Cara Mempercepat WiFi Indihome Termudah

Berikut ini adalah informasi mengenai penyebab koneksi internet lemot dan cara mempercepat WIFI Indihome dengan mudah
Tidak sedikit pengguna WiFi Indihome yang mengeluh dengan koneksi kecepatan internet yang lemah. 

cara mempercepat wifi indihome

Pada awal pemasangan wifi Indihome, kecepatan internetnya stabil namun lama kelamaan koneksi internetnya menjadi lemah dan lemot.

Jika anda mengalami masalah yang sama seperti diatas, pastinya cukup kecewa karena kegiatan berseluncur di internet anda menjadi terganggu.

Sebenarnya apa sih yang menyebabkan koneksi WiFi indihome lemot? lalu bagaimana cara mengatasi atau mempercepatnya?

Berikut ini adalah informasi mengenai penyebab koneksi internet lemot dan cara mempercepat WIFI Indihome dengan mudah.

Penyebab Koneksi Internet WiFi Indihome Lemot

Untuk bisa mengatasi kecepatan internet WiFi Indihome yang lemot, anda harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Berikut ini adalah beberapa penyebabnya.

Perangkat yang digunakan eror atau rusak

Salah satu hal yang menyebabkan WiFi lemah adalah terjadinya kerusakan atau eror pada perangkat yang digunakan seperti router dan kabel fiber optik. 

Rusaknya perangkat yang digunakan bisa mengakibatkan kecepatan internet menjadi lemot. Maka dari itu, pastikan perangkat seperti kabel, router, dan fiber optic masih dalam keadaan baik.

Apabila terjadi kerusakan pada perangkat yang digunakan maka anda bisa meminta ganti perangkat baru pada pihak indihome.

Letak penempatan router yang salah

Posisi penempatan router wifi indihome yang tidak benar juga bisa menyebabkan internet menjadi lemot. 

Sebaiknya letakkan router pada posisi yang dekat dengan anda sehingga koneksi internet menjadi cepat karena dekat dengan jangkauan anda.

Terlalu banyak pengguna WiFi

Hal yang menyebabkan WiFi lemot selanjutnya adalah karena terlalu banyak pengguna jumlah WiFi indihome. 

Banyaknya jumlah pengguna yang terhubung dengan WiFi, maka akan mengakibatkan perangkat router menjadi terbebani. Sehingga anda harus seringkali mengecek berapa pengguna yang terhubung  dan melakukan pembatasan pengguna.

Melebihi batas FUP

Meskipun WiFi indihome unlimited namun ternyata terdapat batasan penggunaan internet wajar atau yang biasa disebut FUP.

Untuk paket indihome 20 Mbps terdapat batasan FUP sebesar 400 GB dalam waktu satu bulan. Sehingga jika dalam waktu pemakaian kurang dari sebulan, anda sudah mencapai batas FUP maka secara otomatis kecepatan internet akan menjadi lemot dengan sendirinya.  

Gangguan pada jaringan

Salah satu hal yang paling banyak dialami pengguna WiFi Indihome adalah adanya gangguan jaringan. 

Gangguan jaringan ini banyak sekali penyebabnya mulai dari maintance server indihome atau terjadi kesalahan teknis yang menyebabkan internet menjadi lemot. Namun, biasanya gangguan jaringan tidak memakan waktu yang cukup lama.

Jika terjadi gangguan jaringan maka anda tidak bisa melakukan apa-apa. Anda hanya bisa bersabar dan menunggu sampai kecepatan internet normal kembali.

Cara Mempercepat WiFi Indihome

Setelah mengetahui hal yang menyebabkan kecepatan WiFi Indihome lemot, terdapat beberapa cara untuk mengatasinya yang bisa anda ikuti. Berikut ini adalah cara-caranya:

Restart router wifi indihome

restart router wifi indihome

Langkah pertama yang bisa anda lakukan dan mudah sekali untuk diikuti adalah me-restart router wifi indihome yang digunakan.

Dengan restart router biasanya akan membantu dalam menghilangkan eror dan sering kali bisa menjadi jalan keluar untuk mempercepat koneksi internet yang lemot.  

Untuk restart router Wifi dapat dilakukan dengan cara menekan tombol ON/OF yang letaknya berada di belakang router.

Atur penempatan router dengan benar

penempatan router yang benar

Peletakan posisi router yang salah juga bisa menjadi faktor penyebab WiFi Indihome lemot. 

Jika anda meletakkan router pada posisi yang jauh dari anda maka smartphone yang anda gunakan tidak bisa menangkap sinyal WiFi dengan penuh sehingga kecepatan internet menjadi lemot.

Maka dari itu, untuk mengatasinya yaitu dengan menempatkan router pada posisi yang dekat dengan tempat anda.

Menggunakan WiFi repeater

wifi repeater

Jika anda tidak bisa memindahkan router ke tempat yang lebih dekat dengan posisi anda, maka anda bisa menggunakan cara lainnya yaitu dengan WiFi Repeater.

WiFi Repeater merupakan sebuah perangkat jaringan yang memiliki fungsi untuk memperkuat dan memperluas jangkauan sinyal jaringan agar mencapai tempat yang diinginkan.

Batasi jumlah pengguna WiFi

Banyaknya jumlah pengguna yang terhubung ke WiFi tentunya akan membuat router yang anda gunakan terbebani karena harus membagi-bagi jaringan ke banyak pengguna WiFi sekaligus.

Router yang digunakan tentunya mempunyai batasan dalam menampung jumlah pengguna sekitar 25 orang. Jika melebihi batasan maka koneksi internet menjadi lemah atau lemot.

Untuk cara mengatasinya yaitu dengan membatasi jumlah pengguna yang terhubung dengan WiFi. Anda bisa melakukan setting pada router.

Hapus cache browser perangkat anda

Bisa jadi hal yang menyebabkan kecepatan internet menjadi lemot bukanlah WiFi Indihome melainkan perangkat smartphone atau komputer yang anda gunakan.

Maka dari itu, disarankan untuk seringkali menghapus cache yang dapat menyebabkan smartphone menjadi berat dan lemot.

Upgrade paket WiFi indihome

upgrade paket wifi indihome

Jika anda sudah mengikuti semua cara yang telah dijelaskan sebelumnya tetapi Koneksi iternet WiFi indihome masih lemot. Maka solusinya adalah meng-upgrade paket WiFi Indihome yang digunakan.

Dengan mengupgrade paket WiFi tentunya kecepatan internet akan bertambah cepat dan batasan FUP menjadi lebih besar. Dengan demikian, anda bisa menjelajahi internet tanpa terganggu dengan sinyal WiFi yang lemot.

Akhir kata

Demikianlah informasi mengenai penyebab koneksi WiFi Indihome lemot dan cara mempercepat WiFi indihome dengan mudah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda dan terimakasih.