Aplikasi Pintar Tukar Uang Bank Indonesia (BI)

Aplikasi Pintar Tukar Uang yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia (BI) sangat cocok sekali digunakan untuk anda yang ingin melakukan penukaran uang
Aplikasi Pintar Tukar Uang yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia (BI) sangat cocok sekali digunakan untuk anda yang ingin melakukan penukaran uang rupiah dengan mudah.

aplikasi pintar tukar uang bank indonesia

Hari raya Idul fitri terkenal dengan tradisi berbagi THR berupa lembaran uang kepada keluarga, teman, ataupun kerabat.

Biasanya sebelum lebaran, Bank Indonesia (BI) kerapkali memberikan layanan penukaran uang rupiah baru hampir setiap tahunnya.

Akan tetapi, pada tahun ini Bank Indonesia menghadirkan mekanisme baru untuk bisa menukarkan uang dengan lebih mudah yaitu melalui aplikasi Pintar.

Nah bagi anda yang ingin tahu cara menukarkan uang melalui aplikasi Pintar yang baru dirilis oleh Bank Indonesia, maka simak informasi lengkapnya pada berikut ini.

Mengenal Aplikasi Pintar Tukar Uang Bank Indonesia (BI)

Aplikasi Pintar Tukar Uang merupakan aplikasi baru yang dirilis oleh Bank Indonesia (BI) dengan tujuan untuk memberikan layanan penukaran uang jauh lebih mudah.

Pada tahun ini, anda bisa melakukan penukaran uang rupiah baru melalui aplikasi Pintar. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir terjadinya antrian panjang menjelang hari raya idul fitri.

Yang perlu dilakukan hanyalah membuka aplikasi Pintar, kemudian memilih lokasi penukaran, waktu, dan jumlah uang yang akan ditukarkan.

Sementara itu, maksimal uang yang dapat ditukarkan untuk setiap orangnya adalah Rp 3.500.000 atau maksimal 1 pack. Pembatasan ini dilakukan sebagai pemerataan agar masyarakat lain mendapatkan kesempatan untuk menukarkan uang.

Baca juga: Download dan Cara Instal Aplikasi Seleksi Akademik PPG 2022

Download Aplikasi Pintar Bank Indonesia (BI) Tukar Uang

Untuk sat ini, aplikasi Pintar Tukar Uang yang dirilis oleh Bank Indonesia hadir dalam versi website. Anda dapat mengaksesnya melalui website https://pintar.bi.go.id/.

Situs tersebut menawarkan banyak layanan yang menarik untuk para penggunanya seperti penukaran uang baru, uang cacat, UPK 75 Tahun RI, tanya jawab, atau informasi lainnya seputar uang rupiah.

Meskipun sebenarnya Bank Indonesia memiliki aplikasi bernama BI Mobile yang bisa diinstal di ponsel anda, namun apabila ingin melakukan penukaran maka akan diarahkan ke situs Pintar melalui browser.

Persiapan Menukar Uang Melalui Aplikasi Pintar (BI)

Terdapat beberpa hal yang perlu diperhatikan terlebih dahulu untuk anda yang akan melakukan penukaran uang lewat aplikasi Pintar Bank Indonesia. Berikut ini adalah hal-hal apa saja yang perlu dipersiapkan:
  • Menghitung jumlah uang yang akan ditukar
  • Memilih uang sesuai dengan jenis pecahan, tahun emisi, dan disusun secara searah
  • Mengemas uang dengan benar (tidak menggunakan selotip atau bahan perekat lainnya)
  • Melakukan pemesanan penukaran uang di aplikasi Pintar Bank Indonesia

Cara Tukar Uang di Aplikasi Pintar (BI)

Setelah menghitung dan mempersiapakan uang, maka anda bisa langsung memesan penukaran uang melalui Aplikasi Pintar. Berikut ini adalah cara menukar uang baru di aplikasi Pintar Bank Indonesia:
  • Langkah pertama, buka situs resmi pintar https://pintar.bi.go.id/
  • Kemudian pilih menu Penukaran Uang rupiah Melalui kas Keliling
  • Pilih Provinsi dimana anda tinggal
  • Kemudian klik tombol Lihat Lokasi
  • Pilih lokasi penukaran uang yang dekat dengan lokasi anda
  • Masukkan data yang diperlukan seperti KTP,nama lengkap, nomor telepon, dan alamat e-mail
  • Masukkan jumlah lembaran uang yang akan ditukarkan
  • Selanjutnya lakukan pemesanan dan anda akan mendapatkan bukti pemesanan penukaran uang baru dari Bank Indonesia
  • Setelah itu, datang ke lokasi penukaran uang sesuai dengan jadwal dan waktu yang telah ditentukan

Baca juga: Download dan Install Patch Update Aplikasi E-Faktur 3.2

Akhir Kata

Demikianlah informasi menarik dan terlengkap seputar cara melakukan penukaran uang melalui aplikasi Pintar Tukar Uang yang dirilis oleh Bank Indonesia (BI). Semoga artikel ini dapat bermnfaat dan terima kasih sudah berkunjung.