Kenapa ATM BNI Tidak Bisa Tarik Tunai? Berikut Penyebab dan Cara Mengatasi

Apakah anda sedang bingung kenapa ATM BNI tidak bisa tarik tunai? Untuk mengetahui penyebab dan bagaimana cara mengatasinya
Apakah anda sedang bingung kenapa ATM BNI tidak bisa tarik tunai? Untuk mengetahui penyebab dan bagaimana cara mengatasinya, simak informasi lengkapnya pada berikut.

kenapa atm bni tidak bisa tarik tunai

Saat ini sudah ada aplikasi Mobile Banking yang akan memudahkan kita dalam melakukan berbagai transaksi mulai dari transfer bank, bayar tagihan dan lain sebagainya.

Meskipun transaksi dapat dilakukan dengan mudah secara digital, namun tetap saja kita harus memiliki uang tunai. Hal ini karena belum semuanya mendukung transaksi digital.

Sebagai nasabah Bank BNI, jika kita membutuhkan uang tunai maka bisa melakukan penarikan uang melalui mesin ATM terdekat dengan persyaratan membawa kartu ATM dan memiliki saldo yang cukup.

Salah satu kendala yang terkadang dialami oleh nasabah BNI adalah tidak bisa melakukan penarikan uang melalui mesin ATM. Permasalahan ini membuat nasabah takut akan hal-hal yang terjadi di luar dugaan mereka.

Sebenarnya permasalahan ATM BNI tidak bisa tarik tunai ada beberapa hal yang menyebabkannya. Dengan mengetahui penyebabnya maka kita dapat mencari solusi mengatasinya dengan lebih mudah.

Kenapa ATM BNI Tidak Bisa Tarik Tunai?

Kendala seperti ini pasti tidak terjadi begitu saja, berikut adalah beberapa hal yang mungkin menyebabkan tidak bisa tarik tunai lewat mesin ATM:

Mesin ATM Kehabisan Uang

Penyebab paling umum adalah mesin ATM yang digunakan kehabisan uang, sehingga transaksi akan ditolak. Hal ini biasanya terjadi karena terlau banyak orang yang melakukan penarikan uang.

Namun biasanya jika hal ini terjadi akan muncul informasi pada layar bahwa mesin sudah kehabisan uang yang menyebabkan sementara waktu tidak dapat transaksi tunai.

Saldo Tidak Cukup

Perlu diketahui bahwa setiap bank memiliki aturan minimal uang yang tidak bisa ditarik atau ditransfer. Jika saldo di rekening tidak mencukupi maka bisa dipastikan tidak dapat menarik uang tunai.

Kartu ATM BNI Rusak

Patikan bahwa kartu ATM masih dalam kondisi keadaan bagus yang artinyga tidak sobek, tidak ada ada goresan, dan lain sebagainya. Hal ini akan menyebabkan mesin ATM tidak bisa mendeteksi kartu anda, sehingga dapat menyebabkan transaksi tidak dapat dilakukan.

Kartu ATM BNI Terblokir

Ada banyak hal yang dapat mengakibatkan kartu ATM BNI terblokir, salah satunya adalah memasukkan PIN tidak tepat sebanyak 3 kali berturut-turut. Jika kartu ATM terblokir maka nasabah tidak bisa melakukan segala transaksi.

Gangguan Pada Mesin ATM

Mesin ATM yang mengalami gangguan juga dapat menyebabkan tidak bisa tarik tunai. Pada umumnya gangguan ini disebakan adanya proes maintenance atau perbaikan jaringan.

Cara Mengatasi ATM BNI Tidak Bisa Tarik Tunai

Dengan mengetahui penyebabnya, maka mencari solusi mengatasinya bukanlah hal yang susah. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi ATM BNI tidak bisa tarik tunai:

Pastikan Saldo Rekening Tersedia

Anda bisa melakukan pengecekan saldo terlebih dahulu untuk memastikan bahwa saldo telah mencukupi. Karena percuma saja jika kondisi ATM bagus, namun saldo tidak mencukupi tentu saja tidak akan bisa menarik uang.

Mencari ATM Lain

Jika ATM terdekat dari lokasi anda tengah mengalami kendala atau kehabisan uang maka cobalah untuk mencari ATM lainnya. Usahakan yang tidak terlalu ramai agar terhindar dari resiko kejahatan kriminal.

Memperbaiki Kartu ATM

Apabila kartu ATM yang digunakan terblokir atau mengalami kerusakan karena suatu hal maka satu-satunya solusi untuk mengatasinya adalah memperbaiknya. Silahkan datang ke kantor cabang BNI terdekat, lalu sampaikan kepada Customer Service mengenai keluhan yang sedang dialami.

Akhir Kata

Demikianlah informasi menarik dan terlengkap seputar penyebab kenapa ATM BNI tidak bisa tarik tunai beserta cara mengatasinya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda dan terima kasih telah berkunjung.