Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Spot Utama dan Harga Tiket Masuk Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang

Keindahan Air terjun tumpak Sewu memang sudah tidak bisa diragukan lagi. Air terjun ini bisa disebut sebagai air terjun terindah di Jawa lantaran memiliki pemandangan yang sangat indah dan menawan. 

air terjun tumpak sewu lumajang

Bahkan tidak jarang yang menyebutkan Air Terjun Tumpak Sewu sebagai Niagaranya Indonesia. Bagi anda yang belum mengetahui apa itu Niagara? Niagara merupakan sebuah air terjun di Amerika yang memiliki keindahan dan bentuk yang hampir sama seperti Air Terjun Tumpak Sewu.

Letak Air Terjun Tumpak Sewu berada di perbatasan antara kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang. Oleh karena itu, pintu masuk air terjun ini bisa diakses melalui Malang ataupun Lumajang.

Air Terjun Tumpak Sewu atau yang biasa disebut juga Coban Sewu memiliki ciri khas berbentuk menyerupai tirai dengan ketinggian mencapai 120 meter.

saat berkunjung kesini, pengunjung tidak hanya bisa melihat spot air terjun saja melainkan masih banyak spot-spot lainya yang tidak kalah kerennya.

Spot utama Air Terjun Tumpak Sewu

Panorama

panorama air terjun tumpak sewu lumajang

Panorama merupakan spot untuk melihat keindahan air terjun dari atas. Disini pengunjung bisa melihat keindahan air terjun yang berbentuk menyerupai tirai. Bahkan jika cuaca sedang cerah, pengunjung bisa melihat kegagahan Gunung Semeru yang terlihat dibelakang air terjun.

Untuk bisa sampai di spot panorama, pengunjung diharuskan untuk berjalan kaki terlebih dahulu sejauh 400 meter dari loket pintu masuk. Namun, jika ingin sampai lebih cepat dan tidak capek maka pengunjung bisa menggunakan jasa ojek motor yang bisa anda cari disekitar area parkir wisata ini.

Spot panorama ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai spot foto. Pengunjung bisa berpose dan berfoto dengan background air terjun yang menawan. 

Air terjun kecil

air terjun kecil tumpak sewu

Selain Air Terjun Tumpak Sewu, disini juga terdapat banyak air terjun kecil. Meskipun tidak setinggi Tumpak Sewu, namun pemandangannya tidak kalah indah. 

Aliran air terjun ini bermuara ke kolam kecil dibawahnya. Pengunjung bisa merasakan kesegaran airnya dengan menceburkan diri ke kolam kecil ini. Karena airnya sangat jernih, pengunjung dapat melihat dasar kolam dengan jelas.

Tebing perawan

tebing perawan tumpak sewu


Tebing ini bisa disebut sebagai pintu gerbang sebelum tiba di Air Terjun Tumpak Sewu. Lokasinya berada dibawah jurang dan mengapit jalan utama di sisi kanan dan sisi kiri. Mungkin karena lebar jalan utama di tebing ini yang sempit sehingga tebing ini dinamakan tebing perawan. 

Untuk sampai kesini, pengunjung harus berjalan kaki sekitar 800 meter menuruni anak tangga. Trek nya cukup curam dengan kemiringan hampir 45 derajat sehingga diharuskan untuk berhati-hati. Tidak hanya itu, pengunjung juga diharuskan melewati trek ekstrem menuruni jalan batu yang dialiri air dengan bantuan tali dan besi sebagai pegangan. 

Karena jalur nya yang ekstrem terdapat beberapa aturan yang harus dipatuhi diantaranya:
  • Dilarang turun untuk umur 10 tahun kebawah
  • Dilarang turun untuk umur 60 tahun keatas
  • Dilarang turun jika mempunyai penyakit jantung dan asma
  • Dilarang turun jika takut dengan ketinggian
  • Dilarang turun kebawah dari jam 15.00

Lembah Air Terjun Tumpak Sewu

lembah air terjun tumpak sewu

Setelah melewati Tebing Perawan, maka pengunjung akan sampai ke lokasi lembah Air Terjun Tumpak Sewu.

Lembah merupakan spot untuk menyaksikan keindahan air terjun dari bawah. Pemandangannya tidak kalah keren dengan spot panorama. Disini pengunjung dapat merasakan gemerciknya air terjun secara langsung dan melihat kemegahan tirai - tirai air terjun ini. 

Goa bidadari

goa bidadari tumpak sewu lumajang

Setelah puas menikmati air terjun dari lembah, jangan lupa untuk sempatkan waktu mampir ke Goa Bidadari. Lokasi goa ini berjarak sekitar 300 meter dari lembah air terjun. Goa ini dipercaya dulunya sebagai tempat untuk bersemayam para bidadari. Keindahan goa ini semakin terlihat dengan keluarnya air dari sela dinding - dinding goa.

Telaga Biru

Kurang lengkap jika berkunjung ke Air Terjun Tumpak Sewu akan tetapi, tidak datang ke Telaga Biru. Letak Telaga Biru tidaklah jauh dari Goa Bidadari, hanya berjarak sekitar 50 meter. Namun untuk bisa sampai ke Telaga Biru, harus melewati jalan batu berair terlebih dahulu dengan bantuan seutas tali. Kondisi airnya sangat jernih dengan warna kebiruan. Untuk kedalamannya hanya seperut orang dewasa jadi, sangat aman untuk berenang. 


Harga tiket masuk

Untuk bisa menikmati keindahan dan fasilitas yang ada di wisata Air Terjun Tumpak Sewu, pengunjung dikenai biaya tiket masuk Rp 10.000. Sedangkan untuk parkir sepeda motor  Rp 5.000 dan parkir mobil Rp 10.000.

Jam buka

Untuk wisata Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang buka setiap hari mulai pukul 07.00 - 16.00. Namun, waktu yang paling cocok datang kesini adalah pagi hari. Karena pengunjung bisa menikmati keindahan air terjun ini.

Fasilitas

Fasilitas di wisata Lumajang ini sudah bisa dibilang memadai. Berikut adalah fasilitas-fasilitas nya:
  • Area parkir
  • Toilet
  • Musholla
  • Warung makan

Lokasi 

Lokasi Air Terjun Tumpak Sewu berada di kampung siji, Jl. Raya Sidomulyo, Besukcukit, Sidomulyo, Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Meskipun berada di Lumajang, namun untuk akses perjalanannya lebih mudah untuk ditempuh jika dari Kabupaten Malang. 


Demikianlah Informasi mengenai wisata Air Terjun Tumpak Sewu di Lumajang. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terimakasih.

Muhammad Dimas
Muhammad Dimas Bisa bermanfaat bagi orang lain merupakan salah satu tujuanku

Post a Comment for "Spot Utama dan Harga Tiket Masuk Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang"

Berlangganan via Email