7 Cara Menyimpan Video Telegram ke Galeri yang Tidak Bisa Disimpan

Apakah anda ingin tahu bagaimana cara menyimpan video Telegram ke galeri yang tidak bisa disimpan? Simak ulasan lengkapnya untuk mengetahuinya
Apakah anda ingin tahu bagaimana cara menyimpan video Telegram ke galeri yang tidak bisa disimpan? Simak ulasan lengkapnya untuk mengetahuinya.

cara menyimpan video telegram ke galeri yang tidak bisa disimpan

Seperti yang diketahui bahwa kita tidak hanya bisa melihat gambar atau video di Telegram saja, melainkan kita juga dapat mengunduhnya ke penyimpanan ponsel.

Apakah Anda pernah mengalami situasi di mana Anda menemukan video menarik di Telegram, tetapi sayangnya tidak dapat menyimpannya langsung ke galeri ponsel Anda? Jika ya, Anda bukanlah satu-satunya. 

Banyak pengguna Telegram sering kali menghadapi kendala ini, terutama ketika mereka menemukan video yang sangat berharga atau ingin berbagi dengan teman-teman di luar platform Telegram.

Namun, jangan khawatir! Dalam artikel ini, studimsam akan memberi anda panduan lengkap tentang cara menyimpan video dari Telegram ke galeri ponsel, bahkan jika video tersebut tampaknya tidak bisa disimpan secara langsung.

Cara Menyimpan Video Telegram ke Galeri yang Tidak Bisa Disimpan

Terdapat beberapa trik yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan ini. Berikut adalah cara menyimpan video Telegram ke galeri yang tidak bisa disimpan:

Pastikan Video Telah Diunduh

Perlu diketahui bahwa apabila video belum terunduh secara sempurna alias masih dalam proses pengunduhan, maka anda tidak bisa menyimpannya ke galeri Hp. 

Adapun panduan untuk memastikan video telah terunduh dan bisa disimpan ke galeri adalah tidak ada ikon berputar-puta di pojok kanan atas video. Setelah itu, anda bisa pilih ikon titik tiga dan pilih simpan ke unduhan untuk menyimpan video ke galeri Hp.

Mengaktifkan Fitur Save to Gallery

Sebenarnya Telegram telah menyediakan fitur untuk mengunduh foto dan video secara otomatis ke gallery, namun masih banyak pengguna yang belum mengetahuinya. Berikut adalah cara mengaktifkan fitur save to gallery:
  • Pilih ikon garis tiga di pojok kanan atas
  • Masuk ke menu “Pengaturan”
  • Pilih opsi “Pengaturan Obrolan”
  • Setelah tu, geser toogle button Simpan ke Galeri untuk mengaktifkannya

Mengosongkan Ruang Penyimpanan

Tidak menyimpan video Telegram ke galeri juga bisa disebabkan oleh ruang penyimpanan ponsel yang penuh, sehingga tidak mampu menampung file tambahan. Maka dari itu, anda bisa mengosongkannya dengan menghapus aplikasi, gambar, video, dan file lainnya yang tidak terlalu penting.

Memperbarui Aplikasi Telegram

Menggunakan aplikasi Telegram versi lawas memiliki kemungkinan untuk terkena bug atau error belum diperbaiki, sehinnga dapat mengakibatkan tidak bisa menyimpan video Telegram ke galeri. Oleh karena itu, silhkan perbarui aplikasi Telegram melalui Google Play Store atau App Store.

Izinkan Mengakses Penyimpanan

Aplikasi Telegram memerlukan perizinan akses penyimpanan untuk bisa melakukan pengunduhan video atau foto ke galeri. Berikut ini adalah cara untuk mengaktifkan perizinan Telegram ke ruang penyimpanan:
  • Langkah pertama, buka Pengaturan ponsel
  • Kemudian masuk ke menu Pengaturan Aplikasi
  • Cari aplikasi Telegram dan pilih Perizinan Aplikasi
  • Pilih opsi Penyimpanan
  • Setelah itu, silahkan pilih Izinkan

Gunakan Situs Video Saver for Telegram

Cara alternatif yang bisa dilakukan untuk menyimpan video Telegram ke galeri adalah menggunakan bantuan situs "Video Saver for Telegram" yang bisa dicari lewat Google. 

Pada biasanya, anda cukup menyalin tautan video dari Telegram dan tempelkannya di dalam situs tersebut. Setelah itu, tekan tombol Download untuk memulai proses pengunduhan video ke galeri..

Gunakan Perekam Layar

Cara lain untuk menyimpan video adalah dengan menggunakan fungsi tangkapan layar atau perekam layar ponsel anda. Silahkan putar video di Telegram dan ketika video dimainkan di layar, aktifkan mode perekam layar. Jika sudah selesai, anda dapat mengedit video tersebut dan menyimpannya ke galeri Anda.

Akhir Kata

Demkianlah ulasan menarik dan terlengkap seputar cara menyimpan video Telegram ke galeri yang tidak bisa disimpan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda dan terimakasih banyak telah berkunjung.

Bermanfaat bagi orang lain merupakan salah satu tujuanku