Tanakita Camping Ground, Lokasi dan Aktivitas Yang Dapat Dilakukan

Tanakita Camping Ground merupakan sebuah destinasi wisata di Bogor yang menyediakan area kemah dengan fasilitas yang sangat memadai.
Apakah anda sedang mencari tempat camping di Bogor dengan suasana yang masih alami dan fasilitas yang lengkap? Saya mempunyai rekomendasi sebuah tempat camping yang bernama Tanakita Camping Ground.
 
tanakita camping ground


Tanakita Camping Ground merupakan sebuah destinasi wisata di Bogor yang menyediakan area kemah dengan fasilitas yang sangat memadai. 

Pada saat ngecamp disini, anda akan disuguhkan pemandangan alam yang indah dengan suasana sejuk khas pegunungan. Selain itu, tempat ini aman untuk melakukan kegiatan menjelajah alam.

Tempat camping di Bogor ini terletak di kaki gunung Gede Pangrango dan berada di ketinggian 1.100 mdpl sehingga suasananya sangat sejuk. Pastikan jangan sampai lupa untuk membawa jaket agar tidak kedinginan. 

Selain terletak di kaki gunung Gede Pangrango, Tanakita Camping Ground juga berbatasan dengan Situgunung, Sukabumi, dan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Tempat ini bisa menjadi pilihan yang sangat tepat untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga, teman, maupun kerabat. Hal ini dikarenakan, anda dapat melakukan berbagai aktivitas menarik yang berhubungan dengan kegiatan alam. 

Aktivitas yang dapat dilakukan di Tanakita Camping Ground


Selain menikmati pemandangan alam, terdapat beberapa aktivitas seru lainnya yang membuat pengunjung semakin tertarik untuk berkunjung kesini. Berikut ini adalah beberapa aktivitas yang dapat dilakukan.

Menjelajah hutan

menjelajah hutan tanakita camping ground

Aktivitas seru pertama yang dapat dilakukan adalah dengan menjelajah hutan. Anda dapat merasakan keseruan berjalan kaki menyusuri hutan menuju sebuah danau atau air terjun yang berada di sekitar kawasan camping ground ini. 

Perlu diketahui untuk bisa sampai ke tempat tujuan, anda harus menempuh perjalanan dengan medan jalan yang cukup berat dan cukup memakan banyak tenaga. Akan tetapi, lelah akibat perjalanan akan terbayar dengan keindahan alam yang sangat mempesona. 

Mengamati satwa alam

satwa alam tanakita camping ground

Karena tempat ini masih sangat alami, anda akan menjumpai banyak sekali satwa yang ada disekitar kawasan tempat ini seperti kera, burung, tupai, rusa, dan masih banyak lainnya. Mengamati satwa alam merupakan sebuah pengalaman yang sangat menyenangkan. Karena dengan mengamati, anda bisa belajar tentang hewan yang ada disini.

Flyingfox

Tempat ini juga menyediakan berbagai wahana permainan yang menyenangkan dan menantang adrenalin. Bagi anda yang suka dengan tantangan, anda bisa mencoba sensasi meluncur dari ketinggian dengan menaiki wahana flyingfox. Pemandangan yang ditawarkan sangat meluncur juga tidak kalah kerennya. 

River Tubing

river tubing tanakita camping ground

Bagi anda yang belum tahu, River Tubing merupakan sebuah kegiatan yang mirip dengan olahraga arus deras lainnya seperti arung jeram. Anda akan menaiki sebuah perahu yang akan melewati berbagai jeram dengan arus sungai yang deras. 

Paintball

Paintball merupakan sebuah simulasi peperangan yang menggunakan pistol sebagai senjata utamanya. Namun, anda tidak perlu takut karena peluru yang digunakan terbuat dari bahan yang aman dan tidak bahaya. Paintball menjadi wahana yang sangat cocok bagi anda yang suka perang-perangan. Anda bisa melatih kemampuan menembak dan merancang strategi yang ampuh untuk dapat mengalahkan musuh.

Api unggun

Api unggun merupakan sebuah aktivitas yang tidak dapat ditinggalkan dalam kegiatan camping. Kayu yang disusun lalu dibakar, mampu menghangatkan suasana di sekitar Tanakita  yang dingin. Saat melakukan kegiatan api unggun, semua orang berkumpul disekitar api unggun untuk menghangatkan badan. Suasana inilah yang mampu membuat kegiatan camping menjadi meriah.


Fasilitas

Untuk fasilitas yang disediakan oleh tempat ini bisa dibilang sangat memadai. Berbagai fasilitas utama dan penunjang tersedia disini. Berikut ini adalah beberapa fasilitasnya:
  • Area parkir yang luas
  • Kantor dan information center
  • Perlengkapan camping (tenda, kasur, bantal, sleeping bag, pencahayaan, dan listrik)
  • Toko penjual bahan makanan dan perlengkapan camping
  • Camping ground
  • Cafe/restaurant
  • Aula
  • Spot pemandangan menghadap bukit dan hutan

Lokasi

Lokasi Tanakita Camping Ground berada di Jl.Kadudampit Km.09, Desa Gede Pangrango, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat. Untuk bisa sampai kesini, anda bisa menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.

Rute perjalanan


Dari arah Jakarta
Setelah keluar dari Tol Jagorawi pintu Tol Ciawi,  Pilih jalur sebelah kiri yang mengarah ke Sukabumi, kemudian masuk ke Jalan. Ruas Bogor– Sukabumi. Lanjutkan perjalanan sampai ke pertigaan Polsek Cisaat. Setelah itu belok kiri di pertigaan Polsek Cisaat menuju Jalan Kadudampit. teruskan perjalanan hingga sampai di pintu gerbang Halaman Nasional Gunung Gede Pangrango, setelah itu belok kiri mengarah Danau Situgunung, kurang lebih 100m dan pintu masuk Tanakita terdapat di sebelah kiri.

Dari arah Bandung
Jika dari Bandung perjalanan dilanjutkan ke arah Cianjur, kemudian simak petunjuk arah yang mengarah ke Sukabumi. setelah masuk  area Sukabumi perjalanan diteruskan ke arah Bogor sampai Cisaat, setelah itu belok kanan di pertigaan Polsek Cisaat menuju Jalan Kadudampit. Lanjutkan perjalanan hingga datang di pintu gerbang Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, setelah itu belok kiri mengarah arah Danau Situgunung, kurang lebih 100m pintu masuk Tanakita terdapat di sebelah kiri.

Wisata yang dekat dengan Tanakita

Saat camping disini, anda juga bisa berkunjung ke destinasi wisata yang berada di sekitar tempat ini. Berikut ini adalah beberapa wisata yang dekat dengan Tanakita:
  • Danau Situ Gunung
  • Jembatan Gantung Situ Gunung
  • Curug Sawer
  • Air Terjun Cimanaracun

Demikianlah informasi lengkap mengenai Tanakita Camping Ground. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya.