Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kenali 9 Tips Persiapan Mendaki Gunung Untuk Pemula

Mendaki gunung menjadi salah satu trend kegiatan dikalangan anak muda Indonesia saat ini. Kini kegiatan mendaki gunung tidak hanya dilakukan pencinta alam saja, melainkan kegiatan favorit muda-mudi Indonesia yang biasanya terdiri pelajar dan mahasiswa.
Persiapan mendaki gunung untuk pemula

Salah satu hal yang membuat mereka termotivasi ingin mendaki gunung adalah melihat foto keindahan gunung di sosial media atau hp teman. Namun, untuk bisa sampai dipuncak gunung bukanlah hal yang mudah. Diperlukan persiapan yang matang dan tekad yang kuat untuk dapat mencapai puncak.
Banyak pendaki yang gagal sampai puncak karena kurangnya persiapan. Sehingga, bukan senang yang didapat melainkan perasaan menyesal karena gagal sampai puncak. Maka dari itu, kita harus mempersiapkan apa saja yang diperlukan. Terlebih untuk seorang pendaki yang masih pemula.
Tips persiapan mendaki gunung untuk pemula

Persiapan Mendaki Gunung Untuk Pemula

Lokasi dan level mendaki

Hal pertama yang mesti diperhatikan adalah lokasi dan level mendaki. Kita harus tahu dimana lokasi, seperti apa kawasan nya, serta kita juga harus paham tingkat kesulitan pendakian yang akan dituju. Kita bisa mencari tahu dengan browsing di internet atau tanya teman yang sudah pernah mendaki ke gunung tersebut.
Intinya adalah kita jangan pernah meremehkan gunung, karena ketinggian gunung tersebut. Bisa jadi gunung yang memiliki ketinggian lebih rendah memiliki trek yang lebih sulit dan terjal.

Mengecek Cuaca

Cuaca juga perlu diperhatikan, agar kita dapat mengetahui hal apa yang akan terjadi. Jika diperkirakan cuaca akan hujan maka, kita bisa membawa jas hujan ketika mendaki. Meskipun perkiraan cuaca tidak sepenuhnya betul, namun kita harus mengetahuinya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan tidak terjadi.

Persiapkan fisik

Persiapan fisik merupakan salah satu persiapan terpenting mendaki, terutama untuk para pemula yang belum pernah mendaki gunung. Kita harus mempersiapkan fisik jauh-jauh hari sebelum mendaki. Ingat mendaki gunung bukanlah hal yang mudah, diperlukan tenaga yang ekstra. Kita bisa berolahraga seperti berlari atau berenang yang mempunyai tujuan untuk melatih kekuatan otot kaki.

Perlengkapan yang harus dibawa ketika pendakian

Persiapan penting yang patut diperhatikan, yaitu menyiapkan perlengkapan pendakian yang akan dibawa. Kita wajib tahu apa saja yang akan dibawa dan pastikan semuanya sesuai kebutuhan, karena jika salah sedikit bisa berakibat fatal. Yang pertama yaitu jaket, sarung tangan, tutup kepala, sepatu gunung, kaos kaki, tas besar, tas kecil, sleeping bag, tenda, matras, senter, tongkat untuk meringankan beban tubuh, mantol,  peralatan memasak gunung jika diperlukan dan peralatan yang tidak kalah penting yaitu kamera untuk mengabadikan momen ini.

Konsumsi makanan

Makanan yang berkualitas akan menambah energi sehingga membuat tubuh kamu semakin kuat. Mendaki gunung memerlukan tenaga yang banyak maka dari itu, kita mesti mempersiapkan makanan apa saja yang dapat memenuhi gizi tubuh kita. Nah berikut konsumsi pokok yang bisa kamu bawa seperti air mineral, roti, nasi, lauk, buah-buahan, coklat untuk menambah tenaga, dan makanan cadangan lainya.

Baca juga: Inilah Alasan Kenapa Tidak Disarankan Makan Mie Saat Mendaki Gunung

Cara berjalan ketika mendaki

Cara berjalan juga perlu diperhatikan, karena jika asal-asalan berjalan bisa berakibat buruk. Cara berjalan yang benar ketika mendaki adalah kaki selalu lentur ketika menapakan kaki di tanah dan tetap fokus pada pijakan. Jika kaki kamu kaku, maka kemungkinan yang bisa terjadi yaitu cidera.

Jangan malu untuk bilang capek

Nah biasanya pendaki pemula sering merasakan capek tapi tidak mau bilang ke teman pendakian karena malu. Sebagai seorang pemula kemampuan mendaki kamu pasti berbeda dengan mereka yang sudah terbiasa. Jadi, sebaiknya bilang saja daripada dipaksakan malah bisa berakibat buruk. Hal ini bertujuan jika mereka tidak mendengar kabar tentang kita dalam kurun waktu tertentu, mereka bisa menghubungi pihak berwenang yang tepat. Usahakan juga untuk selalu memberi kabar kepada mereka jika terdapat sinyal dalam gunung.

Beritahukan orang rumah tentang jadwal pendakian kamu

Sebelum mendaki kita perlu memberi tahu teman dan keluarga tentang kapan akan mendaki, berapa lama, siapa saja yang ikut, lokasi, dan kapan kembali hiking.

Ikuti instruksi dan larangan petugas gunung

Hal terakhir yang wajib untuk dilaksanakan adalah ikuti instruksi dan larangan petugas. Setiap gunung pasti mempunyai aturan dan larangan yang berbeda-beda. Tugas kita sebagai tamu adalah menghormati dan mengikutinya.

Baca juga: Bukit Corong Tegal, Lokasi Camping Murah Meriah Dengan Pemandangan Yang Indah
Demikianlah informasi mengenai persiapan mendaki gunung untuk pemula. Semoga artikel ini  bermanfaat dan semoga lancar dalam pendakian.

Post a Comment for "Kenali 9 Tips Persiapan Mendaki Gunung Untuk Pemula"

Berlangganan via Email