Kenapa ATM BSI Tidak Bisa Tarik Tunai Padahal Saldo Ada? Ini Penyebab dan Solusinya

Mungkin saat ini anda sedang bertanya-tanya kenapa ATM BSI tidak bisa tarik tunai padahal saldo ada? Silahkan simak informasi lengkapnya,
Mungkin saat ini anda sedang bertanya-tanya kenapa ATM BSI tidak bisa tarik tunai padahal saldo ada? Silahkan simak informasi lengkapnya, untuk mengetahui penyebab dan cara mengatasinya.

atm bsi tidak bisa tarik tunai

Kartu ATM BSI merupakan kartu debit yang dimiliki oleh nasabah Bank Syariah Indonesia. Nasabah akan mendapatkan kartu ATM setelah melakukan pembukaan rekening baik secara online maupun langsung datang ke kantor cabang BSI.

Dengan adanya kartu ATM, nasabah dapat melakukan transaksi perbankan kapan saja melalui mesin ATM dan EDC Bank BSI yang tersebar di seluruh dunia. Sehingga transaksi dapat dilakukan dengan lebih mudah.

Meskipun demikian, terkadang nasabah mengalami permasalahan di mana kartu ATM bisa digunakan untuk tarik tunai padahal saldo ada. Apabila anda mengalami hal serupa, simak informasi lengkapnya untuk mengetahuinya.

Kenapa ATM BSI Tidak Bisa Tarik Tunai Padahal Saldo Ada?

Terdapat hal-hal yang dapat mengakibatkan kartu ATM tidak bisa digunakan meskipun saldo yang dimiliki mencukupi. Berikut ini adalah beberapa penyebabnya:

Mesin ATM BSI Error

Penyebab pertama yang paling mungkin terjadi adalah mesin ATM mengalami error. Pada saat mesin ATM mengalami mengalami kendala seperti jaringan error, maka secara otomatis transaksi akan ditolak. 

Namun, perlu diketahui bahwa biasanya mesin ATM yang error hanya akan berlangsung paling lama 1x24 jam.

Uang Tunai di Mesin ATM Habis

Penyebabnya selanjutnya adalah uang tunai yang tersimpan di mesin ATM telah habis. Dibutuhkan beberapa waktu untuk proses pengisian kembali oleh pihak bank, sehingga Sehingga perlu menunggu hingga bisa memproses penarikan uang.

Waktu Transaksi Telah Habis

Pada saat melakukan transaksi menggunakan mesin ATM terdapat batasan waktunya. Jika telah melewati batasan tersebut, maka secara otomatis akan keluar informasi batas waktu transkasi telah habis yang mengharuskan anda untuk melakukan proses penarikan ulang dari awal.

PIN Kartu ATM BSI Terblokir

Apabila kartu PIN kartu ATM terblokir, maka anda tidak bisa melakukan transaksi apa pun melalui mesin ATM. Salah satu penyebab PIN kartu ATM BSI terblokir adalah salah memasukkan PIN sebanyak 3 kali. 

Kartu ATM BSI Rusak

Jika kartu ATM yang dimiliki mengalami kerusakan seperti chip tergores, pita magnetic tergores, dan bahkan kartu ATM patah, maka akibatnya adalah kartu tidak bisa berfungsi secara normal. Mesin ATM akan menolak secara otomatis, jika kartu dimasukkan ke mesin ATM.

Cara Mengatasi Kartu ATM BSI Tidak Bisa Digunakan Tarik Tunai 

Setelah mengetahui penyebabnya, maka sekarang saatnya untuk mencari tahu solusi mengatasi tidak bisa tarik tunai ATM BSi. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan:

Tunggu Beberapa Saat

Jika permasalah ini terjadi karena mesin ATM yang mengalami gangguan, maka anda  bisa menunggu beberapa saat kemudian mencobanya kembali secara berkala. Namun jika masih belum berhasil, silahkan mencoba untuk mencari mesin ATM terdekat dari lokasi anda.

Melaporkan ke Pihak Bank

Jika saldo telah terpotong, namun uang tidak keluar dari mesin ATM, anda bisa mengajukan laporan ke pihak Bank Syariah Indonesia baik secara online maupun offline. 

Silahkan coba datang ke kantor cabang BSI terdekat. Jika tidak memiliki waktu luang, maka bisa menghubungi Call Center BSI mnelalui platform sosial media seperti WhatsApp, Facebook, Instagram, dan lainnya.

Namun diperlukan beberapa keterangan untuk bisa melakukan proses pelaporan, diantarannya sebagai berikut:
  • Lokasi mesin ATM kejadian
  • 16 digit nomor kartu ATM anda
  • Kartu identitas anda

Selain keterangan tersebut, anda juga biasanya akan diminta untuk memberikan informasi pribadi seperti nama lengkap, tanggal lahir, dan nama ibu kandung. Jika semua hal tersebut sudah benar, maka pihak bank akan memproses laporan anda.

Akhir Kata

Demikianlah informasi menarik dan terlengkap seputar penyebab kenapa ATM BSI tidak bisa tarik tunai padahal saldo ada beserta cara mengatasinya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda dan terima kasih telah berkunjung.

Bermanfaat bagi orang lain merupakan salah satu tujuanku