Cara Tarik Siswa Baru Dapodik 2022 Yang Baik dan Benar

Bagi anda yang sedang mencari informasi cara tarik siswa baru dapodik 2022, simak informasi selengkapnya pada artikel ini sampai selesai
Bagi anda yang sedang mencari informasi cara tarik siswa baru dapodik 2022, simak informasi selengkapnya pada artikel ini sampai selesai.

cara tarik siswa baru dapodik 2022

Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini kelulusan bersama di tingkat akhir pada jenjang pendidikan semuanya dilakukan secara otomatis oleh sistem.

Proses kelulusan secara otomatis seperti ini tentunya memudahkan dan mempercepat kinerja satuan pendidikan yaitu operator sekolah. 

Tidak hanya itu, manfaat lainnya yang akan didapatkan adalah mampu mencegah terjadinya kesalahan dalam meluluskan peserta didik.

Meskipun semuanya dilakukan secara otomatis, namun satuan pendidikan masih bisa berkoordinasi dengan dinas pendidikan dengan tujuan untuk melakukan pengajuan pembatalan kelulusan yang dinyatakan tidak lulus.

Namun hal yang harus dipahami adalah untuk Proses Tambah Peserta Didik atau Tarik Peserta Didik Baru pada aplikasi Dapodik 2022 dilakukan dengan online dan secara otomatis data peserta didik akan masuk setelah operator sekolah melakukan sinkronisasi dengan pihak dinas pendidikan menggunakan aplikasi Dapodik ini.

Apabila anda tidak mengetahui bagaimana caranya maka tidak perlu khawatir, karena saya akan memberikan informasi cara tarik siswa baru Dapodik 2022 dengan baik dan benar.

Cara Tarik Siswa Baru Dapodik 2022

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk tambah atau tarik siswa baru Dapodik 2022 yang bisa anda ikuti.
  • Langkah pertama, buka browser dan kunjungi situs https://sp.datadik.kemdikbud.go.id/
  • Kemudian klik tombol Login Menggunakan SSO
  • Masukkan username dan password akun Dapodik, lalu klik Masuk
  • Setelah berhasil login, klik menu Aplikasi dan menu icon PD Baru
  • Kemudian akan tampil dua pilihan tarik peserta didik baru yakni Dapodik dan Non Dapodik. Silahkan pilih menu Dapodik karena fasilitas untuk tarik peserta didik berasal dari Kemendikbud/Dapodik
  • Kemudian isi semua data yang diperlukan seperti Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan, Nama Sekolah, dan Tahun Lulus
  • Selanjutnya klik Tampilkan untuk melihat daftar peserta didik beserta tahun lulusnya
  • Silahkan beri tanda centang di sebelah kiri nama peserta didik yang akan ditarik datanya
  • Kemudian klik tombol Daftarkan
  • Setelah itu, maka data peserta didik yang telah ditarik akan masuk setelah aplikasi dapodik di sinkronisasi

Penutup

Bagaimana cukup mudah dilakukan bukan untuk cara tarik siswa baru Dapodik 2022. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda dan terimakasih sudah berkunjung.