Invalid Signature Aplikasi PeduliLindungi, Berikut Cara Mengatasinya

Belakangan ini sepertinya banyak pengguna yang mengalami masalah Invalid Signature pada aplikasi Pedulilindungi
Belakangan ini sepertinya banyak pengguna yang mengalami masalah Invalid Signature pada aplikasi Pedulilindungi. 

invalid signature aplikasi pedulilindungi

Permasalahan ini tentunya membuat pengguna merasa terganggu, lantas bagaimana cara mengatasinya? Simak informasi lengkapnya pada artikel ini sampai sampai selesai.

Aplikasi Pedulilindungi saat ini sangatlah penting untuk dimiliki setiap orang. Hal ini dikarenakan, aplikasi ini dapat memberikan bukti bahwa seseorang telah melakukan vaksin atau belum.

Aplikasi ini digunakan ketika akan masuk ke tempat-tempat umum seperti mall, bandara, ataupun tempat lainnya yang memerlukan scan QR untuk dapat masuk ke tempat tersebut. 

Walaupun anda telah melakukan vaksinasi, namun tanpa menggunakan aplikasi Pedulilindungi, kegiatan anda untuk bisa masuk ke tempat-tempat tertentu mungkin akan terhambat.

Namun siapa sangka, tidak sedikit pengguna aplikasi Pedulilindungi yang mengeluh bahwa aplikasi ini sering terjadi eror dan tidak bisa dibuka.

Hal ini dapat dilihat dari banyaknya review negatif aplikasi Pedulilindungi dari para penggunanya yang berkomentar di google play store ataupun appstore. Bahkan rating aplikasinya hanya mencapai bintang 3.6.

Keluhan yang sering dialami penggunanya yaitu seringkali mengalami masalah eror pada aplikasi Pedulilindungi dan tidak tahu harus melakukan apa.

Hal ini berarti membuktikan bahwa masih terdapat beberapa kekurangan dalam aplikasi Pedulilindungi. Diharapkan nantinya aplikasi ini dilakukan pembaruan agar tidak terjadi masalah lagi.

Invalid Signature Aplikasi PeduliLindungi

Permasalahan yang saat ini sedang banyak dialami oleh para pengguna aplikasi Pedulilindungi yaitu terdapat pesan Invalid Signature.

Permasalahan yang sedang terjadi ini membuat para penggunanya merasa cukup kecewa karena tidak bisa mengakses aplikasi Pedulilindungi seperti biasanya.

Makna atau arti dari masalah Invalid Signature aplikasi Pedulilindungi yaitu terdapat kesalahan internal dalam sistem aplikasi. Jadi, kesalahan ini tidak ada hubungannya dengan pengguna.

Lantas bagaimana cara mengatasi masalah Invalid Signature? Pada kali ini saya akan memberikan informasi cara mengatasinya agar bisa digunakan kembali seperti biasanya.

Cara Mengatasi Invalid Signature Aplikasi PeduliLindungi

Terdapat beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah yang terjadi pada aplikasi ini. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa anda ikuti.

Install Ulang Aplikasi PeduliLindungi

Langkah pertama yang bisa dilakukan yaitu dengan mencopot pemasangan aplikasi Pedulilindungi di ponsel yang anda gunakan.

Setelah itu, buka aplikasi google play store atau appstore untuk menginstal kembali aplikasi Pedulilindungi versi terbaru. 

Kemudian anda bisa menggunakan kembali aplikasinya dan rasakan perbedaannya. Jika masih terjadi eror, maka bisa mengikuti cara selanjutnya.

Hapus Cache Aplikasi PeduliLindungi

Cara yang bisa anda lakukan selanjutnya yaitu dengan menghapus cache yang terdapat pada aplikasi Pedulilindungi. Berikut ini adalah cara menghapus cache di aplikasinya:
  • Langkah pertama, buka pengaturan 
  • Kemudian pilih menu Aplikasi
  • Selanjutnya pilih aplikasi Pedulilindungi
  • Pilih menu Clear Cache & Memory untuk menghapus data cache dalam aplikasi
  • Setelah itu, restart ponsel

Mengunjungi situs Pedulilindungi.id

Apabila telah mengikuti semua cara di atas namun tetap tidak bisa, maka solusi alternatif yang bisa dilakukan yaitu dengan membuka situs resminya untuk mengakses bukti sertifikat vaksin yang anda punya. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:
  • Buka aplikasi browser yang digunakan 
  • Kunjungi situs resmi Pedulilindungi pada berikut https://pedulilindungi.id/
  • Anda bisa mengecek status program vaksinasi dengan mengisi nama, NIK, dan form yang tersedia
  • Jika ingin mengecek sertifikat vaksin, maka bisa dengan cara login terlebih dahulu

Dengan membuka situs Pedulilindungi, anda bisa melihat sertifikat vaksin namun kekurangannya tidak dapat melakukan scan kode QR.

Oleh sebab itu, mungkin solusi yang paling tepat yaitu sabar beberapa saat sampai bisa digunakan normal kembali. Karena kemungkinan invalid Signature pada aplikasi Pedulilindungi terjadi akibat permasalahan sistem.

Akhir kata

Demikianlah informasi menarik mengenai cara mengatasi Invalid Signature Aplikasi PeduliLindungi yang cukup mengganggu. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung.