Cara Jual NFT di OpenSea Gratis Tanpa Biaya Gas Fee

seorang pemuda yang berhasil menjual foto selfie miliknya dalam bentuk NFT seharga 9 milyar rupiah. Lantas bagaimana cara jual NFT di OpenSea gratis
Belum lama ini warganet sedang dihebohkan dengan berita seorang pemuda yang berhasil menjual foto selfie miliknya dalam bentuk NFT seharga 9 milyar rupiah. Lantas bagaimana cara jual NFT di OpenSea secara gratis tanpa biaya Gas Fee?

cara jual nft di opensea gratis

Memasuki dunia Metaverse, dengan trend baru NFT, anda mempunyai kesempatan untuk menjual berbagai macam hal digital seperti karya artistik sampai lokasi digital.

Seperti yang dilakukan oleh seorang pemuda bernama Ghozali yang telah berhasil menjual foto selfienya dalam bentuk NFT (Non-Fungible Token) hingga meraup keuntungan mencapai 9 milliar rupiah. 

Berita viralnya Ghozali Everyday NFT ini membuat banyak sekali orang tertarik untuk menjual karya digitalnya dalam bentuk Non-Fungible Token. 

Lantas bagaimana cara menjual foto atau karya digital dalam bentuk NFT? Yuk simak informasi lengkapnya pada berikut ini.

Mengenal Apa Itu NFT

NFT atau Non Fungible Token merupakan asset digital yang dapat mewakili barang berharga dengan nilai tukar yang tidak dapat tergantikan. 

Bisa dibilang NFT digunakan sebagai barang bukti kepemilikan yang dapat dibeli menggunakan mata uang kripto. 

Setiap transsaksi NFT akan tercatat di dalam sebuah data di blockchain yang berisi informasi tentang pencipta, harga, dan histori kepemilikan asset NFT.

Sementara itu, barang yang pada umumnya dapat ditransaksikan dalam bentuk NFT yaitu karya seni, video klip, game, musik dan beragam hal lainnya dengan bentuk format seperti JPG, GIF, PNG, dan MP4.

Perlu diketahui bahwa semua kalangan bisa bertansaksi dalam NFT mulai dari menjual hingga membeli NFT melalui platform penyedia layanan jual beli NFT yang tersedia seperti OpenSea.

Harga jual karya digital anda dalam bentuk NFT bergantung pada faktor subjektif seperti kreativitas, kualitas, dan yang tidak kalah penting adalah reputasi.

Apa Itu OpenSea?

OpenSea merupakan salah satu marketplace peer-to-peer yang menyediakan layanan jual beli NFT. Platform ini sudah ada sejak tahun 2017 dikembangkan oleh Devin Finzer dan Alex Atallah.

Meskipun saat ini sudah tersedia beragam platform NFT, namun OpenSea masih menjadi salah satu platform yang paling favorit untuk digunakan.

Paltform OpenSea menawarkan berbagai macam NFt yang bervariasi, akan tetapi yang paling popular adalah karya seni dari seniman.

Saat ini OpenSea sudah memiliki lebih dari 600 ribu pengguna dengan 80 juta NFT yang tersedia.

Cara Daftar Akun di OpenSea

Untuk bisa menjual karya NFT di OpenSea tentunya anda harus membuat atau mendaftar akun terlebih dahulu. Berikut ini adalah panduan untuk membuat akun di OpenSea: 
  • Langkah pertama, kunjungi website OpenSea di https://opensea.io
  • Tekan tombol Dompet yang terletak di bagian kanan atas
  • Pilih menu MetaMask
  • Kemudian anda akan diarahkkan untuk mengunduh extension MetaMask di browser
  • Selanjutnya pilih menu Create A Wallet
  • Masukkan kata sandi yang nantinya berguna untuk protector crypto wallet anda
  • Setujui semua terms and condition dengan mencentang bagian kotak I Have Read
  • Setelah itu, klik Create dan anda sudah berhasil daftar akun di OpenSea

Cara Jual NFT di OpenSea Gratis Tanpa Gas Fee

Seperti yang kita tahu bahwa untuk melalukan penjualan NFT di OpenSea melalui blockchain Etherium diperlukan biaya admin. Meskipun demikian, anda tidak perlu  risau karena terdapat cara menjual NFT di OpenSea gratis.

Berikut ini adalah langkah-langkah menjual NFT di OpenSea Gratis tanpa Gas Fee atau biaya admin:
  • Sebelumnya pastikan telah memiliki akun MetaMask atau wallet lain untuk menampung ETH
  • Kunjungi website OpenSea.io, kemudian klik Create
  • Pilih wallet yang digunakan untuk menyimpan hasil penjualan NFT
  • Selanjutnya masukkan NFT yang ingin dijual seperti foto, video, audio atau karya 3D
  • Masukkan nama, deskripsi, supply, dan informasi lainnya yang diperlukan
  • Merubah Etherium menjadi Polygon pada bagian BlockChain
  • Kemudian klik Create dan pilih tombol Sell untuk menjualnya
  • Jangan lupa untuk mengatur harga dalam bentuk ETH dan jangka waktu yang diperlukan
  • Setelah itu, klik Complete Listing

Dengan mengikuti panduan yang telah dijelaskan maka anda telah berhasil menjual NFT di OpenSea gratis tanpa biaya Gas Fee. Setelah itu, hanya perlu menunggu NFT terjual dan saldo penjualan akan otomatis masuk ke wallet anda.

Meskipun dapat menjual NFT secara gratis, namun anda akan tetap dikenai biaya admin sebesar 2,5% ketika NFT anda berhasil terjual.

Akhir Kata

Demikianlah informasi menarik seputar cara menjual NFT di OpenSea secara gratis tanpa biaya admin atau Gas Fee dengan mudah. Semoga artikel ini dapat beranfaat dan terima kasih sudah berkunjung.