Cara Melihat Nomor Kartu Debit BRI di Brimo Dengan Mudah

Kartu debit anda hilang? Tidak perlu khawatir, karena studimsam akan membagikan informasi cara melihat kartu debit BRI di Brimo yang bisa diikuti
Kartu debit anda hilang? Tidak perlu khawatir, karena studimsam akan membagikan informasi cara melihat kartu debit BRI di Brimo yang bisa diikuti dengan mudah.

cara melihat nomor kartu debit bri di brimo

Nasabah akan mendapatkan nomor kartu debit BRI pertama kali setelah membuka rekening BRI. Nomor debit tersebut bisa dilihat pada tampilan depan kartu ATM yang dimiliki.

Namun apa yang terjadi jika kartu ATM tertinggal atau hilang? Maka tidak perlu khawatir, karena terdapat cara alternatif lain untuk bisa mengetahui nomor kartu debit BRI yaitu melalui aplikasi Brimo.

Bagi anda yang mungkin tertarik untuk mengetahuinya, simak informasi cara melihat nomor kartu debit BRI di Brimo pada berikut ini.

Apa Itu Nomor Kartu Debit BRI?

Nomor kartu debit BRI (Bank Rakyat Indonesia) adalah nomor identitas nasabah pemilik kartu rekening BRI. Pada dasarnya, nomor kartu debit terdiri 16 digit angka yang tampilkan dalam empat kelompok berguna untuk memudahkan membaca kartu.

Berikut ini adalah makna dari setiap digit pada nomor kartu debit BRI:
  • Jika nomor kartu debit diawali angka 4, maka artinya nasabah menggunakan jaringan Visa
  • Jika nomor kartu debit diawali angka 5, artinya adalah nasabah menggunakan jaringan Mastercard
  • 5 digit setelah angka pertama menunjukkan bank yang menerbitkan kartu
  • Kemudian 9 digit sisanya adalah kode yang mewakili identitas nasabah

Perbedaan Nomor Kartu Debit dan Nomor Rekening BRI

Nomor kartu debit yang terdiri dari 16 digit atau lebih, adalah identifikasi unik untuk kartu debit fisik Anda. Ini digunakan saat berbelanja di toko fisik atau online, untuk penarikan uang tunai di ATM, serta untuk mengidentifikasi kartu Anda dalam transaksi. 

Sebaliknya, nomor rekening adalah identifikasi unik yang terkait dengan rekening bank Anda. Nomor rekening ini digunakan untuk menerima dan mengirim dana, serta untuk mengidentifikasi rekening Anda saat orang lain ingin mengirimkan uang ke Anda. 

Dalam beberapa kasus, seperti transfer antarbank, nomor rekening bersifat lebih krusial daripada nomor kartu debit. Meskipun keduanya berperan dalam proses keuangan, nomor kartu debit terkait erat dengan kartu fisik Anda, sedangkan nomor rekening berkaitan langsung dengan rekening bank Anda.

Cara Melihat Nomor Kartu Debit BRI di Brimo

Bagi anda yang mungkin sedang tidak memegang kartu ATM karena suatu alasan sehingga tidak bisa melakukan pengecekan langsung, maka terdapat cara alternatif yang bisa dilakukan. Berikut ini adalah cara mengetahui nomor kartu debit BRI di Brimo:
  • Langkah pertama, buka aplikasi Brimo
  • Kemudian login menggunakan username dan password anda
  • Pilih menu “Rekening Lain” pada bagian bawah saldo
  • Selanjutnya pilih opsi “Lihat Detail”
  • Setelah itu, akan tampil nomor kartu debit yang di sensor pada bagian tengahnya

Selain itu, anda juga bisa mengetahui nomor kartu debit BRI melalui menu Mutasi di aplikasi Brimo. Periksa pada bagian riwayat transaksi penarikan tunai dari ATM untuk melihat nomor kartu debit.

Mengetahui Masa Aktif Kartu Debit BRI

Perlu diketahui bahwa kartu yang kita gunakan memiliki masa aktif yang bisa dilihat pada bagian bawah nomor kartu debit BRI. Masa aktif kartu dicetak dalam bentuk format bulan/tahun, sebagai contohnya kartu dengan masa aktif 06/25 maka artinya berlaku hingga bulan Juni 2025.

Akhir Kata

Demikianlah informasi menarik dan terlengkap seputar cara melihat nomor kartu debit BRI di Brimo dengan mudah dan cepat. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terimakasih banyak telah berkunjung.

Bermanfaat bagi orang lain merupakan salah satu tujuanku