Kenapa Explore Instagram Berubah? Berikut Cara Mengembalikannya

Sepertinya belakangan ini banyak yang bertanya-tanya kenapa explore Instagram berubah jadi pemandangan? Untuk mengetahui jawabannya, simak informasiny
Sepertinya belakangan ini banyak yang bertanya-tanya kenapa explore Instagram berubah jadi pemandangan? Untuk mengetahui jawabannya, simak informasinya berikut.

kenapa explore instagram berubah

Instagram merupakan salah satu sosial media yang paling digandrungi oleh banyak orang hampir di seluruh dunia hingga saat ini. 

Instagram menyediakan fitur explore yang dimana bisa digunkan untuk menjelajahi feeds dan reels yang mungkin anda suka. Terdapat banyak sekali hal menarik yang bisa ditemui di explore Instagram.

Banyaknya konten-konten menarik tersebutlah yang menjadikan banyak orang terkadang menghabiskan waktunya hingga berjam-jam hanya untuk melihat explore di Instagram.

Namun saat ini tidak sedikit pengguna yang mengalami masalah explore Instagram yang tiba-tiba berubah menjadi pemandangan. Oleh sebab itu, saya akan memberikan informasi cara mengembalikannya pada berikut ini.

Kenapa Explore Instagram Berubah?

Pada umumnya explore Instagram menampilkan daftar feeds dan reels berdasarkan kategori yang kita sukai.

Instagram memiliki algoritma yang berguna untuk menampilkan konten-konten menarik berdasarkan kategori yang disukai oleh penggunanya.

Apabila anda menyukai kategori otomotif, maka biasanya konten yang tampil di explore Instgaram berupak postingan atau video yang membahas seputar motor, mobil, dan topik lainnya yang masih bersangkutan.

Namun belakangan ini sebagian pengguna mengalami masalah explore Instagram yang tiba-tiba berubah menjadi pemandangan. Jadi, postingan dan video yang tampil hanya berupa konten-konten berhubungan dengan pemandangan alam.

Apabila anda mengalami explore Instagram yang berubah, maka artinya server explore telah diriset oleh Instagram. Sehingga akan muncul banyak postingan dan video yang mungkin tidak anda sukai.

Penyebab Explore Instagram Tiba-Tiba Berubah

Jika anda mengalami permasalahan yang sama seperti ini, maka berikut ini adalah beberapa hal yang kemungkinan dapat menyebabkan Explore Instagram berubah.

Perubahan Algoritma Instagram

Kemungkinan penyebab pertama explore Instagram berubah adalah algoritma Instagram yang menyesuaikan dengan berbagai informasi dan berita terbaru.

Hal ini dikarenakan konetn foto atau video yang muncul di explore Instagraam pastinya disesuaikan oleh kepopuleran konten tersebut.

Cara agar konten yang anda sukai tidak hilang dari Explore Instagram adalah dengan mengklik likae atau menyimpan konten tersebut. Hal ini bertujuan jika anda ingin melihat konten tersebut, maka bisa masuk ke menu tersimpan atau postingan yang pernah disukai.

Menyesuaikan Minat Pengguna

Sistem Instagram akan menampilkan konten-konten yang sedang viral dan paling disukai oleh banyak pengguna. Hal inilah yang mengakibnatkan seringkali konten yang muncul tidak sesuai dengan kategori yang kita minati.

Jadi, ketika anda telah menutup aplikasi Instagram maka sistem akan secara otomatis menghapus Riwayat dan memperbaruinya.

Tidak Sengaja Refresh Halaman

Terkadang kita tidak sengaja melakukan refresh halaman, sehingga dapat mengakibatkan halaman explore Instagram berubah secara tiba-tiba.

Apabila anda ingin melihat konten padaa sebelumnya, maka bisa mencarinya pada kolom pencarian Instagram.

Cara Mengembalikan Explore Instagram Yang Berubah

Seebenarnya cara mengembalikan explore IG dapat dilakukan dengan mudah, namun masih sedikit orang yang mengetahuinya. Berikut ini adalah cara mengatasi atau mengembalikan explore Instagram yang berubah:
  • Langkah pertama, buka aplikasi Instagram dan pastikan telah login ke akun anda
  • Kemudian pilih menu Explore dan tap kolom pencarian yang terletak di atas
  • Selanjutnya klik tombol Lihat Semua pada bagian pemcarian terbaru
  • Klik tombol Hapus Semua
  • Setelah itu, hanya perlu refresh kembali Instagram Explore anda

Akhir Kata

Demikianlah informasi menarik dan terlengkap mengenai jawaban kenapa explore Instagram berubah secara tiba-tiba dan bagaimana cara mengembalikannya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung.