Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lokasi, Rute, dan Harga Tiket Masuk Air Terjun Kedung Kayang Magelang

Jika anda sedang mencari destinasi wisata di Kabupaten Magelang dengan pemandangan alam yang indah maka, Air Terjun Kedung Kayang adalah jawabannya.

Air Terjun Kedung Kayang memiliki ketinggian 40 meter dengan debit air yang cukup besar. Meskipun sedang musim kemarau, air terjun ini tidak pernah surut.

air terjun kedung kayang

Anda dapat menikmati keindahan Air Terjun Kedung Kayang dari spot bawah atau spot atas air terjun. Keduanya sama-sama mempunyai view yang keren.

Airnya sangat jernih dan dingin karena lokasinya yang berada di pegunungan. Banyak pepohonan hijau yang memanjakan mata. Jika cuaca sedang cerah, anda bisa melihat keindahan Gunung Merapi dari objek wisata ini.

Tiket masuk objek wisata alam ini murah, sehingga anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang menguras kantong. Berbagai fasilitas utama dan penunjang seperti warung, toilet, dan musholla juga sudah tersedia disini. Jadi, ayo jadwalkan waktu untuk datang kesini.

Namun sebelum mengunjunginya, alangkah baiknya simak informasi lengkapnya terlebih dahulu dibawah ini.

Lokasi 

Lokasi Air Terjun Kedung Kayang berada diantara Gunung Merapi dan Gunung Merbabu atau lebih tepatnya di Dusun Nagrong, Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Magelang, Jawa Tengah.

Air Terjun Kedung Kayang memiliki dua spot untuk menikmati keindahannya yaitu spot bawah (air terjun) atau spot atas (gardu pandang).
Untuk bisa sampai ke dua spot ini, anda perlu berjalan kaki terlebih dahulu dari tempat loket masuk sampai menemui persimpangan spot bawah air terjun atau spot atas air terjun. Nah, disini anda bisa memilih sesuai keinginan yang akan dituju.

Rute perjalanan

Anda bisa mengunjungi ke Air Terjun Kedung Kayang menggunakan sepeda motor atau mobil. Jika dari Magelang terdapat dua pilihan rute perjalanan yang bisa ditempuh yaitu lewat jalan yang searah menuju objek wisata Hutan Pinus Kragilan atau via selo.

Jika anda mau sampai ke tujuan dengan lebih cepat maka anda bisa memilih jalan yang searah dengan Hutan Pinus Kragilan. Namun, anda harus pastikan kendaraan yang dipakai dalam keadaan sehat karena kondisi jalan yang menanjak.

Sebaliknya, jika mau perjalanan santai maka bisa memilih Via Selo. Kelebihan jalur Via Selo adalah pemandangannya sangat indah.

Harga tiket masuk

Untuk bisa menikmati keindahan dan fasilitas yang ada disini, anda hanya perlu membayar tiket masuk Rp 4.000 dan biaya asuransi Rp 500. Sedangkan untuk parkir motor Rp 2.000 atau parkir mobil Rp 5.000.

Fasilitas

Berikut adalah fasilitas-fasilitas yang tersedia di objek wisata ini:

Air terjun

air terjun kedung kayang (2)

Apabila anda ingin merasakan kesegaran air terjun maka anda perlu berjalan kaki terlebih dahulu dari tempat loket masuk sampai menemui persimpangan spot bawah air terjun atau spot atas (gardu pandang). Nah, disini anda bisa belok kiri menuju spot bawah air terjun.

Sesampainya di bawah, anda perlu berjalan lagi melewati bebatuan dan aliran sungai. Memang butuh perjuangan yang berat untuk bisa sampai ke air terjun, namun rasa lelah perjalanan akan terbayar dengan keindahan air terjun. 

Jika anda tidak mau capek maka anda bisa menggunakan jasa ojek motor dengan tarif Rp 15.000 sekali berangkat.

Sesampainya di air terjun, anda bisa bersantai sambil menikmati kesejukan air terjun atau berswafoto dengan background keindahan Air Terjun Kedung Kayang.

Spot foto gardu pandang

air terjun kedung kayang (3)

Terdapat tiga gardu pandang di atas air terjun yang cocok sekali untuk dijadikan sebagai spot foto. Dari sini, anda dapat melihat keindahan air terjun dan pepohonan yang memanjakan mata. Bahkan jika cuaca sedang cerah anda dapat melihat kegagahan Gunung Merapi dengan jelas. 

Bagi yang mau foto-foto di spot foto gardu pandang maka siapkan biaya Rp 5.000/orang untuk bisa berswafoto dengan hp atau kamera pribadi.

Untuk bisa sampai ke gardu pandang maka anda perlu berjalan kaki terlebih dahulu dari tempat loket masuk sampai menemui persimpangan spot bawah air terjun atau spot atas (gardu pandang). Nah, disini anda pilih belok kanan menuju spot atas air terjun alias gardu pandang. Perjalanan menuju gardu pandang tidak sejauh perjalanan menuju air terjun jadi, tidak terlalu menguras energi.

Warung

Anda tidak perlu khawatir dengan kelaparan, karena disini sudah tersedia warung-warung yang menjual makanan dan minuman dengan harga terjangkau. Meskipun berbeda warung, di wisata Air Terjun Kedung Kayang harga makanannya sama.

Toilet 

Fasilitas yang tidak kalah penting selanjutnya adalah toilet. Tempat ini sudah menyediakan beberapa toilet yang tersebar. 

Musholla

Bagi umat muslim yang datang kesini pada waktu menjalankan ibadah sholat maka jangan khawatir, karena terdapat musholla disini.

Parkir

Objek wisata Air Terjun Kedung Kayang juga sudah menyediakan area parkir yang cukup luas untuk parkir kendaraan pengunjungnya.

Tips berkunjung

  1. Berkunjung disaat cuaca cerah dengan tujuan bisa melihat keindahan Gunung Merapi dari atas air terjun
  2. Sesuaikan outfit 
  3. Lindungi perangkat elektronik dengan membawa plastik untuk mencegah perangkat terkena air
  4. Tetap menjaga kebersihan alam


Demikianlah informasi mengenai lokasi, rute perjalanan, dan harga tiket masuk Air Terjun Kedung Kayang yang bisa disampaikan dengan selengkap-lengkapnya. Semoga artikel ini bermanfaat dan terimakasih.
Muhammad Dimas
Muhammad Dimas Bisa bermanfaat bagi orang lain merupakan salah satu tujuanku

2 comments for "Lokasi, Rute, dan Harga Tiket Masuk Air Terjun Kedung Kayang Magelang"

  1. Banyak juga ya wisata di sana, jadi pengen main kesana🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayoo kak, rencananya kapan nih mau liburan kesini refreshing

      Delete

Berlangganan via Email