukan tebing batu yang dialiri air dari sungai di atasnya. Tidak heran banyak wisatawan yang bakal terpesona dengan keelokan panorama alam tebing bebatuannya. Keberadaan batu alam templek di Air Terjun Batu Templek tidak dapat lepas dari sejarah Cekungan Bandung semenjak zaman purbakala dahulu yang juga terikat dengan keberadaan Sanghyang Tikoro dan Sanghyang Heuleut.

Aktifitas Seru Yang Bisa Dilakukan

Aktivitas seru apa saja yang dapat dilakukan di Curug Batu Templek? Tentu saja menikmati panorama alam indah tebing bebatuan diiringi aliran air terjun yang jernih. Tetapi bukan hanya itu saja lho, kalian juga dapat mengabadikan kenangan berharga kalian sambil berselfie di dekat air terjun.

Berburu spot foto

spot foto curug batu templek
sumber: @ahmd_salman17

Entah kalian berselfie buat kepentingan individu ataupun selaku juru foto handal, posisi wisata Curug Batu Templek yang berlatar belakang pegunungan dengan hiasan tebing batu merupakan tempat sempurna serta terbaik buat mengabadikan keelokan pesonanya. Kalian bakal berasa terletak di pegunungan dengan tebing bebatuan cadas di sekelilingnya.

Bersepeda Santai Sembari Menikmati Panorama Indah

bersepeda di curug batu templek
source: @bandungfotografer

Kalian pula dapat bersepeda santai sambil menikmati pesona keelokan alam air terjun dengan air yang keluar dari sela bebatuan. Pasti bakal terasa eksotis serta romantis bukan? Nah, buat kalian yang ingin uji nyali juga dapat coba panjati tebing bebatuan tersebut lho. Tetapi pasti saja harus tetap ekstra hati- hati ya, jangan sembarangan dicoba terlebih jika kalian belum berpengalaman.

Harga Tiket Masuk

Seperti yang kamu tahu, wisata ini masih tergolong baru, saat ini curug ini lagi dikelola oleh masyarakat setempat. Supaya dapat masuk ke lokasi wisata, umumnya hendak dikenakan tarif antara Rp 5.000 - Rp 10.000. Tarif ini berlaku di hari biasa serta dirangkap sekalian dengan biaya parkir.

Pada hari minggu, umumnya dikenakan tarif ganda, tiket masuk serta biaya parkir.

Jam buka

Jika tertarik untuk mengunjunginya, wisatawan dapat datang kesini tiap hari Senin sampai Minggu mulai dari pukul 05.00 hingga 18.00.

Kalian dapat memilih untuk merasakan air terjun ataupun menikmati sunset dan sunrise. Nikmati pula spot- spot terbaik di curug ini serta buat kenangan wisata yang berkesan dan tidak bakal terlupakan bersama teman ataupun keluarga apalagi pendamping.

Lokasi

Curug batu templek ini berlokasi di Kampung Cisanggarung, Desa Cikadung, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Letak wisata ini tidak jauh dari pusat kota. Jaraknya kurang lebih 11 Kilometer dari Pusat Kota Bandung. Bila dalam kondisi lancar, kalian cuma butuh waktu satu jam untuk bisa sampai ke letak wisata alam curug batu templek

Rute Perjalanan

Untuk rute perjalanan menuju Curug Batu Templek terbilang cukup untuk dijangkau. Apabila berangkat dari stasiun Bandung, silahkan ambil stasiun Timur, setelah itu mengarah Jl. perintis kemerdekaan.

Ikuti lurus terus jalan tersebut hingga menemukan pertigaan, ambil belokan ke kiri mengarah Jl. Wastukancana.

Pada saat sampai di perempatan jalan Aceh, belok kanan. Lurus serta ikuti Jl. Aceh hingga sampai ke jalur halaman pramuka. Hingga di pertigaan rumah makan ayam tangkap makmur, belok kiri. Setelah itu,  kalian hampir sampai ke lokasi wisata.

Melewati Jl. Jendral Ahmad Yani  yang mengarah ke Jl. A. H Nasution sampai ke jalan pasir Impun. Dengan demikian, anda sudah sampai ke wisata air terjun ini.

Tips Liburan di Curug Batu Templek

Saat berkunjung ke wisata curug, ada hal wajib yang harus di perhatikan yaitu arus air. Sangat untuk disarankan tidak datang ke curug pada musim hujan karena airnya yang deras. Warna air berubah menjadi kecoklatan dan bebatuan disekitarnya menjadi sangat licin.

Akan tetapi hal tersebut tidak bakal terjadi pada curug batu templek, tidak hanya arus airnya yang lumayan tenang, warna air akan senantiasa berwarna coklat. Airnya yang tidak terlalu dalam menjadikan tempat ini aman untuk dikunjungi. Banyak anak-anak bermain di bawah air terjun sembari beseluncur di atas batu yang licin.

  • Jaga selalu benda bawaan individu kamu masing- masing, jangan meletakkannya di sembarang tempat tanpa pengawasan
  • Jangan mengendarai kendaraan roda 4, melainkan pakai kendaraan roda 2 semacam sepeda maupun motor. Soalnya akses jalur mengarah curug masih licin serta curam diiringi dengan tanjakan
  • Jaga kebersihan di dekat area wisata, jangan membuang sampah sembarangan, akan tetapi pada tempat sampah yang telah disediakan
  • mematuhi peraturan yang sudah di sepakati masyarakat setempat
  • Terdapatnya larangan untuk tidak menghancurkan fasilitas serta tanaman

Demikianlah informasi mengenai Curug Batu Templek di Bandung. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terimakasih atas kunjungannya.