Kenapa Ongkir Shopee Mahal 2022? Ini Penjelasannya

Belum lama ini sepertinya banyak warganet yang bertanya-tanya kenapa ongkir Shopee mahal 2022? Untuk mengetahuinya, silahkan simak informasi lengkap
Belum lama ini sepertinya banyak warganet yang bertanya-tanya kenapa ongkir Shopee mahal 2022? Untuk mengetahuinya, silahkan simak informasi lengkapnya berikut.

kenapa ongkir shopee mahal 2022

Pastinya diantara anda semua yang sering melakukan belanja online tentu tahu bahwa setiap barang yang dibeli akan ada biaya ongkir atau ongkos kirim.

Salah satu marketplace terbesar di Indonesia yaitu shopee, juga tidak bisa lepas dengan tambahan biaya ongkos kirim.

Akan tetapi, apakah anda pernah berpikir atau bertanya-tanya, Apa penyebab harga ongkir Shopee menjadi cukup mahal.

Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas dan menjawab pertanyaan yang sering ditanyakan oleh banyak orang. Berikut penjelasan mengenai Kenapa Harga Ongkir Shopee Mahal 2022?.

Apa Itu Ongkir?

Ongkir sendiri merupakan singkatan dari dua kata yaitu ongkos kirim. Ongkos kirim merupakan biaya yang dibebankan kepada penjual atau pembeli sesuai kesepakatan untuk membayar jasa pengiriman dari suatu barang.

Ongkir sendiri pastinya memiliki selisih harga antara layanan jasa pengiriman dengan jasa pengiriman lainnya.

Baca juga: Gratis Ongkir Shopee SMS Artinya Apa? Berikut Penjelasannya

Kenapa Ongkir Shopee Mahal 2022?

Beberapa waktu lalu, harga ongkos kirim di shoppe mengalami kenaikkan yang bisa dibilang selisihnya terbilang besar. Hal ini pastinya membuat harga barang dibeli akan mengalami penambahan biaya.

Meskipun ada progam voucher gratis ongkir di shoppe, namun biaya ongkir tidak gratis sepenuhnya dan hanya dipotong 10-20 Ribu Rupiah.

Berikut penjelasan mengenai penyebab ongkos kirim di shopee mengalami kenaikan pada beberapa bulan.

Lokasi Tujuan

Penyebab pertama ongkir Shopee mahal yaitu lokasi tujuan dari penerima paket. Semakin dekat lokasi penerima dengan tempat pengiriman paket, maka harga ongkos kirim bisa terbilang murah.

Tidak hanya jarak lokasi yang mempengaruhi harga ongkos kirim, Lokasi lingkungan rumah juga bisa mempengaruhi. Jika rumah anda terbilang terpencil atau jauh dari jalan raya, harga ongkos kirim pastinya akan jauh lebih mahal.

Jenis Paket

Salah satu hal yang harus diperhatikan oleh kurir adalah keamanan dari suatu paket. Jika anda melakukan pembelian barang yang mudah pecah atau elektronik yang mahal, pastinya ongkos kirim akan bertambah beberapa kali lipat.

Salah satu pengalaman saya yaitu, membeli laptop secara online. Harga ongkos kirim dari laptop tersebut lebih mahal hampir 10 kali lipat.

Hal ini disebabkan karena produk yang dikirim mudah rusak atau pecah, maka perlakuan dari barang tersebut pastinya berbeda dengan paket lainnya.

Jenis Transportasi

Efisiensi serta ketepatan waktu pengiriman merupakan hal yang utama dalam pengiriman. Salah satu transportasi yang sering digunakan untuk mengirim barang dari luar negeri pastinya pesawat.

Bobot Paket

Biasanya, harga ongkos kirim juga tergantung bobot paket. Jika paket yang dikirim melebihi satu kilogram, maka akan dikenakan biaya double atau berbeda dari biasanya.

Rute Pengiriman

Rute pengiriman hampir sama dengan lokasi penerima paket, Akan tetapi rute pengiriman diatur oleh penyedia layanan jasa kirim.

Bisa dibilang jika rute pengiriman tergantung jarak serta kondisi jalan yang dilalui saat melakukan pengiriman suatu paket. Jika rute pengiriman melalui jalan pedesaan ataupun ribet, harga yang dikenakan bisa melebihi harga normal pengiriman.

Jasa Ekspedisi

Layanan jasa ekspedisi ini merupakan hal yang harus diperhatikan oleh pembeli atau konsumen. Selisih beberapa harga saja bisa berpengaruh terhadap kualitas pengiriman.

Selisih dari jasa ekspedisi ini terbilang cukup sedikit yaitu sekitar 1000-2000 rupiah saja. Akan tetapi, sesuai dengan penjelasan sebelumnya jika selisih harga dapat berpengaruh terhadap kualitas pengiriman.

Akhir Kata

Demikianlah penjelasan mengenai penyebab harga ongkir di Shopee mengalami kenaikan. Sehingga anda tidak perlu bertanya lagi Kenapa Ongkir Shoppe Mahal 2022? Semoga dapat bermanfaat dan membantu anda.