Cara Membatalkan Pesanan Maxim Untuk Pelanggan dan Driver

Terkadang kita harus membatalkan order Maxim karena suatu alasan, berikut adalah cara membatalkan pesanan Maxim untuk pelanggan dan driver
Terkadang kita harus membatalkan order Maxim karena suatu alasan, berikut adalah cara membatalkan pesanan Maxim untuk pelanggan dan driver.

cara membatalkan pesanan maxim

Membatalkan pesanan Maxim sebenarnya bukanlah hal yang tidak disarankan baik itu untuk pelangggan ataupun driver, karena hal ini dapat merugikan salah satu pihak.

Meskipun demikian, membatalkan orderan juga bukanlah suatu hal yang salah. Karena biasanya ada alasan kuat yang membuat kita mengharuskan untuk cancel orderan seperti salah memasukkan alamat. Setelah itu, baru bisa memesan orderan baru dengan memasukkan alamat yang benar.

Sebelum melakukan cancel orderan, sebaiknya pelanggan dan mitra driver berunding terlebih dahulu agar keduanya tidak ada yang merasa rugi.

Sebenarnya aplikasi Maxim sendiri sudah menyediakan fitur untuk membatlkan orderan, namun masih banyak pengguna yang belum mengetahuinya.

Nah bagi anda yang ingin tahu bagaimana cara membatalkan pesanan Maxim dengan mudah dan cepat, maka silahkan simak informasi lengkpanya pada berikut ini.

Syarat Membatalkan Pesanan di Maxim

Perlu diketahui bahwa persyaratan pembatalan Maxim mungkin saja berbeda-beda kebijakan pada setiap wilayah. Meskipun demikian, terdaoat syarat dan ketentuan umum yang perlu diketahui sebagai berikut ini:

Biaya Pembatalan

Bagi pengguna yang melakukan pembatalan orderan Maxim akan dikenakan biaya tambahan. Untuk besaran nominalnya bergantung pada waktu dan layanan produk Maxim yang dibatalkan. Oleh kaarena itu, penting untuk mengetahui ketentuan dan persyaratan sebelum melakukan pemesanan di  Maxim.

Waktu Pembatalan

Selain biaya, terdapat aturan bahwa pengguna hanya bisa cancel sebelum orderan diproses dan dikirimkan. Jika pesanan telah dikirim, maka pengguna tidak dapat membatalkan pesanan.

Refund

Jika pesanan yang telah dibayar sebelum masuk ke proses pengiriman, maka pengguna bisa membatalkan pesanan. Maxim akan mengembalikan dana sesuai jumlah pembayaran yang telah dilakukan. Namun, proses refund atau pengembalian dana biasanya membutuhkan waktu dan biaya administrasi.

Hubungi Customer Service

Bagi pengguna yang ingin membatalkan pesanan dan mengajukan pembalian dana, maka sebaiknya menghubungi Customer Service (CS) Maxim segera mungkin melalui email, telepon, atau media lainnya.

Cara Membatalkan Pesanan Maxim Untuk Pelanggan

Mungkin saat ini anda sedang ingin cancel orderan, namun tidak mengetahui caranya. Berikut ini adalah cara membatalkan pesanan Maxim untuk pelanggan:
  • Langkah pertama, buka aplikasi Maxim
  • Kemudian masuk ke menu orderan anda
  • Pilih tombol Batal di bagian pojok kanan bawah
  • Selanjutnya pilih alasan pembatalan pesanan
  • Setelah itu, proses pembatalan berhasil dilakukan

Cara yang telah dijelaskan tersebut juga berlaku untuk membatalkan pesanan Maxim Food, Mobil, dan beberapa layanan lainnnya.

Cara Membatalkan Pesanan Maxim Untuk Driver

Sebagian driver Maxim takut untuk cancel orderan yang masuk karena takut rating yang dimiliki akan turun.

Namun apabila driver menganggap bahwa orderan tersebut adalah fiktif, maka sebaiknya tunggu selama 5 menit dari waktu setelah orderan masuk.

Jika dalam waktu tersebut tidak ada respon dari pelanggan pada saat anda menghubunginya. Silahkan bisa langsung melakukan pembatalan orderan  dengan benar sesuai langkah-langkah pada berikut ini:
  • Buka aplikasi Maxim Driver dan masuk ke orderan yang aktif
  • Buka menu Diproses, lalu klik tombol Tindakan
  • Kemudian hubungi pelanggan dengan memilih opsi “Pesan Untuk Pelanggan” dan “Kontak dengan Pelanggan”
  • Selanjutnya pilih tombol Tindakan
  • Pilih opsi Penumpang/Pelanggan Tidak Muncul
  • Masukkan alasan pembatalan yang sesuai
  • Selanjutnya, klik Kirim

Setelah itu, cobalah untuk melaporkan order fiktif kepada admin dengan mencantumkan ID Order, nomor pelanggan, waktu dan lokasi jemput.

Akibat Membatalkan Pesanan Maxim

Bagi anda yang ingin cancel orderan, berikut ini adalah beberap hal yang kemungkinan terjadi dari akibat membatalkan pesanan Maxim:
  • Akun pelanggan yang sering melakukan pembatalan akan dinonatifkan sementara
  • Rating driver akan turun jika sering cancel orderan
  • Akan sulit mendapatkan orderan baru, karena rating turun
  • Bisa mengakibatkan suspend akun

Akhir Kata

Demikianlah informasi menarik dan terlengkap seputar cara membatalkan pesanan Maxim untuk pelanggan dan driver. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda dan terima kasih telah berkunjung.