Cara Reset Pendaftaran PPPK Guru 2022 Dengan Sangat Mudah

Hallo sobat guru semua! Kali ini saya akan memberikan informasi terbaru mengenai cara reset pendaftaran PPPK dengan sangat mudah
Hallo sobat guru semua! Kali ini saya akan memberikan informasi terbaru mengenai cara reset pendaftaran PPPK dengan sangat mudah.

cara reset pendaftaran pppk

Sepertinya banyak sekali kendala atau permasalahan pada saat melakukan pendaftaran di sistem aplikasi SSCASN.

Salah satu permasalahan yang paling banyak dialami adalah guru yang tersedia formasi di sekolah induknya tidak bisa memilih formasi di sekolah induknya sendiri padahal faktanya jelas tersedia. 

Nah untuk mengatasi permasalahan ini tim helpdesk bkn saling bekerjasama dengan tim pppk kemdikbudristek dengan cara membuat fitur baru pada portal SSCASN yaitu fitur "Reset Pendaftaran" yang dibuat dengan tujuan mengintegrasikan data baru.

Oleh karena itu, bagi bapak dan ibu guru yang mengalami kendala tidak ada sekolah induknya di pilihan formasi maka bisa memanfaatkan fitur yang belum lama dikeluarkan ini.

Hal Yang Harus Diperhatikan sebelum Reset Pendaftaran PPPK Guru 2021

Sebelum melakukan reset pendaftaran, tentunya anda harus mengetahui beberapa hal penting yang harus diperhatikan agar tidak terjadi kesalahan. Berikut ini adalah hal-hal yang dapat diperhatikan:
  • Tidak perlu melakukan reset jika sudah mendaftar di sekolah induk
  • Tidak disarankan untuk reset apabila hanya untuk memperbaiki data yang dikhawatirkan. Hal ini dikarenakan, malah bisa mengakibatkan formasi menjadi hilang
  • Tidak usah bingung dengan akreditasi, karena tadi malam sudah terhapus sehingga tidak berpengaruh ke administrasi
 

Cara Reset Pendaftaran PPPK Guru 2021

Perlu diketahui bahwa reset pendaftaran PPPK hanya boleh dilakukan untuk merubah formasi ke sekolah induk yang pada awalnya mendaftar di sekolah lain (harus sesuai dengan permen No. 28). Berikut ini adalah langkah-langkahnya:
  • Langkah pertama, login ke akun SSCASN anda menggunakan NIK dan password yang telah terdaftar
  • Pada menu utama, silahkan pilih tombol Reset Pendaftaran
  • Setelah itu akan muncul notifikasi peringatan "Apakah Anda Yakin Untuk Mengulang Pendaftaran?"
  • Untuk melakukan reset, klik tombol Iya
  • Setelah itu, anda akan diarahkan kembali ke fitur pemilihan formasi. Pada laman inilah anda dapat mengecek formasi yang tersedia. Apabila benar tersedia maka sistem akan otomatis mengunci formasi induknya
  • Kemudian akhiri pendaftaran sampai tahap resume agar formasi yang dipilih atau diperbaiki telah benar-benar berubah sehingga bisa diverifikasi oleh tim verifikator SSCASN

Akhir kata

Demikianlah ulasan singkat dan menarik mengenai cara reset pendaftaran PPPK dengan sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung.