Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lokasi, Sejarah dan Harga Tiket Masuk Danau Beko Tegal

Studimsam.com - Akhir-akhir ini Danau Beko Margasari Tegal sedang ramai menjadi perbincangan anak muda di sosial media. 

Sebenarnya apa sih yang membuat Danau Beko ini ramai diperbincangkan? Salah satu penyebabnya adalah keeksotisan objek ini.

Danau Beko memiliki pemandangan alam yang indah berupa genangan air dan gunung karang yang memanjakan mata.

danau beko margasari tegal

Sebetulnya Danau Beko bukanlah destinasi baru di Tegal. Objek ini sudah dikenal sejak tahun 2007 dan kemudian mulai terkenal lagi akhir-akhir ini.

Banyaknya akun-akun yang mengunggah foto kece mereka ke sosmed saat berkunjung ke Danau Beko merupakan penyebab utama Danau Beko Margasari ini trend kembali. 

Tersebarnya foto-foto kecantikan dan keindahan Danau Beko di media sosial. Ternyata mengakibatkan netizen penasaran dan tertarik untuk mengunjunginya.

Keindahan Danau Beko memang tidak bisa dipungkiri. Danau ini seringkali dijadikan sebagai tempat untuk spot foto prewedding. Selain itu banyak juga pengunjung yang datang kesini hanya untuk berfoto-foto.

danau beko margasari tegal (2)

Namun sebelum mengunjunginya, alangkah baiknya simak informasi lengkapnya berikut ini.

Sejarah

Danau Beko, namanya mungkin mencerminkan sebuah cekungan alam sebagai tempat menampung air. Namun nyatanya tidak demikian.

Asal usul Danau Beko adalah pegunungan kapur, yang kemudian diambil tanahnya oleh perusahaan lokal untuk pembangunan dan lain-lain, akhirnya menghasilkan legokan atau cekungan.

Cekungan itu kemudian terisi air ketika musim penghujan dan menghasilkan sebuah "danau". Siapa sangka kejadian yang tidak sengaja ini ternyata dapat menghasilkan danau yang apik.

Kenapa dinamakan Danau Beko? Alasannya adalah karena pada saat penambangan batu kapur itu menggunakan alat berat backhoe, yang orang awam biasa menyebutnya dengan beko atau bego. 

danau beko margasari tegal (3)

Lokasi

Danau Beko dikenal pula dengan nama Danau Kapur. Lokasi Danau Beko berada di Desa Jatilaba, Kec. Margasari, Tegal, Jawa Tengah. Anda bisa menempuh perjalanan dengan menggunakan sepeda motor atau mobil. 

Untuk rute perjalanan ke Danau Beko terbilang cukup mudah dijangkau. Namun kondisi jalan dari Jl. Karag Dawa menuju lokasi Danau Beko masih berupa tanah dan bebatuan. Untungnya kondisi jalan berupa tanah ini tidak terlalu jauh hanya sekitar 201 meter.

Jika anda tidak tahu arah jalan menuju Danau Beko maka sebaiknya anda menggunakan aplikasi google maps saja. Atau jika kondisi tidak memungkinkan, anda juga bisa bertanya warga sekitar arah jalan ke lokasi Danau Beko.

Harga tiket masuk

Sampai saat ini tidak ada biaya tiket masuk untuk bisa berkunjung ke Danau Beko. Namun anda hanya perlu membayar parkir kendaraan.

Tips Berkunjung

Mengingat lokasi Danau Beko yang masih berupa tempat penambangan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu sebelum berkunjung kesana supaya liburan anda semakin menyenangkan dan dapat berjalan dengan lancar. Berikut ini adalah tips-tips nya:
  • Sangat dianjurkan untuk datang kesini ketika musim hujan, karena jika saat musim kemarau danau telah mengering.
  • Sebaiknya jangan berdiri didekat tebing, karena jika kurang hati-hati bisa jatuh terpeleset.
  • Jika musim penghujan biasanya kondisi jalan menjadi becek dan berlumpur. Oleh karena itu, sebaiknya pilih kendaraan yang pas untuk melewati jalur tersebut.
  • Cuaca disana pada siang hari sangat terik, jadi pastikan gunakan outfit yang pas.

Kesimpulan

Apakah Danau Beko layak untuk piknik keluarga? Saya rasa tidak. Tempat ini lebih cocok untuk yang suka foto dengan gaya alam dan pemandangan.





Muhammad Dimas
Muhammad Dimas Bisa bermanfaat bagi orang lain merupakan salah satu tujuanku

Post a Comment for "Lokasi, Sejarah dan Harga Tiket Masuk Danau Beko Tegal"

Berlangganan via Email