Cara Mengatasi Kecepatan Internet Indosat Yang Dibatasi

Jika anda mengalami koneksi internet lemot maka tidak perlu risau, karena saya akan memberikan cara mengatasi kecepatan internet indosat yang dibatasi
Apakah anda pernah membeli paket kuota unlimited Indosat namun kecepatan internetnya lemot seperti sedang dibatasi. Jika anda mengalami koneksi internet lemot maka tidak perlu risau, karena saya akan memberikan cara mengatasi kecepatan internet indosat yang dibatasi.

cara mengatasi kecepatan internet indosat yang dibatasi

Pada zaman sekarang internet menjadi salah satu hal yang paling dibutuhkan manusia. Hal ini dikarenakan, dengan adanya internet kita bisa berbagi informasi, berkomunikasi, dan bertransaksi tanpa harus langsung dengan orangnya langsung.

Tentunya kita akan sangat kesal jika kecepatan internet yang kita gunakan ternyata lemot. Karena kegiatan berseluncur di internet seperti video call, download, chatting, dan kegiatan lainnya akan sangat terganggu.

Kenapa internet indosat lemot seperti dibatasi?


Indosat menyediakan paket kuota unlimited dalam waktu satu bulan. Pada awal pemakainya, koneksi Internet sangat lancar bahkan cepat. Namun, setelah beberapa waktu kecepatan internet malah melambat. 

Perlu diketahui bahwa meskipun paketnya unlimited namun terdapat aturan pemakaian batas wajar atau yang biasa disebut FUP. 

Fair Usage Policy (FUP) adalah batas pemakaian wajar pada suatu paket kuota internet.

Jadi alasan kenapa kecepatan internet indosat menjadi lambat atau lemot yaitu dikarenakan anda telah melewati batas pemakaian wajar FUP.

Cara Mengatasi Kecepatan Internet Yang Dibatasi

Terdapat beberapa cara yang bisa anda ikuti agar kecepatan internet menjadi lancar lagi meskipun telah melewati batas FUP.  Berikut ini adalah beberapa caranya:

Merubah Settingan APN Indosat

Acces Point Name atau yang biasa disingkat APN merupakan istilah untuk menyebut gateway atau gerbang jaringan GPRS, GSM, 3G dan 4G.

APN memiliki peranan yang sangat penting untuk smartphone yang anda gunakan karena sebagai penghubung dengan internet. Tanpa adanya APN maka smartphone anda tidak akan bisa mengakses internet.

Dengan mengubah settingan default APN Indosat, koneksi internet anda akan berubah menjadi stabil dan cepat.

Untuk cara merubahnya juga sangat mudah untuk dilakukan dan tidak membutuhkan aplikasi tambahan apalagi akses root.

Berikut adalah cara merubah settingan APN di hp android:
  • Buka menu Setting pada hp android
  • Pilih menu Kartu SIM & Jaringan Seluler dan pilih operator Indosat Ooredoo untuk merubah settingan APN-nya.
  • Setelah itu, pilih opsi Nama Titik Akses maka akan muncul daftar settingan APN 
  • Pilih menu Tambahan APN baru (+) yang terletak dibawah
  • Setelah itu tinggal masukkan setingan APN dengan Name: ISAT UNLIMITED, APN: indosat4G, Proxy: Default, Port: Default, APN Protocol: IPv4/IPv6, APN Roaming Protocol: IPv4/IPv6.

Menggunakan Aplikasi Pshipon Pro

Anda juga dapat mengatasi kecepatan internet indosat yang dibatasi dengan cara menggunakan bantuan aplikasi Pshipon Pro.

Pshipon Pro merupakan aplikasi VPN yang seringkali digunakan untuk memanfaatkan bug dari operator seluler seperti Indosat. 

Aplikasi Pshipon Pro memiliki banyak manfaat diantaranya adalah internet gratisan, membuka situs yang diblokir pemerintah, dan mampu mempercepat kecepatan internet indosat meskipun sudah melewati batas pemakaian wajar.

Sebaiknya sebelum menggunakan aplikasi ini disarankan untuk mengosongkan pulsa terlebih dahulu untuk mencegah terkurasnya  pulsa.

Berikut adalah cara menggunakannya:
  • Pastikan anda sudah mendownload dan menginstal aplikasi Pshipon Pro
  • Buka aplikasinya lalu pilih tab menu Options dan menu More Options
  • Beri ceklist pada Connect through an HTTP Proxy dan jangan lupa untuk aktifkan Use System Network Settings
  • Pilih menu Custom HTTP headers
  • Setelah itu masukkan settingannya menjadi Header 1: X-Online-Host (kolom 1) youtu.be (kolom 2), Header 2: Host_Port (kolom 1) www.youtube.com (kolom 2), Header 3: m.youtube.com (kolom 1) data.iflix.com (kolom 2), Header 4: Host_Port (kolom 1) line.me (kolom 2)
  • Selanjutnya kembali lagi ke menu options
  • Pilih Start dan tunggu sampai proses selesai 

Dengan demikian anda dapat berseluncur di internet dengan koneksi internet yang cepat meskipun sudah melewati batas pemakaian wajar kuota internet.


Akhir kata

Demikianlah informasi mengenai cara mengatasi kecepatan internet indosat yang dibatasi dengan mudah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung.