Kenapa Lagu di IG Tidak Tersedia? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Mungkin saat ini anda tengah bingung kenapa lagu di IG tidak tersedia yang mengakibatkan tidak bisa menambahkan lagu pada suatu postingan di Instagram
Mungkin saat ini anda tengah bingung kenapa lagu di IG tidak tersedia yang mengakibatkan tidak bisa menambahkan lagu pada suatu postingan di Instagram.

kenapa lagu di ig tidak tersedia

Seperti yang kita ketahui Instagram merupakan salah satu platform sosial media populer di mana pengguna dapat membagikan postingan dalam bentuk foto, video, dan cerita kepada teman dan pengikutnya.

Sama seperti sosial media lainnya, pengguna juga terkadang mengalami masalah dalam menggunakan aplikasi Instagram. Salah satu permasalahannya adalah pengguna tidak bisa menambahkan lagu yang diinginkan.

Pada saat menambahkan lagu di Instagram, pengguna juga justru menemukan sebuah pesan kesalahan yaitu “Lagu Ini Sekarang Tidak Tersedia di Instagram” atau “This Song is Currently Unavailable Instagram”.

Bagi anda yang mungking mengalami masalah serupa, maka bisa mengetahui penyebab kenapa kagu tidak tersedia di IG beserta cara mengatasinya pada berikut ini.

Kenapa Lagu di IG (Instagram) Tidak Tersedia?

Perlu diketahui bahwa terdapat banyak hal yang kemungkinan besar dapat mengakibatkan lagu tidak tersedia di Instagram. Berikut ini adalah beberapa penyebabnya yang perlu diketahui:

Pembatasan Regional

Bagi anda yang belum tahu, hak cipta dan lisensi musik dapat berbeda-beda bergantung pada setiap peraturan negara. Hal ini yang kemungkinan besar dapat menyebabkan lagu tidak bisa ditambahkan ke konten Instagram karena lokasi geografis pengguna.

Hak Cipta dan Lisensi

Instagram sendiri harus mematuhi semua aturan tentang hak cipta dan lisensi musik yang berlakuu. Sehingga mungkin beberapa lagu atau artis tidak mempunyai kesepakatann dengan Instagram yang akhirnya dapat menyebabkan lagu-lagu tidak tersedia di Instagram.

Ketentuan Layanan Yang Berubah

Instagram selalu memperbarui ketentuan dan layanan yang diberikan secara berkala. Kemungkinan adanya perubahan inilah yang dapat mempengaruhi fitur musik atau audio di Instagram. Sehingga beberapa lagu atau fitur lainnya tidak dapat berjalan dengan baik.

Mengunnakan Aplikasi Instagram Versi Lama

Salah satu tujuan Instagram melakukan pembaruan aplikasi secara berkala adalah untuk memperbaiki bug pada versi sebelumnya. Oleh karena itu, pastikan bahwa anda telah menggunakan aplikasi versi terbaru Instagram untuk memastikan semua fitur dapat bejalan dengan baik.

Permasalahan Teknis

Sama seperti aplikasi lainnya, Instagram juga bisa saja mengalami gangguan teknis pada sistem atau server IG. Adanya gangguan ini juga bisa menjadi penyabab lagu di Instagram tidak tersedia.

Cara Mengatasi Lagu Ini Sekarang Tidak Tersedia di Instagram

Setelah mengetahui penyebabnya, maka solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut dapat ditemukan dengan lebih mudah. Berikut ini adalah cara mengatasi lagu ini sekarang tidak tersedia IG:
  • Memperbarui aplikasi Instagram
  • Membersihkan cache aplikasi Instagram
  • Menghapus data aplikasi Instagram
  • Login ulang akun Instagram
  • Instal ulang aplikasi Instagram
  • Menghubungi CS Instagram

Akhir Kata

Demikianlah informasi menarik dan terlengkap seputar penjelasan kenapa lagu di IG tidak tersedia beserta cara mengatasinya dengan mudah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda dan terimakasih banyak sudah berkunjung.

Bermanfaat bagi orang lain merupakan salah satu tujuanku