Cara Mencari Siaran Nex Parabola yang Hilang Dengan Mudah

Cara Mencari Siaran Nex Parabola yang Hilang - Menggunakan TV satelit memang kelebihan terdapat banyak jumlah channel, sehingga pengguna bisa

Menggunakan TV satelit memang kelebihan terdapat banyak jumlah channel, sehingga pengguna bisa menyaksikan berbagai macam siaran TV dari seluruh dunia. Nex Parabola menjadi penyedia layanan TV Satelit baru yang berhasil menjadi favorit banyak pengguna, karena kualitasnya yang bagus.

cara mencari siaran nex parabola yang hilang

Namun kekurangan dari TV Satelit adalah kendala siaran yang secara tiba-tiba hilang. Hal ini tentu akan menggangu aktivitas menonton sehari-hari, karena menjadi tidak bisa menyaksikan siaran kesukaan kita.

Bagi pengguna TV Satelit seperti Nex Parabola yang belum pernah mengalami permasalahan serupa pasti akan bingung dan bahkan frustasi. Oleh karena itu, pada kali ini studimsam akan berbagi informasi mengenai cara mencari siaran Nex Parabola yang hilang.

Penyebab Siaran Nex Parabola Hilang

Sebelum mencari solusinya, maka harus tahu terlebih dahulu akar dari permasalahan yang sedang terjadi. Berikut ini adalah beberapa penyebab siaran Nex Parabola mejadi hilang:

1. Gangguan Cuaca

Salah satu hal yang seringkali menjadi penyebab siaran Nex Parabola menjadi hilang adalah adanya gangguan cuaca. Hujan lebat, badai, atau angin kencang dapat mengganggu sinyal satelit yang diterima oleh parabola Nex Parabola. Sehingga, hal ini dapat menyebabkan gambar pecah, suara tidak jelas, atau bahkan siaran hilang sama sekali.

2. Perubahan Frekuensi

Perubahan frekuensi menjadi hal umum yang sering terjadi pada semua operator TV Satelit. Pada biasanya provider akan memberikan informasi mengenai perubahan frekuensi melalui teks berjalan pada layar.

Tujuan dari perubahan frekuensi adalah meningkatkan kapasitas layanan dengan menambah channel baru. Sehingga, channel pada transporder lama akan hilang secara otomatis dan gelap total.

3. Konektor Longgar

Permasalahan yang mungkin terdengar sepele seperti konektor longgar atau lepas juga dapat mengakibatkan channel Nex Parabola menjadi hilang. Permasalahan ini terdeksi pada kualitas dan intensitas sinyal pada layar menjadi nol persen. 

4. Posisi Parabola Bergeser

Posisi parabola yang bergeser menyebabkan parabola tidak lagi mengarah tepat ke satelit Nex Parabola. Dengan demikian, sinyal yang diterima menjadi lemah atau bahkan hilang. Terdapat beberapa hal yang bisa mengakibatkan posisi parabola menjadi berubah diantaranya angin kencang, pemasangan tidak kuat, atau faktor bencana alam.

5. Kabel Parabola Rusak

Sinyal Nex Parabola yang hilang juga dapat disebabkan oleh kabel parabola yang terkelupas, putus, atau tidak tersambung dengan benar. Permasalahan kabel yang rusak bisa mengakibatkan gambar berbayang, suara tidak jelas, atau bahkan siaran hilang sama sekali.

6. Low Noise Block (LNB) Rusak

Perlu diketahui bahwa Low Noise Block (LNB) adalah komponen pada parabola yang berfungsi untuk menerima sinyal satelit. Jika LNB mengalami kerusakan, maka sinyal satelit tidak dapat diterima dengan baik, sehingga siaran Nex Parabola dapat hilang.

7. Receiver Rusak

Jika LNB berfungsi untuk menerima sinyal satelit, maka receiver berfungsi untuk mengolah sinyal satelit yang diterima ooleh parabola menjadi gambar dan suara yang bisa ditampilkan di TV. Sehingga, dapat dipastikan siaran Nex Parabola tidak akan muncul di TV apabila receiver rusak.

Baca juga: Cara Beli Paket Nex Parabola di Dana

Cara Mencari Siaran Nex Parabola yang Hilang

Permasalahan siaran Nex Parabola yang hilang dapat diatasi sesuai dengan faktor penyebabnya. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hilangnya siaran Nex Parabola:

1. Periksa Konektor

Seperti yang telah dijelaskan konektor yang longgar dan kabel rusak dapat mengakibatkan sinyal Nex Parabola hilang. Oleh karena itu, pastikan bahwa tidak ada kabel yang terkelupas. Jika mengalami kondisi tersebut, maka bisa ganti dengan kabel untuk parabola baru.

Jangan lupa untuk memastikan konektor terpasang dengan sempurna. Jika permasalahannya pada bagian ini, maka seharusnya siaran Nex Parabola sudah kembali normal.

2. Masuk ke Menu Instalasi Lewat Remote

Untuk bisa masuk ke menu instalasi caranya mudah, yaitu hanya perlu menekan tombol “Info” pada remote satu kali saja. Kemudian akan tampil nama channel beserta kualitas sinyal yang berhasil ditangkap oleh Nex Parabola.

Apabila kualitas sinyal yang diperoleh berada di angka 80 – 90, maka yang diperlukan hanyalah mematikan receiver untuk sebentar. Kemudian, hiidupkan kembali dalam waktu 5 – 10 menit.

3. Perbaiki Posisi Parabola

Untuk mengetahui posisi antena yang berubah dapat dengan melihat Signal Quality berada di 0% dan Signal Intensity berada di 60%. Solusi mengatasinya adalah dengan memutar dish parabola secara perlahan hingga memperoleh sinyal minimal 65%. Sehingga, sinyal yang hilang kembali normal dan bisa menyaksikan siaran.

4. Ganti LNB (Low Noise Block)

Tanda-tanda yang mengharuskan untuk mengganti LNB adalah terlihat pada indikator layar bahwa kondisi sinyal menunjukkan angka 0 semua. Jika permasalahan ini terjadi, mengganti LNB dengan yang baru dan menjalankan proses scan ulang pada STB Nex Parabola untuk bisa menyaksikan siaran kembali.

Baca juga: Cara Beli Paket Nex Parabola di Brimo

Akhir Kata

Demikianlah informasi menarik dan terlengkap seputar penyebab beserta cara mencari siaran Nex Parabola yang hilang. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi banyak orang dan terima kasih banyak telah berkunjung.