Cara Keluar dari Aplikasi ANBK 2022 Untuk Siswa dan Admin

Banyak orang yang ingin tahu cara keluar dari aplikasi ANBK, karena dalam aplikasi tersebut tidak tersedia menu close ataupun yang lainnya
Banyak orang yang ingin tahu cara keluar dari aplikasi ANBK, karena dalam aplikasi tersebut tidak tersedia menu close ataupun yang lainnya.

cara keluar dari aplikasi anbk

ANBK (Asesmen Nasional Berbasis Komputer) merupakan sebuah penilaian yang fokus melakukan tindakan evaluasi mulai dari literasi, numerasi, dan karakter, serta kualitas proses belajar mengajar dan iklim pendidikan yang menunjang pembelajaran yang baik.

Dalam pelaksanan ANBK, diperlukan sebuah aplikasi yang berfungsi untuk menjalankan aplikasi ANBK Puspendik yaitu aplikasi Exam Browser atau yang biasa disebut dengan Exambrow.

Aplikasi tersebut dirancang secara khusus dengan tujuan untuk membuat penyelenggaraan ujin nasional yang berbasis komputer dapat berjalan lancar.

Berbeda dengan browser lainnya, Exam Browser yang merupakan aplikasi ANBK tidak memperbolehkan penggunanya untuk mengakses laman lain selain ANBK.

Dengan adanya aplikasi seperti ini, maka setiap peserta ujian hanya bisa fokus mengerjakan setiap soal. Selain itu, peserta juga tidak bisa memanfaatkan internet untuk mencari jawaban.

Lantas apakah ada cara alternatif lain untuk keluar dari aplikasi ANBK? Bagi anda yang mungkin tertarik, maka silahkan simak informasi lengkapnya pada berikut ini.

Apakah Bisa Keluar dari Aplikasi ANBK?

Pada dasarnya aplikasi yang digunakan untuk UNBK yaitu Exam Browser tidak menyediakan fitur Cloze, Minimize, dan Restore Down. Sehingga membuat beberapa pengguna menjadi kebingungan.

Meskipun demikian, anda tidak perlu khawatir karena sebetulnya baik pengguna ataupun admin server masih bisa keluar dari aplikasi ANBK yaitu melalui shortcut keyboard.

Cara Keluar dari Aplikasi ANBK

Exam Browser terbagi menjadi dua yaitu Exam Browser Admin (Server) dan Exam Browser Client (Siswa). Karena jenisnya berbeda, tentu cara keluar dari aplikasinya juga berbeda. Oleh karena itu, anda perlu tahu semua caranya.

Cara Keluar dari Aplikasi ANBK Client (Siswa)

Sebetulnya untuk bisa keluar dari Exam Browser yang merupakan aplikasi ANBK tidaklah sulit. Anda hanya perlu menekan beberapa kombinasi tombol khusus.

Tombol kombinasi khusus yang bisa digunakan untuk keluar dari aplikasi ANBK adalah CTRL + C + B. Selain itu, bisa juga gunakan kombinasi ALT + F4. Silahkan tekan tombol keyboard tersebut secara bersamaan.

Namun sebelum itu, perlu diketahui bahwa Exam Browser Client tidak bisa digunakan untuk keluar dan masuk kembali. Melainkan akan langsung tertutup secara otomatis.

Cara Keluar dari Aplikasi ANBK Admin (Server)

Sebagai admin tentu memiliki kebebasan yang lebih luas, seperti keluar dari aplikasi ANBK tanpa perlu menutupnya. Sehingga meskipun sudah keluar, admin masih bisa mengakses Exam Browser tanpa perlu melakukan start ulang.

Karena aplikasi Exam Browser tidak menyediakan fitur close, minimize, dan lainnya maka cara keluar dari aplikasi ANBK admin adalah melalui tombol shortcut. Berikut ini adalah beberapa kombinasi tombol yang bisa digunakan:
  • ALT + TAB : berpindah ke aplikasi lain yang dibuka atau langsung ke desktop
  • WINDOWS + TAB : berpindah ke aplikasi aktif lainnya
  • WINDOWS + D : menuju ke desktop tanpa menutup aplikasi Exam Browser

Cara Browsing Tanpa Keluar dari Buka Aplikasi ANBK (Admin)

Tips ini bisa dicoba jika ingin browsing di Google pada saat sedang menjalankan aplikasi server. Caranya pun sangatlah mudah yaitu hanya perlu menekan kombinasi tombol CTRL + SHIFT + N.

Akhir Kata

Demikianlah informasi menarik dan terlengkap seputar Cara Keluar dari Aplikasi ANBK yang bisa diikuti dengan mudah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda dan terima kasih telah berkunjung.