Ingin Meluncurkan Produk Baru? Perhatikan 6 Hal Ini

Apakah anda berniat untuk meluncurkan produk baru? Berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum meluncurkan produk terbarunya
Bisnis sudah semakin sukses, Anda mungkin mempertimbangkan untuk meluncurkan produk baru di bulan ini. Namun untuk meluncurkan produk baru ada banyak hal yang harus diperhatikan. Apalagi jika Anda produk tersebut tidak memiliki kemiripan dengan produk sebelumnya. 

Ingin Meluncurkan Produk Baru? Perhatikan 6 Hal Ini

Sebagai pebisnis ada banyak aspek yang harus dipertimbangkan. Anda tak bisa hanya sekedar menciptakan dan memasarkan. Tentu saja tujuannya agar produk yang diluncurkan bisa tetap sukses dan mendongkrak popularitas bisnis. 

Nah, bagi Anda yang masih belum tahu hal apa saja yang harus diperhatikan bisa mencari tahunya di sini. 

6 Hal Penting Saat Anda Ingin Meluncurkan Produk Baru


Menciptakan produk baru melibatkan investasi, ide, pemasaran dan masih banyak lagi. Anda tidak bisa menggunakan cara yang sama persis dengan produk yang sudah dikembangkan sebelumnya. Karena pasar terus berubah tentu Anda harus mengikutinya. 

Jangan sampai Anda menginvestasikan waktu dan uang dalam produk baru yang ternyata tidak memiliki peluang untuk sukses. Berikut ini enam hal yang wajib dipertimbangkan ketika Anda berencana untuk meluncurkan produk baru. 

Sudahkah Anda Riset Pasar? 

Hal pertama yang wajib diperhatikan adalah soal riset konsumen. Anda bisa memanfaatkan kasir online masa kini dari aplikasi Majoo.id yang selama ini sudah digunakan oleh banyak pengguna. Melalui aplikasi kasir terbaik ini Anda bisa tahu bagaimana karakter konsumen dari produk sebelumnya. 

Disinilah Anda perlu mengidentifikasi dan menganalisis apa yang dibutuhkan oleh pasar. Selain menggunakan aplikasi kasir Anda juga bisa memanfaatkan media sosial. Lihatlah bagaimana tanggapan konsumen akan produk serupa yang rencananya akan dibuat. 

Ciptakan Konsep yang Matang

Apabila sudah mantap dengan hasil riset, Anda bisa melanjutkannya dengan menciptakan konsep. Diperlukan konsep yang matang jika Anda ingin mewujudkan ide menjadi kenyataan. Bukan sekedar ide mentah seperti ingin berjualan produk celana jeans. 

Anda harus tahu model seperti apa celana jeans yang dibutuhkan, ukuran, warna, sampai harga dan bagaimana teknik pemasarannya nanti. Buatlah sebuah proposal yang berisi detail produk sampai bagaimana sampai ke tangan konsumen. 

Bagaimana Sistem Produksinya 

Berlanjut pada sistem produksi, Anda harus tahu manakah pabrik yang tepat untuk memproduksi produk tersebut. Atau mungkin Anda berencana untuk membuat produk handmade yang harganya lebih eksklusif. 

Pastikan bahwa hasil produksinya sudah sesuai dengan standar yang Anda butuhkan. Mencari pabrik untuk produksi sama saja seperti mendapatkan supplier. Anda harus tahu berapa maksimal dan minimum pesanan sampai bagaimana lama waktu pengerjaan dan pengiriman. 

Buat Brand yang Unik

Brand adalah daya tarik yang harus dibuat dengan matang. Buatlah brand yang unik dan mudah untuk diingat. Hal ini juga erat kaitannya mengenai cara Anda untuk mempromosikan nantinya. Anda harus memanfaatkan brand sebagai pembeda dengan produk lainnya. 

Kebanyakan konsumen ingin membeli sebuah produk karena nama atau brand. Jadi dengan menciptakan identitas khusus merk Anda akan semakin dikenal. Kemudian buatlah produk mudah ditemukan sehingga orang tak kesulitan untuk membelinya. 

Melakukan Pemasaran yang Tepat

Kini Anda bisa memanfaatkan berbagai macam jenis kanal untuk memasarkan produk. Baik itu pemasaran tradisional maupun online. Anda bisa memanfaatkan peluang untuk memasang iklan dan membuat konten semenarik mungkin. 

Terus ulang teknik pemasaran Anda dan buat agar produk Anda berada di mana-mana. Semakin banyak orang melihatnya tentu akan lebih tertarik untuk membeli. Jika brand Anda saja sudah sulit ditemukan bagaimana konsumen tertarik untuk membelinya nanti? 

Menemukan Media Pemasaran yang Jitu

Di antara semua media pemasaran yang Anda gunakan tentu salah satunya ada yang sangat efektif. Apabila Anda sudah menemukan mana media terbaik, cobalah untuk push melalui media tersebut secara maksimal. 

Contohnya saja jika saat ini media sosial seperti Facebook adalah yang paling banyak diminati, maka aktiflah menggunakannya. Sehingga konsumen yang ikut dalam media sosial tersebut merasa diperhatikan oleh brand Anda. Mereka akan merasa menjadi orang yang spesial. 

Langkah pemasaran yang tepat juga diikuti dengan pelayanan terbaik. Pastikan tim customer service Anda miliki solid dan selalu bergerak cepat membalas chat dari konsumen. Pelayanan juga menjadi salah satu faktor penting untuk pemasaran produk baru. 

Bermanfaat bagi orang lain merupakan salah satu tujuanku