Lokasi dan Harga Tiket Masuk Telaga Bleder, Wisata Alam di Magelang

Kabupaten Magelang mempunyai tempat wisata alam berupa danau yang bernama Telaga Bleder.
Kabupaten Magelang mempunyai tempat wisata alam berupa danau yang bernama Telaga Bleder. Telaga atau danau alami ini terbentuk dari cekungan tanah dan terisi air dari sumber mata air disekitarnya.

telaga bleder magelang

Telaga ini mungkin tidak sepopuler dengan tempat wisata lainnya, tapi kondisi telaga yang tidak terlalu ramai justru dapat membuat liburan kamu semakin menyenangkan. Karena, kamu bisa lebih leluasa dalam menikmati keindahan dan ketenangan Telaga Bleder.

Telaga ini dikelilingi oleh pepohonan yang rimbun sehingga, suasana disini masih terasa asri dan sejuk. Destinasi wisata yang berada di daerah grobog ini mempunyai air yang jernih dengan kedalaman telaga mencapai 4 meter. 

Lokasinya yang berada di lereng Gunung Andong membuat pengunjung yang datang bisa merasakan sensasi hawa sejuk pegunungan. Wisata ini menyediakan wahana dan fasilitas yang sangat memadai.

Tempat ini cocok dijadikan sebagai tujuan tempat wisata bersama keluarga atau teman. Terdapat beberapa gazebo dan tempat duduk yang bisa kamu jadikan sebagai tempat bersantai sambil menikmati suasana telaga. 

Wisata alam yang berada di kawasan Magelang ini juga menyediakan kolam renang untuk pengunjungnya yang suka bermain air. Kolam renang ini juga tidak terlalu dalam jadi, anak-anak bisa ikut berenang disini.

foto telaga bleder

Untuk yang suka foto-foto, tempat ini juga tidak kalah menarik untuk dijadikan sebagai spot foto. Kamu dapat berswafoto dengan background pemandangan telaga nan indah. Sangat cocok untuk mengisi hari libur kamu.

Lokasi

Lokasi Telaga Bleder terletak di Desa Ngasinan, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Untuk dapat sampai kesini tidaklah sulit, karena kondisi jalanya yang sudah halus dan beraspal. Pada saat perjalanan kamu akan disuguhi pemandangan alam yang indah dari perbukitan dan persawahan warga.

Rute Perjalanan

Rute perjalanan menuju Telaga Bleder jika dimulai dari Kota Magelang - kemudian menuju arah Semarang - setelah sampai di pertigaan secang - lurus lagi, kemudian jika sampai pertigaan belok kanan - ikuti jalan sampai

perempatan Pasar Grabag - dari perempatan pasar ini, lalu lurus lagi sampai menemukan jalan berbentuk huruf Y - kemudian setelah itu belok kiri - ikuti jalan ini sampai ke lokasi Telaga Bleder.

Harga Tiket Masuk

Hari libur

  • Orang dewasa : Rp 7.000
  • Anak-anak : Rp 6.000
Hari kerja

  • Orang dewasa : Rp 6.000
  • Anak-anak

Kamu dapat menikmati objek wisata ini dengan biaya yang cukup terjangkau. Untuk harga tiket masuk pada hari kerja dan hari libur itu berbeda. Wisata ini juga menyediakan fasilitas rekreasi yang bisa kamu coba seperti speed boat, sampan, sepeda dan becak air. Namun untuk dapat menaiki fasilitas rekreasi tersebut dikenai biaya tambahan.

Jam Operasional

Untuk jam buka wisata Telaga Bleder yaitu buka setiap hari 24 jam. Jadi, pengunjung bisa datang kesini kapanpun yang mereka mau. Namun, pagi hari adalah waktu yang paling cocok untuk berkunjung kesini.

Daya Tarik Wisata

Fasilitas Yang Memadai

kolam renang telaga bleder

Salah satu daya tarik wisata telaga ini yaitu fasilitas yang sudah memadai. Terdapat gazebo untuk pengunjung yang mau bersantai. Tersedia juga kolam renang dan berbagai wahana permainan air yang bisa pengunjung coba. Tempat ini sudah tersedia toilet yang bisa juga digunakan pengunjung untuk ganti pakaian setelah puas bermain air.

Kini Telaga Bleder dipercantik dengan penambahan taman yang tertata rapi di tepian telaga. Untuk semakin menarik minat wisatawan, sepertinya berbagai fasilitas pendukung lainnya akan terus ditambah.

Festival Telaga Bleder

festival lampion telaga bleder

Dinas pariwisata Kabupaten Magelang seringkali mengadakan acara festival Telaga Bleder. Terdapat berbagai acara yang diadakan pada festival ini mulai dari puluhan stand Kuliner, Lomba Perahu Dayung, Lomba Kesenian Rakyat, Melody Telaga, Ritual Larung Sangkala, dan pelepasan seribu lampion di telaga. Sangat seru sekali jika datang ke tempat ini tepat pada saat diadakan acara festival.

Panen ikan

panen ikan telaga bleder

Ada satu tradisi yang biasanya dilakukan oleh warga yang bermukim disekitar kawasan telaga yaitu panen ikan. Kegiatan seru ini dilaksanakan setiap setahun sekali. Ikan hasil tangkapan warga ini kemudian ditimbang dan dibagi-bagi. Namun, tidak semua dibagikan. sebagian dijual dan uangnya untuk kas desa. Setelah kegiatan panen ikan, lalu akan ada kegiatan menabur bibit ikan kembali untuk dipanen tahun depan.
Demikianlah informasi lengkap tentang lokasi dan harga tiket masuk Telaga Bleder. Semoga artikel ini bermanfaat dan terimakasih.