7 Rekomendasi Wisata Curug Yang Ada Di Tegal Dan Pemalang

Dengan keindahannya curug atau air terjun sangat cocok dijadikan sebagai tempat berwisata. Di daerah Tegal dan Pemalang provinsi Jawa Tengah, terdapat curug yang tidak kalah keindahannya dengan curug lainya.
STUDIMSAM.COM - Dengan keindahannya curug atau air terjun sangat cocok dijadikan untuk sebagai tempat berwisata. Di daerah Tegal dan Pemalang provinsi Jawa Tengah, terdapat curug yang tidak kalah keindahannya dengan curug lainya.

Sebelumnya saya akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu curug?
Curug merupakan, sebutan dari orang Jawa dan sunda yang menyebutkan bahwa air terjun itu curug.

Di Indonesia sendiri banyak sekali curug, namun pada kali ini saya akan merekomendasikan beberapa curug atau air terjun yang ada di Tegal dan Pemalang.

Rekomendasi Wisata Curug Yang Ada Di Tegal Dan Pemalang


Curug sibedil

Curug Sibedil Pemalang

Lokasi curug sibedil:Jl. Kyai Abdurrosyid Rt.01 / Rw.03, Dusun Karangbulu, Sima, Moga, Karangbulu, Sima, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah

Buka setiap hari jam 7 pagi sampai jam 5 sore.
Untuk masuk ke curug cibedil dikenai tiket masuk sebesar 6000 rupiah untuk satu motor.

Untuk akses menuju lokasi curug sibedil cukup mudah. Dari tempat parkir lalu berjalan beberapa menit melewati perumahan warga dan  menyebrangi jembatan kemudian, jalan menuruni anak tangga dan sampai ke lokasi curug.

Curug sibedil masih alami dan dikelilingi oleh tumbuhan hijau, airnya bening dan cukup dalam jika ketengah, untuk ketinggian curug sibedil yaitu sekitar 20 meter.

Bisa dijadikan untuk tempat berenang tetapi, harus tetap berhati-hati. Jika memiliki keberanian, kamu bisa mencoba loncat dari atas curug.

Curug ini juga pernah dijadikan sebagai tempat syuting program acara trans TV yaitu My Trip My Adventure.

Tempat ini cocok sekali untuk dijadikan spot foto. Saran saya, jika mau datang kesini sebaiknya jangan datang di akhir pekan, karena tempatnya akan ramai pengunjung.

Curug sidok

Curug Sidok Pemalang

Lokasi curug sidok:Sidampyak, Krajan Timur, Mandiraja, Moga, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah
Curug ini buka 24 jam setiap hari.

Gratis tidak dikenai biaya tiket, cuma bayar parkir kendaraan dihalaman warga.
Curug sidok memiliki air yang jernih. suasananya sejuk dan adem ayem enak buat nongkrong. Curug ini nggak terlalu dalam, jadi bisa buat renang.

Curug Bengkawah

Curug Bengkawah Pemalang

Lokasi curug bengkawah:Jl. Sikasur - Simpur, Karangmulyo, Sikasur, Kec. Belik, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah

Hanya dikenai biaya parkir sebesar 5000 rupiah.
Terdapat jalan aspal bisa dilewati motor dan mobil pribadi menuju parkiran kendaraan. Setelah parkir harus jalan kaki kira-kira 15 menit di pematang sawah sambil menikmati pemandangan yang menakjubkan. Jalannya gak begitu menanjak cenderung datar dan turun untuk sampai ke curug.

Suasana curug bengkawah masih asri. Dikarenakan derasnya air, disarankan untuk tidak mandi disini.

Curug Jejeg

Curug Jejeg Tegal

Lokasi curug jejeg:Jl. Raya Jejeg No.7, Sawah&Ladang, Jejeg, Bumijawa, Tegal, Jawa Tengah
Buka 24 jam setiap hari-nya.

Tempatnya sejuk, curugnya keren bertingkat, namun airnya tidak terlalu jernih, mungkin karena dasarnya yang berpasir. Akses menuju curug jejeg susah, dari tempat parkir berjalan kaki cukup jauh kemudian melewati bebatuan sungai besar. Rasa lelah dari perjalanan menuju lokasi, akan hilang dengan sendirinya setelah sampai di curug.

Disarankan untuk tidak datang pada saat musim penghujan, namun disaat musim kering curug ini direkomendasikan.

Curug Monyet

Curug Monyet Tegal

Lokasi curug monyet:Ladang, Cawitali, Bumijawa, Tegal, Jawa Tengah

Kamu dapat menikmati keindahan curug monyet dengan gratis tanpa tiket masuk dan biaya parkir. Namun, dari tempat parkir kamu harus berjalan kaki seperti menuruni bukit dan melewati sungai. Maka dari itu, sebaiknya jangan kesini kalau sedang musim hujan.

Tempat nya sangat sejuk dan kamu bisa menikmati percikan dari air terjun. Namun tidak bisa dipakai untuk berenang. Untuk selengkapnya tentang curug monyet silahkan membaca disini.

Curug Pengantin

Curug Pengantin Tegal

Lokasi curug pengantin:Ladang,Hutan, Guci, Bumijawa, Tegal, Jawa Tengah

Sangat cocok untuk rekreasi karena air terjun alami dan suasana pegunungan. Pemandangan nya yang indah dapat mengurangi kepenatan.

Curug Jedor

Curug Jedor Tegal

Lokasi curug jedor:Ladang,Hutan, Guci, Bumijawa, Tegal, Jawa Tengah

Buka setiap hari jam 7 pagi sampai jam 5 sore.
Selain curug, disini juga terdapat kolam renang. Untuk bisa menikmati keindahan curug dan kolam renang diperlukan dana sebesar 20 ribu rupiah.

Curug Cantel

curug cantel
Lokasi Curug Cantel: Jl. Raya Kalipedes, Sigedong, Bumijawa, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.
Curug Cantel memiliki pemandangan alam yang indah dengan suasana yang sejuk dan masih asri karena, lokasinya yang berada di pegunungan. Untuk bisa menikmati keindahannya, anda hanya perlu membayar Rp 5.000 untuk biaya tiket masuk dan Rp 3.000 untuk parkir kendaraan. Berbagai fasilitas utama dan pendukung seperti toilet, musholla sudah tersedia disini. Untuk bisa sampai ke Curug Cantel, anda perlu berjalan kaki sekitar 10 menit dari loket masuk.