Sejarah dan Keunikan Pempek Palembang

Keunikan pempek Palembang yang membedakan dari pempek lainnya adalah pada bahan yang digunakan adalah ikan teri dan masih segar.
Pempek merupakan salah satu makanan tradisional khas Palembang yang sudah terkenal hampir ke seluruh penjuru Indonesia. 

keunikan pempek palembang

Empek-empek dikenal memiliki rasa yang enak, teksturnya lembut, dan pastinya harganya sangat terjangkau sehingga dapat dinikmati oleh kalangan manapun.

Jika anda ingin mencoba empek-empek kini tidak perlu jauh-jauh pergi ke Palembang karena hampir di seluruh penjuru Indonesia terdapat orang yang menjual empek -empek. Saat ini variasi empek-empek pun sudah beragam tidak hanya original saja. 

Sejarah empek-empek

Sampai saat ini sebenernya belum jelas mengenai asal usul empek-empek ini. Namun, ada beberapa sumber yang mengatakan bahwa empek-empek sudah ada di Indonesia sejak lama banget yakni sekitar abad ke 16. 

Dahulunya nama makanan ini bukanlah "pempek" melainkan "Kelasan" yang memiliki arti makanan yang bisa disimpan atau tahan lama. 

Lantas kenapa dimanakan empek-empek bukan kelesan?  Ternyata hal ini disebabkan oleh kebiasaan pembeli yang memanggil pedagang kelesan dengan sebutan "Apek" yakni panggilan untuk lelaki tua keturunan Cina. Kebiasaan inilah yang menyebabkan munculnya nama pempek.

Keunikan Pempek Palembang


Pempek merupakan khas Palembang yang terbuat dari sagu dan ikan yang dihidangkan dengan saus hitam yang biasa disebut cuko dalam bahasa Palembang.

Cuko atau saus hitam ini terbuat dari air yang dimasak kemudian ditambah dengan bahan lainnya seperti gula merah, cabe rawit tumbuk, bawang putih, udang ebi, dan garam. Dengan adanya cuko rasa pempek menjadi semakin nikmat dan menambah nafsu makan.

Empek-empek diyakini sebagai adaptasi dari menu makanan China yaitu kekian, ngohyang dan bakso ikan.

Pada awalnya empek-empek terbuat dari ikan belida. Namun, ketersediaan ikan belida di alam semakin sulit ditemukan kemudian diganti menjadi ikan gabus. Seiring berjalannya waktu, masyarakat mulai mencoba memakai bahan dari jenis ikan laut seperti tenggiri dan kakap.

Keunikan pempek Palembang yang membedakan dari pempek lainnya adalah pada bahan yang digunakan adalah ikan teri dan masih segar.

Saat ini ada berbagai jenis empek-empek yang bisa anda nikmati mulai dari Empek - empek lenjer, bulat, kulit ikan, pistel, telur kecil, kapal selam, dan keriting. 

Dari sekian banyaknya jenis empek-empek namun yang paling banyak diminati dan populer adalah empek-empek kapal selam yaitu empek-empek yang berbentuk sedikit bulat dengan isian terlur ayam. 

Demikianlah informasi menarik seputar sejarah dan Keunikan Pempek Palembang. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terimakasih atas kunjungan anda.


Bermanfaat bagi orang lain merupakan salah satu tujuanku