Cara Bayar Kode Billing STR Lewat M Banking BSI

Meskipun terbilang mudah untuk dilakukan, namun ternyata masih banyak yang belum mengetahui cara bayar kode billing STR lewat M Banking BSI
Meskipun terbilang mudah untuk dilakukan, namun ternyata masih banyak yang belum mengetahui cara bayar kode billing STR lewat M Banking BSI.

cara bayar kode billing str lewat m banking bsi

Saat ini proses pembayaran STR (Surat Tanda Registrasi) tidak hanya bisa dilakukan melalui mesin ATM saja, melainkan bisa juga dilakukan dengan menggunakan aplikasi Mobile Banking.

Membayar STR lewat Mobile Banking memiliki beberapa kelebihan yaitu praktis dan tidak memerlukan waktu yang lama. Sehingga proses pembayaran dapat dilakukan di mana saja dan kapan pun.

Jika anda termasuk nasabah Bank Syariah Indonesia, maka bisa melakukan pembayaran Surat Tanda Registrasi (STR) dengan mudah melalui aplikasi M Banking BSI.

Mengenal Apa Itu STR

STR (Surat Tanda Registrasi) merupakan sebuah buki tertulis yang dikeluarkan oleh pemerinta kepada tenaga kesehatan yang telah memiliki ijazah dan sertifikat kompetensi.

Dengan memiliki STR, maka tenaga medis dan tenaga kesehatan dapat melakukan aktivitas pelayanan kesehatan sesuai dengan undang-undang.

Jika sebelumnya Surat Tanda Registrasi hanya berlaku selama 5 tahun, namun kabar baiknya adalah mulai tanggal 16 Oktober 2023 STR bisa berlaku seumur hidup. Sehingga, tenaga kesehatan tidak perlu memperpanjang STR setiap 5 tahun sekali.

Cara Mendapatkan STR

Semua tenaga kesehatan yang telah memiliki ijazah dan sertifikat uji kompetensi dapat mengajukan pembuatan STR (Surat Tanda Rekomendasi) melalui aplikasi STR Online (Konsil Tenaga Kesehatan Indonesia) KTKI yang beralamat di https://ktki.kemkes.go.id/registrasi.

Setelah permohonan pengajuan STR telah divalidasi, maka akan mendapatkan kode billing yang telah dibuat oleh Sistem Informasi PNBP Online. Kode billing dapat diketahui melaui email yang masuk atau menu Status STR di situs STR Online KTKI.

Jika sudah mendapatkan kode billing STR, maka langkah selanjutnya adalah melakukan pembayaran. Terdapat berbagai macam cara untuk membayar kode billing STR, salah satunya adalah aplikasi M Banking BSI.

Kode Billing STR M Bangking BSI

Kode billing STR merupakan kode yang berguna untuk memproses pembayaran Surat Tanda Registrasi melalui aplikasi M Banking BSI. Pada umumnya, kode billing terdiri dari 15 digit angka dengan nomor acak.

Syarat Bayar STR Lewat Mobile Banking BSI

Sebelum melakukan pembayaran, terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Karena jika ada persyaratan yang tidak terpenuhi, maka tidak bisa melanjutkan ke proses pembayaran.

Berikut ini adalah beberapa persyaratan membayar STR lewat M Banking BSI:
  • Memiliki aplikasi Mobile Banking BSI beserta akun yang sudah diaktivasi
  • Sudah memiliki kode billing/pembayaran STR
  • Memiliki saldo BSI yang mencukupi
  • Koneksi internet yang stabil

Cara Bayar Kode Billing STR Lewat M Banking BSI

Jika persyaratan telah terpenuhi semua, maka bisa langsung melanjutkan ke proses pembayaran Surat Tanda Registrasi. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membayar kode billing STR lewat M Banking BSI:
  • Langkah pertama, buka aplikasi BSI Mobile
  • Kemudian pilih menu “Bayar”
cara bayar kode billing str lewat m banking bsi (1)
  • Pilih opsi Penerimaan “Negara (MPN)”
cara bayar kode billing str lewat m banking bsi (2)
  • Selanjutnya pilih “Pajak/Cukai/SBN/Paspor”
cara bayar kode billing str lewat m banking bsi (3)
  • Masukkan kode billing STR
cara bayar kode billing str lewat m banking bsi (4)
  • Masukkan PIN BSI untuk memproses transaksi
  • Pastikan informasi detail pembayaran yang tampil telah sesuai, lalu tekan “Selanjutnya”
cara bayar kode billing str lewat m banking bsi (5)
  • Setelah itu, akan tampil bukti pembayaran yang bisa disimpan
cara bayar kode billing str lewat m banking bsi (6)
  • Selesai

Apa Yang Harus Dilakukan Setelah Bayar Kode Billing?

Setelah melakukan pembayaran, maka anda hanya perlu menunggu email konfirmasi kesuksesan pembayaran dari KTKI. Anda tidak perlu melakukan konfirmasi, karena pembayaran diproses secara otomatis.

Berapa Lama Waktu Penerbitan STR?

Melansir dari lama ktki.go.id, proses penertiban e-STR akan membutuhkan waktu hingga 14 hari setelah melakukan pembayaran dengan kode billing.

Berapa Biaya Pengajuan Peromohonan STR?

Perlu diketahui biaya yang dibutuhkan untuk pengajuan STR tenaga kesehatan berlaku seumur hidup adalah sebesar Rp 100.000.

Berapa Biaya Admin Bayar STR Lewat M Banking BSI?

Bagi pengguna yang melakukan pembayaran STR melalui aplikasi Mobile Banking BSI tidak akan dikenakan biaya admin. Sehingga, anda hanya perlu memiliki saldo di rekening untuk bayar STR tanpa biaya admin.

Akhir Kata

Demikianlah informasi menarik dan terlengkap seputar cara bayar kode billing STR lewat M Banking BSI yang dapat diikuti dengan mudah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda dan terima kasih banyak telah berkunjung.

Bermanfaat bagi orang lain merupakan salah satu tujuanku